Desain  

Kode Warna Merah & Biru Background Pas Foto dan Mengenal Perbedaan Proses Mengubah Warna

Kode Warna Merah & Biru Background Pas Foto dan Mengenal Perbedaan Proses Mengubah Warna
Kode Warna Merah & Biru Background Pas Foto dan Mengenal Perbedaan Proses Mengubah Warna ( ekstensif.com )

Hampir semua instansi pemerintah, perusahaan dan sekolah memerlukan berkas administrasi untuk mereka yang ingin mendaftar atau melamar pekerjaan. Berkas ini berisi informasi pribadi anda, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan dan lain-lain, khususnya dalam berkas lamaran.

Salah satu komponen penting yang harus disertakan dalam berkas ini adalah pas foto anda, karena berfungsi sebagai identifikasi pribadi dan kelengkapan yang wajib disertakan.

Pas foto adalah foto potret yang diambil dari kepala hingga dada dengan postur tubuh yang tegak dan biasanya diambil dalam suasana formal dan resmi. Jenis foto ini juga memiliki latar belakang berwarna tertentu yang dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Kode warna latar belakang pas foto ini perlu diperhatikan ketika anda membuatnya.

Kali ini, kami akan menjelaskan tentang daftar kode warna latar belakang yang umum digunakan pada pas foto (Merah dan biru). Untuk pemahaman yang lebih baik, silakan ikuti penjelasannya di bawah ini.

Kode warna background pas foto merah dan biru

Order Jasa Edit Foto Murah di Shopee

Warna latar belakang yang umum digunakan dalam pas foto adalah merah dan biru. Ini adalah standar yang harus diikuti ketika memilih latar belakang pas foto anda, terutama untuk keperluan formal seperti identitas pribadi, administrasi pemerintahan, melamar pekerjaan, mendaftar sekolah, surat nikah, atau kunjungan ke kantor urusan agama (KUA) dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah kode warna latar belakang merah dan biru yang dapat anda pertimbangkan.

Kode warna pas foto merah

Biasanya, latar belakang merah sering digunakan dalam berbagai dokumen seperti ktp, skck, cv, foto identitas, berkas sekolah, buku rapor dan lain-lain.

InfoKeterangan
BackgroundMerah
Kode warna#db1514
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

Kode warna pas foto biru

Kode background warna biru pada pas foto sering dipakai dalam berbagai situasi formal. Anda dapat menggabungkan pakaian berfoto yang berwarna terang atau gelap, seperti mengenakan jas hitam, kemeja putih, atau pakaian formal lainnya yang rapi.

Pas foto dengan latar belakang biru umumnya digunakan untuk keperluan seperti foto ktp, buku nikah, ijazah, skck, buku rapor dan dokumen resmi lainnya.

InfoKeterangan
BackgroundBiru
Kode warna#0090ff
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

Tabel kode warna pas foto merah dan biru

Dibawah ini terdapat tabel yang memuat daftar kode warna untuk pas foto dengan latar belakang merah dan biru.

Beberapa dari kode warna yang tercantum sudah dilengkapi dengan kode hex mereka masing-masing, sehingga memudahkan anda dalam mengganti latar belakang foto. Anda hanya perlu menyalin kode warna yang diinginkan untuk mengedit latar belakang pas foto anda.

WarnaKode
Merah (standar)#db1514
Biru (standar)#0090ff
Biru langit#0099ff
Biru#0f4ed8
Biru tua#0b00a3
Biru navy#0d00a5

Kumpulan background pas foto merah lainnya

Terdapat juga berbagai macam latar belakang foto merah yang dapat dipilih, yang akan disesuaikan dengan gambar yang sudah diambil, biasanya untuk menciptakan kontras dengan warna pakaian individu yang difotografi. Berikut ini adalah daftar berbagai pilihan latar belakang foto merah.

