Inilah Kisah Sukses Usaha Ternak Entok Yang Menginspirasi

Inilah Kisah Sukses Usaha Ternak Entok Yang Menginspirasi

Entok merupakan salah satu jenis unggas yang sering ditemukan di Indonesia, khususnya di wilayah perkampungan yang masih tersedia lahan besar yang kosong. Melihat peluang keadaan tersebut, Pak Rahmat yang berprofesi sebagai buruh pabrik merangkap menjadi pengusaha entok untuk menambah penghasilan. Inilah kisah sukses usaha ternak Entok yang menginspirasi dan memotivasi:

Kisah Sukses Usaha Ternak Entok Yang Menginspirasi

Sejak tahun 2005, Pak Rahmat bekerja menjadi buruh pabrik perusahaan swasta lokal di kotanya. Perusahaan tersebut menyediakan upah yang sesuai sehingga Pak Rahmat melanjutkan pekerjaannya hingga saat ini. Namun realitanya akhir-akhir ini keperluan serta kebutuhan pokok rumah tangga semakin melonjak secara drastis, namun pemasukan yang didapatkan malah bertambah secara moderat.

Akibat situasi tersebut, Pak Rahmat perlu mencari solusi untuk mencukupi kebutuhan yang semakin banyak. Adapun solusi yang diperoleh Pak Rahmat adalah dengan menjalankan usaha ternak entok pada lahan kosong sekitar rumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha ternak Entok tersebut telah berjalan selama tujuh tahun terakhir dan semakin berkembang hingga sekarang.

Baca Juga »  7 Hal dari Usaha Kreditan Baju yang Perlu Diperhatikan

Usaha ternak Entok yang dijalankan Pak Rahmat selama tujuh tahun terakhir tersebut menghasilkan keuntungan yang setara gaji di pabrik. Suatu waktu bahkan Pak Rahmat mendapatkan penghasilan lebih dari yang seharusnya karena mendapatkan bonus dari konsumen akibat kepuasan pelayanan. Oleh sebab itu, bisnis ternak Entok Pak Rahmat bertahan hingga saat ini.

Selain itu, pandemi yang melanda seluruh dunia ternyata juga berdampak terhadap pemasukan pabrik tempat Pak Rahmat bekerja. Akibat alasan tersebut, Pak Rahmat menjadi salah satu yang dikenai PHK besar-besaran dengan pesangon.

Meskipun begitu beliau tidak berkecil hati karena masih memiliki usaha ternak Entok di rumah. Uang pesangon yang diterima juga bisa digunakan sebagai modal tambahan ternak. Berdasarkan pengalaman beliau, kisah sukses usaha ternak Entok Pak Rahmat dapat menginspirasi individu lain.

Cara Ternak Entok Untuk Pemula

Pengalaman hidup Pak Rahmat menjadi salah satu kisah sukses usaha ternak Entok yang lumayan menginspirasi. Meskipun mengalami situasi sulit, Pak Rahmat tidak berkecil hati dan malah tetap gigih menghadapi keadaan yang tidak mengenakkan. Kisah Pak Rahmat diharapkan memotivasi dan menginspirasi wirausahawan lain agar pantang menyerah.

Baca Juga »  5 Strategi Usaha Sparepart Motor untuk Pemula yang Wajib diketahui

Berdasarkan pengalaman yang dilaluinya, Pak Rahmat mendapatkan beberapa cara ternak Entok yang dapat diterapkan. Berikut ini cara ternak Entok Pak Rahmat untuk calon wirausahawan pemula:

1. Membuat Perencanaan

Sebelum terjun langsung menjalankan usaha ternak entok, hendaknya calon wirausahawan merencanakan beberapa hal, meliputi; pendanaan, penempatan, dan perawatan. Tiga hal tersebut merupakan keadaan yang paling krusial dalam menjalankan bisnis ternak Entok sehingga harus direncanakan dengan matang.

2. Analisa Pasar

Proses analisa pasar merupakan hal penting yang perlu diterapkan juga. Melalui proses ini, calon wirausahawan jadi tahu harus kemana memasarkan produk usaha, siapa saja pesaing yang massif, mengetahui keuntungan dan kekurangan usaha, serta mengetahui target pasar. Oleh karena itu, calon wirausahawan harus melakukan analisa secara matang.

Baca Juga »  5 Penyebab Kenapa Jualan Sepi Pelanggan

3. Menetapkan Strategi Pemasaran Yang Sesuai

Cara menjalankan usaha ternak Entok ala Pak Rahmat yang terakhir adalah dengan menetapkan strategi pemasaran yang sesuai. Adapun strategi yang diterapkan Pak Rahmat pertama kali adalah dengan memasarkan produk di lingkungan sekitar terlebih dahulu. Awalnya dulu, beliau bahkan sampai mengunjungi satu-persatu rumah tetangga untuk menawarkan daging Entok.

Demikianlah ulasan mengenai  kisah sukses usaha ternak Entok yang menginspirasi. Calon wirausahawan yang tertarik untuk menjalankan bisnis ternak Entok hendaknya melakukan riset pasar terlebih dahulu sesuai saran Pak Rahmat.

Pencarian Popular

kisah sukses usaha ternak entok,kisah sukses ternak entok

Leave a Reply

Your email address will not be published.