Kenali Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di Playstore

Kenali Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di Playstore

Playstore merupakan aplikasi bawaan pada tiap Android yang berisi beragam aplikasi lain. Setiap perangkat Android memiliki kemampuan untuk mengunduh aplikasi tersebut melalui Playstore. Namun, tidak semua aplikasi yang diunduh melalui Playstore selalu cocok atau kompatibel pada Android yang digunakan. Beberapa penyebab aplikasi tidak kompatibel di Playstore perlu diketahui agar tidak memunculkan notifikasi peringatan.

Jangan khawatir apabila permasalahan tersebut terjadi pada Android. Hal tersebut bukan berarti aplikasi yang telah diunduh tidak dapat digunakan pada Android. Apabila penyebab permasalahan kompatibilitas aplikasi sudah diketahui, pengguna dapat mencari solusi untuk permasalahan itu. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Android Sudah Tidak Sesuai

Sistem yang tersedia di Playstore dibuat sesuai algoritma dengan mengetahui informasi jenis Android yang digunakan. Hal ini termasuk spesifikasi Android tersebut. Aplikasi yang terdapat di dalam Playstore terus berkembang dengan mengeluarkan berbagai versi terbaru untuk mengikuti perkembangan software Android. Pembaharuan tersebut juga harus rutin dilakukan untuk meningkatkan kinerja sistem dengan software yang paling baru.

Baca Juga »  Cara Mengetahui Last Seen WA yang Dimatikan Terbaru di Android

2. Terdapat Cache Yang Menumpuk

Salah satu penyebab aplikasi tidak kompatibel di Playstore lainnya adalah terdapat file cache atau data sampah yang menumpuk di Android. File cache merupakan hasil browsing pada aplikasi untuk menyimpan kode, font, gambar, atau mencegah pengunduhan berkali-kali.

Dengan begitu, ada baiknya membersihkan file cache secara rutin agar kinerja sistem Android tidak terganggu ataupun tidak bekerja maksimal. Ponsel Android pun bisa berjalan lancar tanpa mengalami permasalahan seperti nge-lag atau sebagainya.

3. Lokasi Tidak Mendukung Aplikasi

Beberapa aplikasi memiliki aturan tersendiri, sehingga hanya dapat diakses di negara tertentu. Contohnya adalah aplikasi Hulu Plus App yang hanya dapat di install di Amerika, sehingga negara di luar Amerika tidak dapat mengunduhnya.

Aplikasi online banking juga biasanya hanya dapat diakses oleh negara bank tersebut berada. Restriksi sebuah aplikasi dapat dilakukan oleh developer aplikasi tersebut di Playstore. Hal itu dapat disebabkan karena aplikasi hanya dapat berjalan di negara tertentu karena terdapat record criminal negara saat menggunakan suatu aplikasi.

Baca Juga »  Cara Mematikan TalkBack pada Beberapa Tipe Android, Lebih Mudah!

4. Kesalahan File Log pada Playstore

File log merupakan jenis file yang dapat merekam peristiwa pada sistem operasi atau software yang sedang berjalan. File log diproduksi secara otomatis oleh perangkat lunak yang sedang berjalan. File ini dapat mengurus pesan dari satu software ke software lain.

Apabila terjadi kesalahan pada file log antara Playstore dan aplikasi yang diinstall gagal terhubung, maka bisa menyebabkan aplikasi tidak kompatibel di Playstore. Untuk memperbaikinya, perlu diketahui sumber penyerangan dan letak kerusakan pada sistem.

5. Tidak Memiliki Perangkat Keras yang Sesuai

Peringatan pesan aplikasi yang tidak kompatibel dapat terjadi karena tidak ada perangkat keras yang sesuai dengan Android yang digunakan. Contohnya adalah aplikasi fingerprint, hanya Android tertentu yang dilengkapi dengan perangkat keras untuk deteksi fingerprint.

Baca Juga »  Yuk, Download Aplikasi Anti Malware, Lindungi PC atau Laptop dari Virus!

Selain itu, kehadiran bug juga dapat menyebabkan aplikasi tidak kompatibel di Playstore. Bug adalah kesalahan sistem yang terjadi pada Android. Cara mudah untuk mengatasinya adalah melakukan restart pada Android.

Ulasan di atas merupakan penjelasan dari penyebab aplikasi tidak kompatibel di Playstore. Penyebabnya tidak melulu persoalan jenis Android yang old version, tetapi terdapat kemungkinan lainnya seperti kesalahan sistem, keberadaan bug, hingga lokasi yang tidak mendukung. Informasi di atas dapat menambah wawasan pengguna Android terkait Playstore, sehingga pengguna dapat mencari solusi terbaik untuk mengatasi aplikasi yang tidak dapat terinstall di Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published.