Jangan Tertipu, yuk Simak Tips Membeli iPhone Bekas yang Benar! (flickr.com)
Jangan Tertipu, yuk Simak Tips Membeli iPhone Bekas yang Benar! (flickr.com)

Jangan Tertipu, yuk Simak Tips Membeli iPhone Bekas yang Benar!

Tips membeli iPhone bekas akan sangat membantu Anda. Kini memang iPhone bekas menjadi primadona. Hal itu karena iPhone bekas memiliki harga yang cenderung murah.

Meskipun murah, iPhone bekas yang dijual kebanyakan masih memiliki kualitas bagus. Meski demikian, tentunya masih ada saja penjual nakal yang selalu bermain curang. Mereka biasanya akan menjual iPhone dengan tampilan mulus padahal mesinnya sudah error.

Agar Anda tidak terkecoh dengan penjual nakal tersebut, maka harus memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum membeli iPhone bekas.

Inilah 5 Tips Membeli iPhone Bekas yang Wajib Anda Ketahui!

iPhone memang memiliki daya tarik sendiri. Selain karena OS-nya yang eksklusif, iPhone merupakan produk gadget premium. Banyak orang yang menggunakan iPhone sebagai bahan untuk gengsi di lingkungannya.

Wajar saja jika, saat ini iPhone bekas masih laku dijual. Orang-orang yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli baru, kini memilih alternatif produk bekasnya. Semakin tingginya permintaan, semakin banyak juga pedagang nakal.

Baca Juga »  Garansi iBox Adalah? Simak Keuntungan Membeli dan Tipsnya!

Membeli iPhone bekas tidak hanya melihat dari luarnya saja. iPhone yang bodinya masih mulus tidak menentukan kualitas mesinnya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memperhatikan hal ini:

Cek Apakah iPhone Menyala dengan Benar

Ketika akan membeli iPhone bekas, Anda harus mencoba menyalakannya terlebih dahulu. Ketika proses itu Anda harus memperhatikan dengan baik.

Pastikan iPhone dapat masuk menuju layar home saat booting selesai. Jika saat booting iPhone terhenti hanya di logo Apple saja dan tidak kunjung masuk ke layar home, maka kemungkinan besar terjadi gangguan pada perangkatnya.

Periksa Fungsi Tombol iPhone

iPhone memiliki beberapa tombol yang tersemat pada bodinya. Tombol tersebut seperti tombol home, tombol silent, volume, dan power. Tips membeli iPhone bekas adalah selalu mengecek tombol-tombol tersebut.

Pencet semua tombol yang ada dan lihat apakah berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Jika bekerja dengan baik artinya iPhone masih layak untuk dibeli.

Baca Juga »  Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar iPhone Terbaik

Pastikan Semua Sensor Masih Bekerja

Di dalam iPhone terdapat beberapa sensor yang membantu untuk menjalankan fitur ponsel seperti gyroscope, haptic, Face ID, Touch ID, proximity, dan lainnya. Anda bisa mencoba menggunakannya untuk memastikan bahwa sensor tersebut berjalan dengan baik.

Misalnya mencoba sensor proximity. Jika sensor ini masih aktif, maka ketika dalam mode telepon dan ponsel diletakkan ke telinga, idealnya layar akan menjadi gelap. Jika layar masih menyala, artinya fitur ini sudah tidak berfungsi.

Cek Persentase Kesehatan Baterai

Baterai iPhone bekas pasti mengalami penurunan karena penggunaan sebelumnya. iPhone memiliki fitur untuk mengetahui persentase kesehatan baterai yang dapat Anda gunakan sebagai tips membeli iPhone bekas.

Selama baterai iPhone belum dalam status kesehatan “Service”, tandanya masih aman-aman saja untuk Anda gunakan. Anda bisa melihat kesehatan baterai ini di opsi “Baterai” pada “Pengaturan”.

Selain itu coba isi daya iPhone sebelum membelinya. Jika saat pengisian daya persentase baterai tidak naik atau malah turun, ada kemungkinan baterai tersebut rusak.

Baca Juga »  Perbedaan iPhone Inter dan iBox untuk Perbandingan Pembelian Aman!

Pastikan Konektivitasnya Berjalan baik

Memastikan fitur konektivitas pada iPhone yang akan Anda beli juga cukup penting. Sebab, fitur ini akan sangat berpengaruh dalam kelancaran aktivitas gadget Anda.

Anda bisa mengecek Bluetooth, jaringan seluler, dan bahkan hingga WiFi. Jika semuanya dapat menyala dan tersambung dengan baik artinya konektivitas iPhone tersebut masih sangat bagus.

Selain uraian di atas, tips membeli iPhone bekas yang tidak kalah penting adalah melihat kredibilitas penjual. Saat ini sudah banyak toko yang menjual iPhone bekas dengan garansi yang bisa Anda gunakan karena jauh lebih terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.