1. Background merah tua

Latar belakang dengan nuansa warna merah ini memiliki warna merah yang lebih dalam. Hampir mirip dengan latar belakang standar yang sering digunakan dalam pas foto resmi, hanya saja kali ini berwarna merah tua. Anda bisa memanfaatkan latar belakang ini untuk mengambil foto identitas seperti ktp atau kartu keanggotaan.

InfoKeterangan
BackgroundMerah Tua
Kode warna#ab010e
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

2. Background merah maroon

Latar belakang berwarna merah maroon ini adalah varian merah yang lebih tua dan memiliki nuansa yang lebih dalam. Ini jauh lebih gelap daripada merah tua dan meskipun jarang digunakan dalam fotografi potret, beberapa orang memilihnya sebagai latar belakang foto untuk situasi tertentu.

InfoKeterangan
BackgroundMerah Maroon
Kode warna#800000
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

3. Background merah muda

Latar belakang foto berwarna merah muda digunakan untuk menciptakan latar belakang merah yang lebih cerah.

Warna merah muda ini memiliki nuansa yang berbeda dari warna pink, menghadirkan kesan merah yang elegan, terang dan tidak terlalu mencolok. Anda biasanya dapat menggunakan latar belakang merah muda ini dengan menyesuaikan warna objek dalam foto anda.

InfoKeterangan
BackgroundMerah Muda
Kode warna#f40057
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

Kumpulan background pas foto biru lainnya

Terdapat juga berbagai macam latar belakang pas foto berwarna biru yang tersedia, yang akan disesuaikan dengan gambar yang telah diambil, umumnya untuk menciptakan kontras dengan warna kulit dan pakaian orang yang difoto.

Silakan lihat daftar latar belakang pas foto berwarna biru lainnya di bawah ini.

1. Background biru tua

Warna biru ini memiliki nuansa yang dalam, hampir mirip dengan warna biru latar belakang yang biasa digunakan dalam foto identitas. Ketika digunakan sebagai latar belakang, warna biru gelap ini akan memberikan kesan yang kuat dan sesuai dengan semua warna kulit atau objek dalam foto.

InfoKeterangan
BackgroundBiru Tua
Kode warna#005cb3
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

2. Background biru muda

Foto dengan latar belakang berwarna biru muda ini cocok digunakan ketika anda ingin memiliki latar belakang biru yang cerah. Anda dapat menyesuaikan kontras warna objek foto anda untuk menciptakan efek yang sesuai.

Contohnya, jika anda mengenakan pakaian yang gelap, latar belakang biru muda ini akan menjadi pilihan yang ideal untuk menjadi latar belakang.

InfoKeterangan
BackgroundBiru Muda
Kode warna#03a9f5
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

3. Background biru langit

Warna langit biru sering menjadi pilihan favorit banyak orang. Pada skala rgb yang digunakan dalam layar televisi dan komputer, warna ini diperwakilkan oleh percampuran cahaya hijau dan cahaya biru.

Banyak fotografer menggunakan langit biru sebagai latar belakang alternatif dalam pengambilan gambar, terutama ketika objek, pakaian, atau foto tersebut memiliki tingkat kegelapan yang cukup. Dengan menggunakan langit biru sebagai latar belakang, kontras dalam hasil foto akan terlihat lebih tajam dan cocok.

InfoKeterangan
BackgroundBiru Langit
Kode warna#87ceea
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

4. Background biru dongker

Biru dongker adalah salah satu variasi warna biru yang memiliki nuansa yang cukup tua dan memberikan kesan tebal. Meskipun jarang digunakan sebagai latar belakang dalam foto, warna ini dapat cocok digunakan dalam berbagai jenis foto, seperti foto non-formal, foto kasual, foto keluarga dan lain sebagainya.

Saat memilih latar belakang berwarna biru dongker, disarankan untuk menggunakan pakaian atau objek yang memiliki warna terang sedikit agar kontras pada foto terlihat lebih tajam dan sesuai.

