Intip Cara Memindahkan Layar HP Ke TV, Dengan Atau Tanpa Kabel!

Intip Cara Memindahkan Layar HP Ke TV, Dengan Atau Tanpa Kabel!

Menonton film atau video di handphone maupun smartphone kadang terkendala layar yang kecil. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan bersama teman atau saudara, tentu sangat mengganggu. Tenang, solusi yang bisa diambil yaitu dengan cara memindahkan layar hp ke tv bisa menggunakan kabel dan tanpa kabel.

Memindahkan layar hp ke tv ini biasa disebut dengan screen mirroring. Merupakan teknologi yang berfungsi untuk melihat apa yang ditampilkan di ponsel ke televisi. Pengguna dapat membuka video, youtube, media sosial dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut akan tersambung di tv. Simak berikut cara menghubungkannya:

1. Menggunakan Kabel HDMI

High Definition Multimedia Interface adalah kepanjangan dari HDMI. Biasanya kabel ini berfungsi untuk menghubungkan layar laptop ke monitor. Namun siapa sangka HDMI Ini mempunyai jenis-jenisnya. Selain itu kabel ini juga berfungsi menampilkan screen laptop di televisi. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk menghubungkannya pada ponsel agar terhubung dengan tv.

  • Siapkan terlebih dahulu kabel HDMI type
  • Pengguna dapat mematikan televisi terlebih dahulu atau dalam kondisi menyala.
  • Pasangkan kabel HDMI ke ponsel dan port
  • Jika tv dalam keadaan mati, nyalakan kemudian pindah ke saluran HDMI.
  • Setelah itu cek ponsel apakah terdapat notifikasi HDMI
  • Jika ada artinya pengguna berhasil menghubungkannya ke tv.
Baca Juga »  Cara Membuat Tanda Tangan di WPS Office Android dengan Cepat

2. Menggunakan Wireles

Adapun cara memindahkan layar hp ke tv selanjutnya yaitu menggunakan wireless. Merupakan sebuah jaringan yang dapat menghubungkan satu perang ke perangkat lain. Cara ini dilakukan tanpa adanya kabel. Hanya saja solusi ini bisa dilakukan sesuai dengan tipe atau merek ponsel. Untuk contohnya berikut langkah menghubungkannya dengan hp Samsung.

  • Pertama-tama buka quick setting kemudian cari dan pilihlah menu smart view
  • Setelah itu klik untuk mengaktifkan fitur tersebut.
  • Kemudian pilih nama smart tv yang akan dihubungkan dengan ponsel.
  • Jika sudah selesai maka layar tv akan berubah sesuai dengan yang di hp.

3. Melalui Screen Mirroring

Cara menghubungkan layar hp dengan tv menggunakan screen mirroring ini televisi atau smart pengguna harus mendukung fitur Miracast atau Wireless Dongle. Karena fitur ini jarang ada di tv pada umumnya. Langkah-langkah yang ditempuh pun harus sesuai dengan tipe tv.

Baca Juga »  16 Aplikasi Meeting Online Gratis, Saatnya Work From Home!

Contoh berikut untuk tipe LG smart tv, yaitu pertama pilih tombol home yang ada pada remot tv. Kemudian pilihlah opsi network. Setelah itu pilih fitur Miracast dan aktifkan fitur tersebut. Lalu tv akan menemukan perangkat hp yang akan terhubung dengan tv. Jika berhasil maka layar akan berubah.

4. Xiaomi Mi TV Stick

Xiomi membuat sebuah remot dan semacam flashdisk untuk bisa menghubungkan ponsel ke layar tv yaitu bernama Mi TV Stick. Perangkat ini memberikan fitur resolusi video yang lengkap sampai ke HD. Selain itu perangkat ini juga dinilai memiliki aplikasi menonton film seperti Netflix, dan lain sebagainya. Pengguna dapat bebas menginstalnya. Langkah-langkahnya yaitu:

5. Google Chromecast

Tidak hanya Xiaomi yang mengeluarkan perangkat menghubungkan layar ponsel ke tv Google juga tak mau kalah. Perangkat ini juga sama berupa remote dan semacam flashdisk, untuk caranya yaitu:

  • Colokkan terlebih dahulu Chromecast pada por kosong HDMI pada televisi atau smart tv.
  • Kemudian pengguna wajib menginstal aplikasi Chromecast, hal ini guna untuk mengontrol dari hp.
  • Lalu aktifkan jaringan WiFi ponsel pengguna dan pindah saluran tv ke HDMI.
  • Setelah itu akan muncul kode di layar tv
  • Masukkan kode tersebut di aplikasi chromecast tadi, layar pun akan berubah sesuai dengan ponsel.
Baca Juga »  Mau Video Seperti Editan Editor Handal_ Coba Aplikasi Videografi Android Terbaik Berikut!

Itulah cara memindahkan layar hp ke tv baik menggunakan kabel maupun tanpa kabel. Mudah bukan. Pengguna dapat mencobanya dari cara yang termudah terlebih dahulu. Dengan menghubungkan layar ponsel ke televisi maka kebutuhan menonton film bersama keluarga pun dapat terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.