Investasi yang Menguntungkan Inilah 4 Rekomendasi Terbaiknya (fispol.com)
Investasi yang Menguntungkan Inilah 4 Rekomendasi Terbaiknya (fispol.com)

Investasi yang Menguntungkan Inilah 4 Rekomendasi Terbaiknya

Berbagai jenis investasi yang menguntungkan mudah dijumpai di sekitar kita. Hanya saja kita belum tahu pasti apa dan manfaat dari investasi itu sendiri. Jika sudah tahu ada segudang manfaat yang bisa diperoleh dengan berinvestasi, pasti sayang untuk melewatkannya begitu saja.

Mengenal Jenis Investasi yang Menguntungkan Berdasarkan Minat Masyarakat

Saat ini, investasi dianggap sebagai kegiatan finansial yang cukup menjanjikan untuk masa depan. Alangkah baiknya memikirkan masa depan mulai dari sekarang dengan cara berinvestasi.

Jika saat ini Anda bingung menentukan instrumen investasi, maka simak beberapa jenis investasi yang populer di masyarakat berikut ini.

1. Investasi Saham

Investasi saham merupakan jenis yang menguntungkan dan cukup populer di kalangan masyarakat Tanah Air. Jika dibandingkan jenis investasi lainnya, keuntungan investasi saham cukup menjanjikan.

Namun, hati-hati karena dibalik keuntungan yang menggiurkan, risiko tinggi juga menyertainya. Ini karena saham bersifat high return/high risk, artinya harga saham fluktuatif dan sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, hingga kondisi tertentu seperti hari raya.

Baca Juga »  5 Hal Dalam Berinvestasi Saham Yang Harus Mulai Anda Terapkan Saat Ini

Jadi, bila Anda berminat menggeluti dunia saham, pastikan memiliki pengetahuan dan kemampuan analisa yang cukup baik sehingga terhindar dari risiko kerugian yang besar. Hal paling penting saat berinvestasi saham adalah jangan gegabah, artinya harus ada sikap pengendalian diri sehingga saham yang dibeli tidak hanya sekedar ikut-ikutan orang saja namun telah melalui pertimbangan yang matang.

2. Investasi Tanah & Properti

Investasi yang menguntungkan untuk masa depan selanjutnya datang dari tanah dan properti. Ini karena tanah dan properti sangat potensial dikelola demi terpenuhinya kebutuhan ekonomi di masa mendatang.

Alasannya investasi tanah dan properti banyak diminati adalah:

  • Tanah dan rumah merupakan kebutuhan primer, jadi dapat dipastikan nilainya semakin bertambah seiring berjalannya waktu.
  • Kebutuhan orang akan tanah dan tempat tinggal semakin meningkat, namun luas tanah di muka bumi tidak bertambah.
  • Besarnya pajak yang terbilang cukup rendah menjadikan orang berlomba-lomba memiliki tanah dan properti yang letaknya strategis sehingga ketika dijual kembali nilainya semakin tinggi.
  • Memiliki aset tanah dan properti juga menjadi passive income yang menguntungkan, bahkan hingga usia tua.
  • Mudah pengelolaannya dan minim risiko.
Baca Juga »  Aplikasi Trading Saham Terbaik yang Diandalkan, Ini Rekomendasinya!

Meski untuk memulainya membutuhkan modal yang cukup besar, namun manfaat dan keuntungan yang akan Anda peroleh di masa yang akan datang jauh lebih besar. Selain menjual kembali, Anda juga bisa menyewakannya.

3. Reksadana

Masih ingin tahu jenis investasi lain yang tak kalah menguntungkan? Reksadana jawabannya.

Investasi ini populer di masyarakat karena menawarkan kemudahan dan kenyamanan. Hal ini tak lepas dari peran manajer investasi yang akan membantu Anda mengelola dan mengolah aset investasi reksadana sesuai kebutuhan dan tujuan Anda. Jadi, tentukan dahulu apa tujuan Anda dalam berinvestasi sehingga manajer investasi tak salah mengambil keputusan.

Pemula cocok memilih reksadana untuk memulai berinvestasi karena modal awalnya terjangkau dan mudah diakses secara online atau digital banking. Persentase kerugian berinvestasi reksadana memang lebih kecil dibandingkan jenis investasi lain, namun sebanding dengan risiko yang dihadapi.

Baca Juga »  Investasi untuk Pemula Modal Rp 50.000 Untung Sampai Tua

4. Investasi Emas

Investasi emas juga merupakan sala satu jenis investasi dengan keuntungan menjanjikan. Selain  itu, investasi klasik yang tetap populer ini cukup minim risiko kerugian.

Jika Anda menghendaki investasi jangka panjang, maka emas bisa dipertimbangkan. Meskipun pasar saham mengalami penurunan, namun harga emas cenderung stabil.

Sudah siapkah Anda terjun dan memilih salah satu dari berbagai jenis investasi yang menguntungkan yang telah diulas tadi? Ingatlah jika semakin hari usia Anda jauh dari kata produktif. Jadi, untuk bekal di hari tua, mulailah berinvestasi jangka panjang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.