penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya

Inilah Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Smartphone sering panas? Pastinya pengguna smartphone sering mengalaminya dan tentunya bisa jadi masalah yang harus diatasi. Dimana penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya harus sesuai dengan apa yang dialami penggunanya. Pasalnya HP bisa jadi rentan dan rusak jika terus menerus dibiarkan panas.

Jika pengguna smartphone membiarkan HP menjadi panas dan tidak diatasi secepatnya, maka bisa menyebabkan HP cepat rusak dan sistem operasi terganggu. Oleh karena itu, coba ketahui terlebih dahulu penyebabnya kemudian mengatasi masalah HP cepat panas tersebut seperti ulasan berikut.

Penyebab HP Cepat Panas

Pada saat menggunakan smartphone biasanya muncul masalah tiba-tiba HP menjadi panas. Tentunya pengguna harus melihat penyebabnya agar paham kenapa HP bisa jadi panas. Kondisi apa saja yang menyebabkan hal tersebut? Berikut adalah diantaranya:

1. Durasi Main Game yang Terlalu Lama

Pada saat pengguna mengakses untuk main game dengan durasi waktu berjam-jam, maka HP menjadi lebih panas dari biasanya. Kebiasaan dalam bermain game terus menerus ini akan menyebabkan GPU HP bekerja secara ekstra. Inilah yang kemudian berpengaruh pada kondisi HP yang akhirnya jadi cepat panas.

Baca Juga »  Kenali Dampak Positif Smartphone Yang Wajib Anda Ketahui

2. Aplikasi Streaming Digunakan Berlebihan

Saat mengakses aplikasi streaming terus menerus, maka bisa menyebabkan HP menjadi panas. Pasalnya aplikasi streaming membutuhkan koneksi internetnya yang lebih cepat bahkan sangat boros baterai. Akibatnya performa HP jadi berlebihan dan menyebabkan HP cepat kehabisan daya juga terasa panas.

3. Adanya Bugs di Software atau Aplikasi HP

Ketika pengguna smartphone muncul bugs dan terjadi masalah pada HP. Maka berikutnya HP akan menjadi lebih panas kondisinya karena prosesor di HP tidak bekerja dengan maksimal. Pengguna smartphone harus update aplikasi juga melakukan update pada sistem operasinya.

4. Kualitas Baterai yang Buruk

Biasanya saat muncul masalah HP cepat panas maka bisa dilihat dari kualitas baterai yang buruk. Selain itu, bisa juga karena usia baterai yang sudah usang dan menyebabkan performanya menurun. Maka jika tetap dipakai akan menyebabkan HP panas dan jika memaksakannya HP akan lebih rusak lagi.

Beberapa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya bisa dengan melakukan beberapa langkah mudah. Maka pengguna smartphone bisa lebih berhati-hati lagi ketika melihat kondisi HP panas dan segera atasi agar tidak merusak HP.

Baca Juga »  Begini Cara Memindahkan Video ke Google Drive agar Mudah Diakses

Cara Mengatasi HP yang Panas

Jika sudah paham tentang penyebab dari HP yang panas, maka pengguna smartphone bisa mengatasinya sesegera mungkin. Beginilah cara mudah untuk bisa atasi HP yang cepat panas, yaitu:

1. Istirahatkan HP Setelah Bermain Game dan Nonton Streaming

Ketika sudah bermain game dan juga nonton streaming, maka istirahatkan terlebih dahulu HP yang digunakan. Dengan adanya jeda istirahat tersebut, maka sistem operasi HP akan beristirahat sejenak dan biarkan HP normal kembali. Agar nantinya HP bisa digunakan kembali, tanpa adanya masalah Hpnya terasa panas.

2. Hindari Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Jika ingin menghindari agar HP tidak cepat panas, maka jangan melakukan loading aplikasi secara bersama-sama. Hal ini akan mengakibatkan HP terlalu keras untuk bekerja dan juga boros baterai. Buka aplikasi yang dibutuhkan saja kemudian tutup dan baru beralih ke aplikasi lainnya yang ada di HP.

Baca Juga »  Cara Mematikan TalkBack pada Beberapa Tipe Android, Lebih Mudah!

3. Pakai Aplikasi Pendingin HP

Berikutnya saat ingin HP tidak bermasalah dengan cepat panas, maka bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Caranya dengan instal aplikasi pendingin HP, seperti Cooling Master, Device Cooler dan lainnya. Aplikasi tersebut akan melakukan kinerjanya untuk bisa mengatasi masalah dan menjadi pendingin smartphone.

Dengan memahami bagaimana penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya, maka pengguna bisa menggunakan HP secara hati-hati dan mencegahnya agar tidak sampai panas. Pasalnya jika HP sering panas dan dibiarkan, maka HP akan cepat rusak dan GPU HP akan terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.