Ketahui Cara Memperbaiki Televisi yang Tidak Ada Gambarnya, Mudah dan Lengkap

Ketahui Cara Memperbaiki Televisi yang Tidak Ada Gambarnya, Mudah dan Lengkap

Sebagai salah satu media hiburan utama, televisi mungkin sudah masuk ke dalam jenis barang sekunder. Televisi dibutuhkan sebagai sarana penyampai informasi yang berguna dan menarik. Namun, apa yang harus dilakukan apabila televisi mengalami masalah gambar hilang? Adakah cara memperbaiki televisi yang tidak ada gambarnya? Bisakah itu dilakukan sendiri?

Tenang saja, tentu ada cara untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Perbaikan juga bisa dilakukan sendiri di rumah, asalkan pemilik televisi mengerti dengan sistem kerja televisinya. Dengan begitu, televisi dijamin bisa kembali lagi seperti sedia kala. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Periksa Blok LCD TV

Kerusakan televisi bisa terjadi pada blok LCD yang ada di mesin. Blok LCD ini memiliki fungsi untuk mengatur layar dan sudut pencahayaan yang keluar dari televisi. Jadi jelas saja, komponen yang memiliki fungsi penting seperti itu harus diperiksa terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kerusakan yang keluar dari sana memiliki kemungkinan yang besar.

Pertama, bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada mesin televisi. Cermati bentuk solder dan komponen televisi, mungkin ada yang rusak. Setelahnya, buka blok dan periksa menggunakan heater. Lihat, apakah garis yang keluar merupakan garis horizontal atau vertikal. Setelah menemukan jawabnya, ganti bagian yang rusak dengan komponen baru.

Baca Juga »  Inilah Cara Cek Registrasi Telkomsel Paling Praktis

2. Ganti IC Driver

Komponen IC driver adalah komponen penting yang  bisa memicu kerusakan pada bagian televisi. IC driver juga merupakan bagian yang mengatur gambar yang ditampilkan layar. Bekerja bersama komponen suara membuat IC driver rentan panas dan mudah mengalami kerusakan dibanding komponen lainnya.

Untuk langkah pertama sebagai cara memperbaiki televisi yang tidak ada gambarnya, maka lakukan pemeriksaan tegangan pada power supply. Apabila tegangan normal, silakan lanjut periksa tegangan output driver LED. Apabila tegangannya mencapai angka nol, itu berarti kerusakan ada di IC driver. Angkat IC driver dan ganti dengan yang baru. Dalam keadaan normal, tegangan output driver bisa mencapai angka 50.

3. Perbaiki Kekeringan di Elcon TV

Apa itu elcon TV? Nama ini merupakan sebuah nama dari komponen yang ada di dalam blok TV tadi. Dalam keadaan normal, elcon TV harus tetap berada dalam keadaan yang basah. Apabila keadaan elcon TV kering, maka dipastikan kerusakan berasal dari sana.

Baca Juga »  Fungsi Card Reader, Pengertiannya, dan Tipe-Tipenya

Hal yang harus dilakukan pemilik TV adalah memperbaiki kekeringan elcon TV tersebut. Buka blok TV, kemudian lakukan pemeriksaan pada rangkaian stabilizer dan optocoupler. Lebih tepatnya, komponen elcon mesti diganti dengan komponen baru. Elcon yang kering sering ditemukan dalam keadaan menggembung kepanasan.

4. Benarkan Lampu Backlight

Keberadaan lampu backlight ada di belakang LCD. Rangkaian yang digunakan lampu backlight adalah rangkaian paralel. Itu berarti setiap satu lampu mati, maka otomatis lampu lainnya akan turut tidak menyala. Hal itu menyebabkan layar tidak bisa hidup dan tidak mengeluarkan gambar.

Cara memperbaiki televisi yang tidak ada gambarnya khususnya pada lampu backlight terbilang mudah. Pastikan untuk memeriksa rangkaian paralel lampu dan cermati mana tegangan positif dan negatif. Setelah menemukan mana lampu yang mati, maka cabut lampu tersebut dan ganti dengan yang baru.

Baca Juga »  5 Situs Survei Online Berbayar Bisa Dikerjakan Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga

5. Periksa Bagian T-Con

Apa itu T-Con? Yang dimaksud dengan T-Con adalah rangkaian komponen yang berfungsi untuk menyalurkan rangkaian tegangan pada panel. Masalah yang muncul pada T-Con bisa bermacam-macam, misalnya konektor putus, tegangan kurang cukup, atau rusak sekali pun.

Cara mudah memastikan kerusakannya adalah dengan menyentuhnya, apakah T-Con dalam kondisi panas atau tidak. Apabila T-Con dalam kondisi panas, maka dipastikan ada kerusakan di dalamnya. Periksa tegangan tiap komponen dalam T-Con menggunakan alat. Apabila sudah menemukannya, segera ganti dengan yang baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki televisi yang tidak ada gambarnya. Apabila cara tersebut sudah dilakukan namun masih tidak terlihat penyelesaian masalahnya, maka lebih baik dibawa ke ahlinya saja. Petugas yang sudah khatam dengan hal ini bersedia membantu memperbaiki setiap kerusakan yang ada. Tentunya dengan cepat dan terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.