cara cek registrasi telkomsel

Inilah Cara Cek Registrasi Telkomsel Paling Praktis

Adanya kebijakan dari pemerintah untuk melakukan registrasi nomor telepon membuat pengguna operator seluler perlu lebih cermat lagi. Jika sebelumnya nomor hangus bisa langsung diganti dengan yang baru, kini pengguna harus lebih cermat. Pastikan identitas masih bisa digunakan untuk registrasi dalam cara cek registrasi Telkomsel yang akan dibahas di bawah.

Umumnya, untuk setiap 1 operator seluler pengguna hanya bisa mendaftarkan dengan identitas yang sama untuk 3 nomor saja. Tidak jarang saat ingin mengganti kartu, pengguna justru lupa apakah kartunya sudah teregistrasi atas namanya atau bukan. Ketahui bagaimana cara cek registrasi Telkomsel selengkapnya berikut ini:

Cek dengan Koneksi Internet

Khususnya operator seluler Telkomsel, menyediakan pilihan cara untuk pengecekan yang cukup beragam. Pengguna bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan koneksi internet maupun tidak. Untuk pemeriksaan dengan koneksi internet, caranya adalah dengan mengakses situs resmi Telkomsel. Adapun sebagai berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan nomor Telkomsel yang akan diperiksa. Pastikan untuk menyiapkannya agar bisa disalin atau diketik langsung untuk mencari keterangan registrasi nomor.
  • Jika sudah, buka browser. Langkah ini boleh dilakukan menggunakan perangkat lain yang tidak menggunakan operator seluler Telkomsel.
  • Tuliskan alamat situs cek registrasi nomor Telkomsel di kolom pencarian situs dengan https”//telkomsel.com/cek-prepaid.
  • Halaman situs tersebut memang secara khusus disediakan untuk memeriksa informasi registrasi nomor Telkomsel.
  • Usai halaman berhasil dimuat, masukkan nomor telepon Telkomsel yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Periksa dan dapatkan hasilnya dalam waktu singkat.
Baca Juga »  Pengertian Power Supply, Jenis, Cara Kerja dan Fungsinya

Cek tanpa Koneksi Internet

Untuk pengguna tanpa koneksi internet bisa menggunakan cara cek registrasi Telkomsel via SMS dan kode UMB. Cara ini lebih fleksibel dan dapat dilakukan dengan berbagai perangkat, mulai dari ponsel spek rendah atau tinggi sekalipun. Apalagi jika pengguna tidak memiliki koneksi internet yang stabil, sebaiknya simak cara periksa registrasi tanpa internet berikut ini:

1. Dengan Kode UMB

Seperti yang dikatakan di atas, cara cek registrasi nomor Telkomsel dengan kode UMB memang lebih mudah, efisien, dan tidak rentan error. Namun, sebelum melakukan cara cek ini, pengguna tetap harus menyiapkan beberapa hal seperti nomor telepon Telkomsel yang digunakan dan nomor induk sebagai bukti identitas. Adapun langkah-langkah cara ceknya sebagai berikut:

  • Buka menu dial up atau tombol panggilan di hp.
  • Kemudian, tuliskan *4444# dan tekan OK atau Panggil.
  • Ada banyak pilihan layanan yang tersedia dengan kode UMB ini. Pilihlah opsi cek registrasi.
  • Kemudian, pengguna akan diminta untuk memasukkan data-data seperti nomor Telkomsel yang akan dicek serta nomor induk KTP pengguna.
  • Tunggu proses memuat beberapa saat dan pembaca akan mendapatkan informasi bergabung yang lengkap dengan keterangan waktu saat registrasi.
Baca Juga »  16 Aplikasi Meeting Online Gratis, Saatnya Work From Home!

2. Dengan SMS

Cara cek registrasi Telkomsel tanpa internet ialah dengan mengirimkan pesan. Pada tahun 2017 lalu, Kominfo sudah mengatakan akan menindak tegas operator seluler yang belum menyediakan fitur cek registrasi. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi penyalahgunaan nomor induk.  Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Awali dengan masuk ke menu pesan teks.
  • Tuliskan nomor 4444 sebagai nomor penerima.
  • Selanjutnya tuliskan pesan dengan format sebagai berikut: INFO#NIK.
  • Jika sudah, kirimkan pesan yang sudah dituliskan.
  • Pengguna akan mendapatkan SMS balasan berupa informasi registrasi nomor Telkomsel.

Cara di atas terbilang sangat mudah, bukan? Gunakan cara cek registrasi Telkomsel manapun yang sesuai dengan pilihan pengguna. Jangan lupakan untuk menon-aktifkan registrasi apabila sudah mencapai jumlah limit dan ingin ganti nomor baru.

Baca Juga »  7 Fitur Airpods Pro, Hadir Lebih Canggih dari Versi Sebelumnya! Penasaran Apa Saja_

Leave a Reply

Your email address will not be published.