Inilah Cara Memulai Usaha Makeup yang Menjanjikan

Inilah Cara Memulai Usaha Makeup yang Menjanjikan

Tata rias merupakan bidang yang terus bertahan. Meski sempat didera pandemi, nyatanya usaha ini kembali berjaya. Tidak heran banyak orang ingin belajar cara memulai usaha makeup untuk menjadi penghasilan sampingan bahkan utama. Orang yang memberikan jasa rias disebut makeup artist (MUA). Sebelum memulai, mari simak cara untuk menjalankan usaha sebagai MUA berikut:

1. Mempersiapkan Budget

Pelajari seputar alat makeup beserta fungsi dan cara penggunaannya. Setelah mempelajarinya, barulah calon MUA dapat mengumpulkan perlahan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya. Seperti yang diketahui, peralatan makeup dengan kualitas baik tidaklah murah.

Apalagi barang yang dibutuhkan sebagai seorang MUA terbilang banyak. Untuk itu, buat perencanaan (budgeting) yang mencakup berbagai kebutuhan untuk menunjang bisnis. Pastikan kualitasnya terjamin, sehingga hasil yang diberikan pun baik, dari segi hasil maupun kesehatan kulit.

2. Belajar dari MUA Berpengalaman

Perbanyak ilmu dari sumber yang terpercaya, misalnya MUA dengan jam terbang tinggi. Saat ini, untuk mempelajari makeup tersedia sumber yang beragam, yang paling banyak adalah melalui video di YouTube. Sangat banyak penata rias berbakat yang membagikan ilmunya secara cuma-cuma.

Baca Juga »  Begini Prosedur Izin Usaha Berdasarkan Cara Pengurusannya

Cara memulai usaha makeup ini merupakan faktor yang mempengaruhi peningkatan skill pada makeup artist. Kuasai berbagai teknik rias dari mancanegara, karena semua memiliki keunikannya masing-masing. Belajar sambil praktik tentu tak luput dari kesalahan, namun ini bukanlah alasan untuk putus asa.

3. Bereksperimen Pada Diri Sendiri dan Orang Lain

Lakukan eksperimen makeup dengan mengaplikasikannya pada wajah sendiri sebagai latihan. Makeup merupakan seni yang dilakukan pada wajah, untuk itu MUA bisa menggunakan wajahnya untuk berkreasi, sesuai dengan hal-hal yang telah dipelajari selama ini. Barulah jika sudah lebih percaya, makeup dapat diaplikasikan pada wajah orang lain.

Puas melihat hasil makeup di wajah sendiri, sekarang waktunya bereksperimen di kanvas sesungguhnya yakni wajah orang lain. Bisa mulai dari orang terdekat misalnya ibu, teman, saudara, dan lain-lain. Jangan lupa tanyakan pendapat jujur terkait hasil make upnya. Ini dapat menjadi masukan yang berharga agar kemampuan lebih terasah.

Baca Juga »  Tips Memulai Usaha Angkringan Modern dan Kekinian

4. Mengikuti Perkembangan Makeup

Cara memulai usaha makeup tidak lepas dari perkembangan di dunia makeup. MUA harus rajin untuk mencari informasi perkembangan tren dari berbagai media. Misalnya media sosial, majalah, dan lain-lain. Pelajari karakter yang berbeda dari makeup dalam maupun luar negeri sehingga lebih fleksibel dalam menangani permintaan dan kebutuhan klien nantinya.

5. Menemukan Ciri Khas dan Memenuhi Keinginan Klien

Penting bagi seorang makeup artist untuk memiliki karakternya sendiri, yang membedakannya dari MUA lain. Contohnya, gaya makeup yang dihasilkan menampilkan kesan dewy yang bertahan lama seperti model Korea Selatan. Betul bahwa mencari karakteristik tersendiri bukan hal mudah. Dengan terus mengembangkan skill, kreativitas dapat terus diasah sehingga mampu menghasilkan ciri khas.

Tidak hanya berkarakter, namun makeup artis juga mampu memenuhi apa yang diinginkan klien dengan kemampuannya. Di sini kepribadian turut berperan, karena akan ada saatnya dimana mewujudkan keinginan dari klien tidak sesuai dengan preferensi pribadi.

Baca Juga »  Analisa Kelemahan Usaha Es Krim Yang Perlu Diketahui

6. Memperbanyak Portofolio dan Promosi

Memanfaatkan keberadaan sosial media sebagai sarana mempromosikan jasa makeup artist. Baik yang masih merintis maupun profesional, hampir semua melakukan promosi secara online karena hal ini terbukti efektif untuk mengenalkan jasa. Perbanyak portofolio, kemudian unggah foto-foto yang diabadikan dari hasil riasan. Dengan upaya ini, kesempatan dikenal oleh klien akan lebih besar.

Demikian cara memulai usaha makeup. Minat serta kemampuan merias jangan disia-siakan begitu saja, karena saat ini kebutuhan akan riasan yang berkualitas semakin banyak. Dengan terus mengembangkan kemampuan, pekerjaan ini dapat ditekuni dengan serius agar dapat mendatangkan banyak manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.