Kesal HP Lamban Coba Cara Agar HP Tidak Lemot Berikut Ini! (unsplash.com)
Kesal HP Lamban Coba Cara Agar HP Tidak Lemot Berikut Ini! (unsplash.com)

Kesal HP Lamban? Coba Cara Agar HP Tidak Lemot Berikut Ini!

Beberapa cara agar HP tidak lemot berikut ini bisa Anda terapkan agar HP menjadi lebih cepat lagi seperti saat baru digunakan. HP lemot memang sangat menyebalkan dan bisa menyulut emosi. Misalnya saat akan membuka suatu aplikasi dan loadingnya lama tentunya akan membuat kesal. Apalagi jika aplikasi tersebut akan segera digunakan namun harus menunggu lama karena loading.

Cara Agar HP Tidak Lemot

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab HP lemot. Misalnya yaitu terlalu banyak menginstal aplikasi sehingga membuat penyimpanan HP penuh dan berakhir lemot. Kemudian membuka beberapa aplikasi yang berat sekaligus sehingga menyebabkan konsumsi RAM berlebihan, apalagi jika RAM HP cukup kecil.

Karena itu hindari membuka banyak aplikasi sekaligus. Jika sudah selesai menggunakan suatu aplikasi maka tutuplah aplikasi tersebut dan baru membuka aplikasi lainnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat HP tidak lemot. Cara ini juga terhitung mudah dan simple untuk dilakukan, berikut beberapa diantaranya:

Baca Juga »  Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat HP Beserta Manfaatnya

Rutin Update Software

Cara agar HP tidak lemot pertama yaitu update software yang bertujuan untuk memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada sistem sebelumnya sehingga bisa menyebabkan HP lemot. Dengan mengupdate software maka tentunya performa HP akan menjadi lebih baik dari sebelumnya dan Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik pula juga. Selain mengupdate software Anda juga bisa mengupdate beberapa aplikasi. Waktunya bisa Anda lakukan setelah muncul pemberitahuan update software dan aplikasi yang biasanya muncul.

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Penyimpanan yang penuh memang menjadi salah faktor penyebab HP lemot. Karena itu Anda bisa meluangkan penyimpanan dengan cara menghapus atau uninstal berbagai aplikasi yang tidak Anda gunakan. Dengan luangnya penyimpanan tentunya HP akan menjadi lebih cepat. Selain itu hapus juga cache yang biasanya ada dalam aplikasi. Cache tersebut juga bisa memenuhi penyimpanan apalagi jika jumlahnya banyak dan menumpuk.

Baca Juga »  Cara Memindahkan Foto Dari Google Foto ke Galeri Tanpa Ribet

Gunakan Satu Aplikasi Antivirus Saja

Aplikasi antivirus akan terus berjalan di background, hampir sama dengan aplikasi bawaan sistem. Akibatnya RAM akan menjadi lebih boros dan performa HP menjadi lebih lemot apalagi jika aplikasinya lebih dari satu. Karena itu cara agar HP tidak lemot selanjutnya Anda hanya menggunakan satu aplikasi antivirus saja.

Kurangi Widget

Widget akan memperindah tampilan homescreen HP dan juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa membukanya. Meskipun bermanfaat namun Widget akan memakan RAM yang lebih besar akibatnya HP akan semakin lambat. Karena itu kurangi atau bahkan jangan menggunakan Widget agar HP tidak lemot.

Matikan Fitur Auto Sync

Baca Juga »  5 Cara Agar WiFi Tidak Lemot Di HP Dengan Mudah

Fitur Auto Sync harus aktif untuk menghubungkan semua akun yang terpasang seperti Email. Namun fitur tersebut juga akan berdampak pada performa HP yang akan membuatnya terasa lemot. Karena itu Anda bisa mematikan fitur ini saat jam santai dan menghidupkannya lagi saat jam kerja agar akun tetap terhubung saat penting.

Gunakan Aplikasi Launcher

Cara agar HP tidak lemot selanjutnya yaitu gunakan aplikasi Launcher yang berguna untuk mengatasi Android yang lemot karena UI bawaannya. Selain itu Anda juga bisa merubah tampilan yang dibawa oleh OEM perangkat jika mulai bosan. Saat ini pun banyak sekali aplikasi launcher yang bisa digunakan. Beberapa diantaranya mungkin juga bukan hanya memberikan tampilan yang bagus dan fitur baru namun juga bisa membuat HP menjadi lebih cepat saat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.