Kenali Apa itu Google Form? Manfaat, Kelebihan & Cara Penggunaan

Kenali Apa itu Google Form? Manfaat, Kelebihan & Cara Penggunaan
Kenali Apa itu Google Form? Manfaat, Kelebihan & Cara Penggunaan ( quipper.com )

Pernahkah anda, sebagai guru, menggunakan google form? Google form memang sudah tidak lagi menjadi hal yang baru bagi banyak orang. Kini, penggunaan google form telah menjadi tren baik di kalangan individu maupun perusahaan untuk mempermudah tugas-tugas dan kegiatan sehari-hari.

Pemakaian program ini semakin meningkat, terutama sejak pandemi melanda dan sangat terasa pengaruhnya di sektor pendidikan. Namun, apa itu google form? Apa saja kelebihan dan fungsi-fungsinya, serta bagaimana cara membuatnya? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini, Bapak/Ibu!

Apa Itu Google Form?

Google forms, sering dikenal sebagai google form, adalah layanan yang ditawarkan oleh google yang memfasilitasi pembuatan kuesioner dan survei online yang dapat disesuaikan sesuai keperluan penggunanya. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengumpulkan respons langsung dari partisipan survei.

Google forms juga sering digunakan untuk berbagai keperluan lain, termasuk pembuatan formulir kuisioner, pendaftaran online, hingga penghitungan cepat pendapat. Semua ini dapat dilakukan tanpa biaya dan dikelola oleh pengguna secara mandiri.

Manfaat Google Form

Google form sebagai aplikasi administratif menawarkan keuntungan dengan memudahkan proses survei. Aplikasi dari google ini memungkinkan pembuat survei untuk hanya perlu membagikan link kepada target audiens atau responden.

Selain itu, aplikasi ini memfasilitasi pembuatan, pengumpulan dan penyimpanan data secara efisien dan dalam waktu nyata.

Penggunaan google form juga berkontribusi pada pengurangan pemakaian kertas yang umumnya dibagikan langsung ke responden, serta mengeliminasi kebutuhan untuk mengumpulkan tanda tangan secara fisik.

Dengan teknologi ini, pengguna dapat menghemat sumber daya seperti tinta dan kertas, serta waktu dan tenaga. Penting juga untuk dicatat bahwa keamanan data yang diinput atau disimpan terjaga dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap aplikasi atau sistem pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya. Apa sajakah itu?

Kelebihan

Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

1. Mudah digunakan

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, program ini dirancang dengan kemudahan penggunaan dan tersedia berbagai panduan tutorial. Untuk menghindari kebingungan ketika pertama kali mencoba, sangat disarankan untuk menonton video tutorialnya terlebih dahulu.

2. Dapat dengan mudah dibagikan

Salah satu keunggulan lain dari program ini adalah kemudahannya dalam distribusi kepada para informan. Hanya dengan menekan tombol kirim, link dari formulir yang sudah dibuat bisa langsung terdistribusi kepada responden atau informan yang terpilih.

3. Penyajian data dari responden yang bervariasi 

Data yang dikumpulkan dari para responden bisa ditampilkan dalam beragam format. Proses pengumpulan data ini bisa diwujudkan dalam berbagai cara, mulai dari diagram hingga format spreadsheet.

4. Bersifat open source

Salah satu keuntungan tambahan adalah google form terintegrasi dengan g-suite, yang berarti alat ini tersedia secara cuma-cuma atau tanpa biaya. Dengan demikian, Bapak/Ibu tidak perlu menghabiskan uang setiap kali menggunakan google form. Ini pasti sangat berguna, bukan?

Kekurangan

Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

1. Tidak menggunakan equation 

Salah satu kelemahan google form adalah ketidakmampuannya untuk memasukkan persamaan matematika secara langsung dalam setiap pembuatan formulir, karena program tersebut belum mendukung simbol matematika.

2. Tidak menyediakan survei yang berskala thurstone

Google form hanya memungkinkan penggunaan 10 skala linear dan tidak menawarkan skala thurstone.

Langkah Membuat Kuesioner di Google Form

Bagaimana cara mengembangkan kuesioner menggunakan program ini? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, anda perlu membuka halaman google drive dengan menggunakan akun gmail anda melalui website drive.google.com.
  • Selanjutnya, pilih tombol ‘Baru‘, kemudian lanjutkan dengan memilih ‘Google formulir‘.
  • Silakan memilih template sesuai keinginan anda.
  • Apabila memutuskan untuk menggunakan templat yang belum terisi, langkah berikutnya adalah mengisikan judul serta deskripsi formulir sesuai dengan topik yang akan dibahas.
  • Kemudian, tentukan tipe pertanyaan yang anda kehendaki. Fasilitas ini mendukung beragam jenis pertanyaan, termasuk jawaban singkat, jawaban panjang, pilihan ganda, kotak centang dan lain-lain. Masukkan pertanyaan anda di ruang yang disediakan dan untuk pertanyaan pilihan ganda, tambahkan pilihan jawabannya di kolom opsi yang tersedia.
  • Sebagai langkah penutup, Bapak/Ibu dapat mengirimkan kuesioner yang telah diisi ke para responden yang dituju dengan memasukkan alamat email mereka dan menekan tombol kirim.

Google form adalah sebuah aplikasi yang praktis dan mempermudah aktivitas pendidikan atau pekerjaan dengan prosesnya yang cepat dan berbasis online. Penggunaan teknologi ini akan memfasilitasi kita untuk bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Berdasarkan uraian di atas, diharapkan para Bapak dan Ibu akan lebih mengerti dan memperoleh kemudahan dalam menyelesaikan tugas-tugas di sekolah. Teriamaksih dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *