cara memperbaiki youtube yang tidak bisa memutar video

Ketahui Cara Memperbaiki YouTube yang Tidak Bisa Memutar Video

Kini siapa yang tidak mengenal YouTube? Platform ini bahkan memiliki pengguna dari usia muda dan tua. Tidak diragukan lagi, ini dikarenakan banyaknya jenis konten yang terdapat di dalamnya. Pengguna pun bisa mendapatkan banyak pilihan yang sesuai dengan selera atau hobinya. Namun apakah pembaca sudah tahu cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa memutar video?

Biasanya beberapa penyebabnya muncul dari akun, aplikasi, bahkan perangkat yang digunakan untuk menonton YouTube. Cari tahu apa saja sebab serta cara memperbaiki YouTube yang macet berikut ini:

Kenapa Tidak Bisa Diputar?

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak hal yang bisa mengakibatkan video YouTube macet. Sebelum mengetahui tentang cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa memutar video, tentu sebaiknya ketahui sebab-sebabnya terlebih dahulu sebagai berikut ini:

  • Koneksi tidak stabil. Jaringan internet yang buruk akan membuat video YouTube susah dimuat. Dengan demikian, video YouTube akan terus loading meskipun sudah di refresh atau menggunakan perangkat lain.
  • Cache menumpuk. Banyak pengguna senang menyimpan video YouTube, bahkan seringkali bisa dijumpai adanya ratusan video pada koleksi video download YouTube. Sayangnya, mengunduh video maupun menggunakannya secara online akan membuat hp menyimpan cache. Seperti cache aplikasi lain pada umumnya, jika menumpuk tentu akan membuat sistem perangkat dan aplikasi lain susah dijalankan.
  • Video private. Terkadang ada kreator YouTube yang mengatur videonya tidak untuk ditonton publik. Video yang sudah diatur sedemikian mungkin masih bisa dilihat pada tampilan namun tidak bisa diputar.
  • RAM penuh. Sama seperti aplikasi lainnya, pembaca tidak akan bisa menggunakan YouTube dengan nyaman apabila RAM dari perangkat penuh.
  • Aplikasi tidak update. Untuk beberapa jenis hp, aplikasi yang sudah tidak update akan sulit dioperasikan. Pembaca harus melakukan update aplikasi secara berkala.
Baca Juga »  Download Aplikasi Playstore Berbayar Jadi Gratis dengan Langkah Mudah!

Cara Mengatasi Video Macet di YouTube

Dengan mengetahui apa saja sebab-sebab video YouTube tidak bisa diputar, pembaca selanjutnya bisa memutuskan cara mengatasi yang tepat untuk permasalahan ini. Perbaiki dan tonton kembali video YouTube favorit dengan cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa memutar video:

1. Ubah Jaringan Internet

Cara pertama untuk memperbaiki YouTube di perangkat pembaca ialah dengan mengubah jaringan internet yang diakses. Gunakan jaringan internet yang lain. Pastikan jaringan internet yang baru memiliki konektivitas dan sinyal yang baik. Untuk memeriksanya, pembaca bisa mencoba melakukan aktivitas dengan internet di hp. Jika internet berjalan namun YouTube masih rusak, gunakan cara berikutnya.

2. Bersihkan Cache dan Data

Bukalah menu Pengaturan atau Setelan di hp. Selanjutnya akses pengaturan aplikasi dan cari aplikasi YouTube. Bersihkan cache maupun data aplikasi dengan menghapusnya agar aplikasi jadi lebih fresh. Cara ini tentu saja akan membuat pengguna keluar dari akun YouTube. Lakukan restart hp dan masuk kembali ke aplikasi YouTube.

Baca Juga »  Aplikasi Editor Video Terbaik dan Gratis untuk Android

3. Lakukan Update

Terakhir, periksa versi terakhir aplikasi YouTube di Google Play Store. Jika aplikasi ini sudah terdapat dalam waiting list aplikasi untuk diupdate, maka segera lakukan update segera. Tunggu prosesnya hingga selesai dan buka kembali aplikasi YouTube yang sudah diupdate. Selesai, pembaca bisa menggunakan YouTube seperti biasanya lagi.

Itulah berbagai sebab serta cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa memutar video. Mainkan konten tanpa thumbnail yang bershadow. Biasanya, video dengan shadow itu merupakan video yang di private. Dengan begitu, video YouTube bisa diakses maupun ditonton secara lancar.

DAFTAR ISI

Leave a Reply

Your email address will not be published.