Intip 5 Aplikasi Desain Interior PC Paling Mudah dan Lengkap!

Intip 5 Aplikasi Desain Interior PC Paling Mudah dan Lengkap!

Bagi seorang desainer, beberapa aplikasi desain interior PC bukan menjadi hal yang asing sebagai pendukung pekerjaannya. Terlepas dari proyek rumah yang kecil ataupun rumah yang besar, desainer memerlukan software yang mengandung fitur lengkap dan berfungsi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui aplikasi mana yang memang user friendly, terjangkau, dan menghasilkan desain yang sesuai permintaan.

Di bawah ini terdapat rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan oleh desainer untuk membuat rancangan hunian dengan fitur lengkap yang ditawarkan. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu desainer untuk mengomunikasikan ide seakurat mungkin sehingga mampu memuaskan secara visual. Berikut ulasannya:

1. SketchUp Pro

Software SketchUp adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mendesain interior 3D modelling dengan berbagai fitur yang sangat berguna. Di antaranya adalah fitur interoperability, extensibility, customization, generate reports, inferencing, hingga objects. Fitur-fitur ini memungkinkan desainer untuk memanipulasi banyak model interior dengan mudah dan cepat.

SketchUp juga tersedia baik dalam versi gratis maupun versi berbayar. Sebagai desainer pemula yang ingin mengeksplor sejauh mana skill desain interior yang dikuasai, versi gratis adalah pilihan yang cocok. Sedangkan versi berbayar dapat digunakan oleh desainer profesional yang memang berkehendak untuk menciptakan desain interior terbaik melalui tools dan fitur yang disediakan.

Baca Juga »  Contoh Aplikasi Sistem Informasi Pemasaran untuk Perusahaan

2. Home Designer Suite

Sebagai software desain yang paling mumpuni untuk merombak berbagai proyek baik interior maupun eksterior rumah, Home Designer terkenal dengan kepraktisannya. Home Designer memungkinkan desainer untuk mengembangkan template yang telah mencakup berbagai layout desain interior lengkap dengan komponen-komponen pendukungnya.

Melalui teknik drag and drop, desainer dapat dengan mudah memvisualisasikan proyek dengan sangat rinci. Software ini juga sangat cocok bagi desainer pemula, karena tools yang ditawarkan tidak terlalu kompleks dan mudah untuk digunakan.

3. Floorplanner

Bagi desainer yang ingin memiliki rancangan yang melibatkan banyak lantai dengan berbagai bentuk ruangan, Floorplanner dapat menjadi alternatif terbaik saat ini. Floorplanner memungkinkan desainer untuk mengkalkulasi ruangan, dinding, hingga level area secara otomatis lengkap dengan pintu, jendela, furnitur, hingga jalur listriknya.

Baca Juga »  Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore? Ini Alasannya!

Floorplanner juga dapat dioperasikan secara online tanpa mengunduh software-nya. Bahkan, melalui versi berbayarnya, Floorplanner dapat disinkronisasi melalui sistem cloud dengan perangkat lain secara real-time. Oleh karena itu, desainer dapat membagikan rancangan desain interior yang otomatis tercadangkan dengan desainer lain. Inilah yang membuat Floorplanner menjadi aplikasi desain interior PC terbaik.

4. HomeByMe

Aplikasi desain besutan Dassault Systemes SE asal Prancis ini menawarkan berbagai ornamen menarik dan lengkap yang sangat cocok bagi desainer dalam menciptakan rancangan interior hunian. Mulai dari merancang interior ruang keluarga hingga seluruh ruangan di apartemen dapat dilakukan melalui aplikasi HomeByMe ini.

Terdapat juga lebih dari 20.000 produk template furnitur dan properti yang dapat diunduh di katalog untuk bahan dekorasi interior. Dengan HomeByMe, desainer dapat memiliki akses ke furnitur tersebut se-aktual mungkin, sehingga rancangan dapat dieksplor secara lebih nyata.

5. DreamPlan

Selanjutnya adalah aplikasi desain yang dapat digunakan baik di Windows maupun Mac, yaitu DreamPlan. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang memberikan desain dengan kualitas yang tampak lebih nyata dengan berbagai dekorasi sebagai pelengkap. Desainer juga bebas untuk menggunakan aplikasi ini baik untuk rumah berukuran kecil maupun besar karena seluruh template sudah tersedia.

Baca Juga »  Begini Cara Memindahkan Video ke Google Drive agar Mudah Diakses

Selain dapat mendukung tampilan 3D, DreamPlan juga memungkinkan desainer untuk mengunggah dan memindai rancangan fisik. Versi gratis juga tersedia untuk penggunaan desain non-komersial.

Demikianlah aplikasi desain interior PC yang dapat digunakan untuk mewujudkan keinginan dalam membuat rancangan interior terbaik. Fitur dari masing-masing aplikasi memiliki berbagai fungsi yang dapat membantu desainer merancang dengan mudah. Sebagai desainer yang profesional, hal yang terpenting adalah bahwa desain interior yang dihasilkan melalui aplikasi di atas dapat memenuhi baik keinginan pribadi maupun klien.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.