InfoKeterangan
BackgroundBiru Dongker
Kode warna#010080
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

5. Background biru tosca

Warna biru tosca pernah menjadi favorit dalam tren warna, karena nuansanya yang biru terang dengan sentuhan hijau. Banyak yang memilih menggunakan latar belakang berwarna ini baik untuk keperluan informal maupun karena mereka menyukai biru terang sebagai latar belakang.

InfoKeterangan
BackgroundBiru Tosca
Kode warna#68f3f8
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

6. Background biru air laut

Warna biru pada air laut memiliki intensitas yang lebih cerah daripada warna biru biasa. Ini mirip dengan warna biru langit, tetapi dengan sedikit lebih banyak kejernihan. Anda bisa mengombinasikannya dengan pakaian berwarna cerah atau objek yang memiliki kontras yang kuat.

InfoKeterangan
BackgroundBiru Air Laut
Kode warna#c2dfff
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

7. Background biru pastel

Biru pastel adalah variasi biru yang lebih cerah, hampir seperti warna biru krayon. Ini terbentuk melalui pencampuran warna dengan warna putih yang dominan, sehingga menciptakan nuansa yang lebih lembut.

Menggunakan latar belakang biru pastel dapat menciptakan foto dengan tampilan yang kurang mencolok, terutama jika dikombinasikan dengan objek atau pakaian yang memiliki kontras yang sedikit lebih terang.

InfoKeterangan
BackgroundBiru Pastel
Kode warna#a6c7e6
File HDDownload
File 4×6Download
File 3×4Download
File 2×3Download

Perbedaan pas foto merah dan pas foto biru

Harap diketahui bahwa penggunaan latar belakang warna biru dan merah memiliki perbedaan khusus. Anda seharusnya tidak mengambil keputusan sembrono dalam memilih latar belakang pas foto, terutama jika itu untuk dokumen resmi atau situasi formal.

Secara umum, perbedaan dalam warna latar belakang ini dapat ditemukan dalam pas foto ktp, di mana ada yang menggunakan latar belakang biru dan yang lain menggunakan latar belakang merah.

Selain itu, ada juga peraturan khusus yang diberlakukan oleh perusahaan, sekolah, atau lembaga tertentu mengenai penggunaan latar belakang foto biru dan merah ini, sehingga penting bagi anda untuk mengikuti pedoman yang telah ditetapkan.

WarnaKeterangan
MerahLatar atau background warna merah ini digunakan untuk tahun kelahiran ganjil. Misalnya, 1991, 1993, 1995, 1997, 1999, 2001, 2003, 2005 dan seterusnya.
BiruLatar atau background warna biru ini digunakan untuk tahun kelahiran genap. Misalnya, 1990, 1992, 1994, 1996, 1998, 2002, 2004, 2006 dan seterusnya.

Cara mengubah kode warna background pas foto

Anda memiliki beberapa pilihan dalam mengubah warna latar belakang foto pas. Yuk, mari kita lihat beberapa metodenya!

1. Adobe Photoshop

Jika anda memiliki sedikit pengalaman dalam menggunakan adobe photoshop, anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengubah warna latar belakang pada foto pas anda. Silakan perhatikan dan ikuti petunjuk berikut untuk mengedit latar belakang foto pas dengan adobe photoshop.

