Inilah Cara Jual Foto di Dreamstime yang Pasti Untung!

Dreamstime merupakan aplikasi untuk menjual foto secara online. Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman banyak berbagai cara yang memudahkan kita. Salah satunya yaitu dengan menjual foto lewat online yang hanya membutuhkan  handphone atau perangkat PC saja.

Untuk menjual foto lewat online tersebut pasti membutuhkan perantara yaitu melalui aplikasi. Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk jual foto secara online. Dengan menggunakan aplikasi ini tidak hanya hobi fotografi yang tersalurkan tetapi kamu juga bisa mendapatkan penghasilan.

Ketahui Cara Jual Foto di Dreamstime Sangat Mudah!

Dreamstime merupakan platform untuk menjual foto secara online yang sudah berdiri sejak tahun 2000 lalu dan sudah bersaing dengan aplikasi yang memiliki fungsi sama. Perusahaan ini didirikan di Brentwood, Tennessee, Amerika Serikat dan pencetusnya yaitu Serban Enache. Platform jual foto ini memberikan kemudahan para pengguna mengakses foto baik mengunduh ataupun mengunggahnya. Selain itu, juga memiliki tampilan antarmuka yang mudah dipahami walaupun pencairan dananya membutuhkan waktu cukup lama bagi pemula.

Pada aplikasi Dreamstime kalian tidak hanya bisa menjual foto namun juga bisa menjual gambar vektor, ilustrasi, audio musik, dan video footage. Secara garis besar kamu hanya perlu mendaftar dan mengirimkan karya, apabila karya diterima dan ada pengguna lain yang download maka kalian bisa mendapatkan komisi setiap download dari karya tersebut. Berikut merupakan cara menjual foto Dreamstime yang bisa kamu lakukan:

  1. Melakukan Pendaftaran

Sama yang harus dilakukan untuk menjual foto atau hasil karya pada platform ini yaitu dengan mendaftar sebagai kontributor. Kamu bisa langsung membuka website resmi atau aplikasinya. Setelah itu, isilah data diri dan informasi dengan benar, pastikan tidak ada kesalahan.

  1. Upload Foto

Langkah selanjutnya kamu bisa mulai untuk karya lain pada platform ini dengan cara membuka halaman upload. Kamu dapat mengunggah foto pada platform ini tidak hanya satu tetapi bisa lebih. Apabila foto telah berhasil di upload berikan keterangan pada setiap foto mulai dari judul kata kunci deskripsi dan lainnya. Pastikan kamu mengisi keterangan pada foto ini dengan menarik dan unik supaya bisa menarik perhatian calon pembeli foto.

Sebaiknya mengisi keterangan dan yang lainnya menggunakan bahasa Inggris karena memang pasar Dreamstime ini memiliki lingkup internasional. Apabila sudah menuliskan keterangan pada foto selanjutnya klik submit commercial untuk mengumpulkan gambar pada pihak platform jual foto ini. Pihak platform ini akan melakukan seleksi terlebih dahulu sebelum disebarluaskan dan dijual.

  1. Pengecekan Foto

Setelah mengirim foto-foto yang hendak dijual Biasanya dalam waktu satu sampai dua hari atau bahkan lebih pihak penerima foto akan mengkonfirmasi melalui email. Konfirmasi tersebut akan memberikan informasi terkait foto apa saja yang diterima dan yang tidak diterima. Tidak hanya itu, pihak platform ini akan memberi revisi maupun saran untuk foto yang ditolak supaya diperbaiki, lalu dikirim ulang.

    1. Proses Jual Foto

Apabila foto sudah diterima, itu berarti foto kamu sudah berada pada platform jual foto ini sehingga hanya perlu menunggu pengguna lain untuk download karya tersebut. Kamu juga bisa berubah upaya untuk mempromosikan link foto untuk menunggu karya tersebut didownload oleh pengguna lain.

Hal yang Harus Diperhatikan

Menjual foto pada platform ini bukan hal yang instan terutama dalam hal pencairan. Perlu peninjauan terlebih dahulu mengenai kelayakan foto dan penetapan harga. Selain itu, setelah foto berhasil diunggah tidak langsung ada yang mengunduh. Maka dari itu, perlu kesabaran dan keunikan yang tinggi untuk menjual hasil karya kamu pada platform ini.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan akun karena tidak semua alamat yang dimasukkan pada profil harus valid dengan kebutuhan perusahaan. Alamat yang kamu masukkan untuk profil akun ternyata tidak bisa digunakan maka perlu mencari alternatif lain untuk menjual foto.

Sistem Pencairan Komisi dan Dana

Apabila kamu berhasil menjual foto di Dreamstime akan memperoleh komisi rata-rata sebesar USD 0,2 sampai USD 5. Namun, kualitas foto yang kamu unggah pada platform ini akan menentukan komisi tersebut. Jumlah itu akan besar apabila dikonversikan pada mata uang rupiah.

Platform ini memiliki pencairan dana yang dibatasi mulai dari USD 100. Artinya kamu baru bisa mencairkan dananya apabila memiliki nominal minimal USD 100. Hasil tersebut bisa dikirimkan pada akun PayPal, Skrill atau Payoneer tergantung pilihan kontributor.

Potensi Dreamstime

Platform jual foto ini memiliki potensi yang besar bagi fotografer atau editor gambar yang bekerja secara independen dan atau hanya sebagai hobi. Melalui platform ini kita dapat memasarkan karya dan menghasilkan uang tambahan melalui hobi yang kemungkinan tidak disangka bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan. Tidak hanya itu apabila karya foto atau gambar kamu bagus bukan tidak mungkin jika ada agensi media dari luar negeri yang menawarkan kerjasama. Daripada hanya menyimpan foto atau memamerkannya tanpa tujuan di media sosial, lebih baik menjual foto melalui berbagai aplikasi.

Dengan cara ini foto-foto yang tadi hanya tersimpan di galeri bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Tidak hanya menawarkan sebuah keuntungan materi saja namun, aplikasi ini juga memiliki beberapa komunitas aktif sebagai sarana untuk diskusi tentang foto yang paling laku. Selain itu komunitas ini juga bisa digunakan untuk bertukar tips supaya hasil jepretan terlihat lebih bagus lagi. Sehingga foto yang kamu jual menjadi lebih laku keras dan penghasilan menjadi semakin banyak.

Nah, itu dia ulasan tentang cara jual foto di Dreamstime secara online. Kamu bisa mendapat keuntungan lebih apabila menggunakan platform ini untuk menyalurkan hobi. Sebelum menjual foto pastikan sudah mengikuti syarat yang menjadi ketentuan supaya foto bisa lolos seleksi. Pastikan mengikuti langkahnya dengan benar supaya bisa berhasil menjual foto.

Unduh aplikasinya dari Google Playstore, Klik Disini.