Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi Di Playstore Ini Alasannya! (flckr.com)
Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi Di Playstore Ini Alasannya! (flckr.com)

Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore? Ini Alasannya!

Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore? Ini Alasannya!

Ada banyak alasan kenapa tidak bisa download aplikasi di Playstore, dan hal ini bisa diatasi dengan mudah jadi jangan khawatir. Hal ini tentunya sangat mengganggu apalagi untuk Anda pengguna Android dimana hampir semua aplikasinya ada di Playstore.

Playstore yang tidak bisa digunakan untuk mendownload tentunya menyusahkan Anda ketika ingin mengupload atau mengunduh aplikasi. Ada banyak orang yang ingin tahu, mengapa aplikasi ini tidak bisa digunakan dengan semestinya.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kami akan memberikan berbagai penyebab mengenai aplikasi Playstore tidak dapat menanggapi dengan benar. Anda bisa simak artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan berbagai informasinya.

Alasan Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore

Pengguna HP Android tentunya sangat kesusahan jika Playstore bermasalah. Hal ini karena semua aplikasinya berasal dari sana, dan perlu ada pengupdatan. Karena itu, banyak orang yang malah menggunakan situs-situs terlarang yang bisa menyusupkan virus ke ponsel.

Baca Juga »  5 Aplikasi Top Up FF Termurah, Aman dan Legal!

Ada banyak alasan kenapa tidak bisa download aplikasi di Playstore. Untuk memudahkan Anda bisa simak artikel ini hingga akhir.

Cek Koneksi Internet Dan Pengaturan Play Store

Jika Anda menggunakan Google Playstore untuk download, masalah utamanya bisa saja terjadi pada koneksi internet. Jika Anda menggunakan koneksi data, maka dalam pengaturan Anda sementar tidak dapat menggunakan jaringan wifi. Jadi pastikan Anda sudah mengatur pengaturan nya terlebih dahulu.

  • Buka play store terlebih dahulu
  • Pilih “ settings” lalu pilih opsi “download preference”
  • Ubah pengaturanya ke opsi “over any network
  • Jika sudah maka Google Playstore akan mendownload aplikasi ketika terhubung ke jaringan wifi dan tidak dapat mengunduh ketika menggunakan data
  • Hal ini juga berlaku untuk pengaturan “auto-update apps

Hapus Pengaturan yang Tidak Terpakai

Jika Anda sudah mengoleksi film, foto atau aplikasi, hal ini dapat membuat penyimpanan penuh. Karena itu membuat Anda tidak bisa mendownload aplikasi lain ke memori smartphone. Jadi hapus saja aplikasi yang tidak terpakai.

Baca Juga »  Ini Pentingnya dan Cara Membuka Blokir Email Gmail

Ada Banyak Cache Di Aplikasi

Cache yang menumpuk dapat membuat memori penuh. Setiap aplikasi tentunya menyimpan cache atau file sampah. Jika tidak dibersihkan cache ini akan menguras memori sehingga perangkat Anda akan lemot. Kebiasan buruk tidak menghapus cache juga berpengaruh ke play store.

Anda tidak bisa mendownload dengan benar menggunakan Google Playstore. Karena itu, rutin membersihkan cache adalah hal terbaik untuk menghindari kerusakan pada Playstore.

Cek Pengaturan Waktu

Kenapa tidak bisa download aplikasi di Playstore? Hal ini juga bisa terjadi karena pengaturan waktu dan tanggal di ponsel android Anda tidak sama dengan waktu dan tanggal yang sebenarnya. Untuk mengatasinya Anda cukup mengaktifkan “automatically set date & time”.

Ada Masal Di Google Play Service

Google Play Service tentu berhubungan dengan Google Playstore. Adanya masalah pada aplikasi ini maka akan berdampak ke play store. Jika ada kesalahan maka perbaiki dulu layanan ini. Caranya sebagai berikut:

  • Buka settings, dan pilih apps atau apps management
  • Cari Google Play Service, jika memang tidak ada maka bisa ketika ”show all apps” atau “shop system process” di kolom pencarian
  • Jika memang sudah ditemukan maka buka Google Play Service dan pilih “storage”
  • Jika berhasil maka pilih instal Google Playstore
  • Lalu Anda bisa download aplikasi Play Service di Playstore
Baca Juga »  Ternyata Begini Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka, Dijamin Mudah

Itulah berbagai penyebab kenapa tidak bisa download aplikasi di Playstore. Jadi jika terjadi berbagai masalah seperti ini, jangan buru-buru bingung untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.