  • Langkah 1. Terlebih dahulu, buka aplikasi adobe photoshop di komputer atau laptop anda. Setelah itu, impor gambar yang ingin anda sunting ke dalam area kerja adobe photoshop.
  • Langkah 2. Salin lapisan foto anda dengan mengklik CTRL + J dua kali. Kemudian, pilih latar belakang foto dengan menggunakan Quick Selection Tool.
  • Langkah 3. Setelahnya, nonaktifkan lapisan background, kemudian hapus latar belakang yang telah anda pilih dengan menekan tombol delete. Akibatnya, tampilannya akan mirip dengan yang terlihat pada gambar di bawah ini.
  • Langkah 4. Apabila gambar belum terlihat rapi, silakan lakukan seleksi ulang objek dari foto anda. Pilih menu select » modify » contract selection, lalu masukkan nilai 2 atau 3 sesuai dengan gambar yang anda gunakan.
  • Langkah 5. Kemudian, gunakan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + I untuk membalikkan pemilihan foto ke area eksternal.
  • Langkah 6. Setelah itu, klik tombol delete untuk menghilangkan bagian yang tidak rapi di luarannya.
  • Langkah 7. Setelah itu, tambahkan layer baru di belakang gambar objek anda dan sesuaikan latar belakang dengan warna yang anda inginkan. Silakan masukkan kode warna dalam format HEX code.
  • Langkah 8. Setelah itu, gunakan kombinasi tombol CTRL + Backspace untuk mengisi latar belakang pada lapisan baru yang telah anda buat. Akibatnya, tampilannya akan serupa dengan yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini.
  • Langkah 9. Setelah anda selesai mengedit file, silakan pilih menu file » save as. Kemudian, tentukan nama file dan pilih jenis format yang diinginkan, seperti jpeg atau png.
  • Langkah 10. Setelah itu, pilih kualitas gambar yang ingin anda gunakan untuk penyimpanan. Kami menyarankan agar anda menyimpannya dengan kualitas terbaik, yaitu 12 (Maksimum). Klik tombol ok untuk menyimpan gambar tersebut.

2. Menggunakan tool Remove.bg

Sebaliknya, jika anda tidak yakin dengan kemampuan anda dalam menggunakan adobe photoshop, anda dapat mencoba metode yang lebih sederhana untuk mengganti latar belakang foto pas dengan bantuan alat remove.bg.

Remove.bg merupakan alat online gratis yang memungkinkan anda menghapus dan mengganti latar belakang foto dengan mudah sesuai keinginan anda. Di bawah ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk menggunakan alat remove.bg dalam mengganti kode warna latar belakang.

Langkah 1. Akses situs remove.bg melalui perangkat pc, laptop, atau ponsel yang anda gunakan, lalu pilih opsi unggah gambar untuk memasukkan foto yang ingin anda ganti latar belakangnya.

Langkah 2. Foto yang anda unggah akan secara otomatis menghilangkan latar belakangnya, menghasilkan tampilan yang mirip dengan contoh gambar di bawah ini. Anda dapat mengklik tombol tambah latar belakang untuk mengubah warna latar belakang sesuai keinginan anda.

Langkah 3. Setelah itu, pilih tab warna. Kemudian, tekan opsi warna untuk menyesuaikan warna sesuai preferensi anda.

Langkah 4.memasukkan kode warna hex ke dalam kotak yang disediakan, lalu klik tombol ok untuk menyimpan perubahan.

Langkah 5. Anda akan melihat hasilnya mirip dengan yang ditunjukkan dalam contoh di bawah ini. Latar belakang yang sebelumnya berwarna merah akan berubah menjadi warna biru. Klik tombol “Unduh” untuk mengunduh gambar ke perangkat anda.

Contoh penggunaan pas foto

Hal ini sangat penting, terutama bagi mereka yang ingin memahami penggunaan pas foto dan keperluan administrasi apa saja yang memerlukan persyaratan pas foto.

Pas foto sebenarnya sering dibutuhkan dalam berbagai keperluan berkas administrasi formal atau resmi. Berikut beberapa situasi di mana anda akan memerlukan pas foto:

  • Lamaran kerja: Pas foto diperlukan saat anda mengajukan lamaran kerja ke berbagai perusahaan.
  • Siswa atau pelajar: Pas foto digunakan untuk berkas seperti buku rapor dan ijazah, baik untuk siswa sd, smp, sma/smk, maupun mahasiswa. Biasanya, sekolah memiliki ketentuan terkait ukuran dan background pas foto.
  • Kartu pelajar: Pas foto juga diperlukan untuk pembuatan kartu pelajar, yang harus sesuai dengan ketentuan dari sekolah.
  • Pernikahan: Untuk persyaratan pernikahan, pasangan yang hendak menikah juga harus memiliki pas foto. Ukuran pas foto dapat bervariasi tergantung pada daerah atau kecamatan.
  • Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK): Proses pembuatan skck biasanya memerlukan pas foto dengan background warna merah dan ukuran tertentu.
  • Kartu tanda penduduk (KTP): Kadang-kadang, pembuatan ktp juga memerlukan pas foto sebagai kelengkapan dokumen. Ukuran pas foto ktp juga memiliki ketentuan tersendiri, termasuk warna background yang berbeda berdasarkan tahun kelahiran.

Ini hanya beberapa contoh, masih banyak lagi situasi di mana pas foto diperlukan dalam berbagai keperluan administrasi.

Penutup,

Inilah penjelasan mengenai kode warna background untuk pas foto yang kami sampaikan. Dengan adanya kode-kode warna yang telah kami sediakan di atas, kami berharap hal ini akan mempermudah anda dalam proses pembuatan pas foto atau pemilihan background foto untuk berbagai keperluan anda.

Terutama untuk background pas foto dengan warna merah dan biru, penting untuk memperhatikan penggunaannya sesuai dengan kriteria tertentu yang mungkin berlaku, jadi pastikan anda memilihnya dengan teliti.

Jangan lupa untuk berbagi artikel ini di media sosial anda agar dapat bermanfaat lebih luas. Jika anda memiliki pertanyaan atau ingin menyampaikan komentar mengenai informasi di atas, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan semoga sukses dalam penggunaan pas foto anda!

Apa itu definisi pas foto? Pas foto adalah gambar potret kecil yang diambil dari kepala hingga dada dengan posisi berdiri tegak, sering digunakan untuk keperluan identifikasi atau pengenalan diri seseorang.

Apa saja keperluan yang memerlukan pas foto? Ada banyak keperluan yang memerlukan pas foto, seperti untuk keperluan administrasi sekolah, pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), melamar pekerjaan, membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), pas foto pernikahan dan masih banyak lainnya.

Apa ukuran standar untuk pas foto? Pas foto tersedia dalam beberapa ukuran standar, termasuk 2×3 cm, 3×4 cm dan 4×6 cm.

Apa kode warna untuk latar belakang merah dan biru pada pas foto? Kode warna untuk latar belakang merah adalah #db1514, sedangkan kode warna untuk latar belakang biru adalah #0090ff. Anda dapat menggunakan kode-kode ini dalam aplikasi pengeditan foto seperti adobe photoshop untuk membuat latar belakang sesuai.

Apa jenis latar belakang yang digunakan dalam pas foto? Latar belakang pas foto biasanya merah untuk tahun kelahiran yang ganjil dan biru untuk tahun kelahiran yang genap.

Misalnya, tahun 1991, 1993, 1995, dst., akan menggunakan latar belakang merah, sementara tahun 1990, 1992, 1994, dst., akan menggunakan latar belakang biru. Namun, untuk keperluan lamaran pekerjaan, latar belakang pas foto akan tergantung pada kebijakan perusahaan.

Apa warna latar belakang yang digunakan dalam foto ktp? Latar belakang foto ktp umumnya merah untuk tahun kelahiran yang ganjil dan biru untuk tahun kelahiran yang genap.

Apa jenis kertas yang digunakan untuk mencetak foto atau pas foto? Ada berbagai jenis kertas yang dapat digunakan untuk mencetak foto, seperti kertas glossy, matte, luster, metallic dan lainnya.

Berapa biaya pembuatan ktp? Sejak tanggal 1 januari 2014, pemerintah telah memutuskan untuk membebaskan biaya administrasi pembuatan kartu tanda penduduk (KTP). Hal ini juga berlaku untuk pembuatan kartu keluarga (KK), Akta kelahiran dan akta kematian, sehingga masyarakat tidak dikenakan biaya alias gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *