Inilah Cara Buka Usaha JNE dengan Proses yang Mudah

Inilah Cara Buka Usaha JNE dengan Proses yang Mudah

JNE adalah salah satu golongan usaha jasa pengiriman yang saat ini semakin banyak dimanfaatkan. Hal ini dikarenakan jumlah belanja online yang semakin hari terus bertambah. Dengan adanya fakta ini, maka bisa dipastikan jika membuka usaha JNE akan mendatangkan banyak keuntungan. Cara buka usaha JNE sendiri memiliki serangkaian proses yang sistematis.

Dengan mengikuti segala rangkaian yang ada, maka proses pembukaan usaha agen JNE bisa dilakukan secara menyeluruh. Setiap komponen syaratnya juga harus dipenuhi dengan baik agar prosesnya tidak terlalu lama. Untuk mengetahui detail cara membuka usaha ini, maka simak rangkumannya di bawah ini:

1. Siapkan Komponen Syarat Mendasar

Untuk membuka usaha JNE, langkah paling awal yang harus dipersiapkan adalah melengkapi komponen mendasar yang dibutuhkan. Lokasi yang akan dipakai adalah komponen utama yang harus ada. Pastikan sudah menyediakan tempat strategis untuk membuka usaha ini. Nantinya, lokasi ini akan dijadikan alamat utama usaha JNE yang dijalankan.

Baca Juga »  Cara Membuat Analisa Swot Bisnis Beserta Pengertian Dan Manfaatnya

Selain tempat, persiapkan juga karyawan atau sumber daya manusia yang akan menjalankan usaha. Jika akan dijalankan sendiri tanpa tambahan karyawan, maka tidak perlu mempersiapkannya. Namun untuk komponen pendukung seperti komputer, internet, meja, timbangan, dan komponen mendetail lainnya harus tetap dipersiapkan.

2. Siapkan Berkas Administrasi

Kemudian, pastikan juga untuk menyiapkan berkas administrasi yang dibutuhkan. Untuk komponen berkas ini, ada banyak lampiran yang harus dikumpulkan. Komponen yang paling mendasar adalah kelengkapan data diri. Pastikan untuk membuat salinan KTP, KK, NPWP, surat izin usaha, dan berbagai komponen mendetail lainnya.

Selain itu, siapkan juga pas foto yang akan dilampirkan. Bukti pembayaran pajak juga harus diserahkan secara mendetail. Pemohon juga wajib menyiapkan rekening koran yang menerangkan transaksi tiga bulan ke belakang. Semua komponen ini penting untuk diserahkan kepada pihak JNE sebagai kelengkapan syarat yang ada.

3. Datangi Kantor Cabang

Jika semua komponen syarat di atas sudah dipenuhi, maka cara buka usaha JNE bisa dilanjutkan dengan mendatangi kantor cabang JNE yang paling dekat dengan domisili. Kantor cabang JNE ini tentunya sudah tersebar di berbagai wilayah. Maka dari itu, pemohon akan menemukan kantor ini dengan mudah.

Baca Juga »  Tips Sukses Memulai Usaha Wedding Organiser yang Perlu Diketahui

Saat mendatangi kantor cabang, pastikan untuk menyerahkan semua dokumen dan berkas yang sudah disiapkan. Jika ada syarat yang kurang, maka segera lengkapi. Pastikan juga untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran yang diberikan petugas. Apabila ada yang tidak dipahami, segera bertanya agar tidak ada kesalahan.

4. Tunggu Proses Verifikasi

Kemudian, proses verifikasi akan dilakukan oleh pihak JNE. Proses ini akan dilakukan secara menyeluruh ke berkas administrasi dan lokasi. Nantinya, pihak JNE akan melakukan pengecekan lokasi secara langsung. Jika ternyata ada beberapa aspek yang kurang memadai, maka prosesnya juga akan terhambat.

5. Lakukan Pembayaran dan Akumulasi Target

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menyelesaikan proses pembayaran. Komponen langkah ini bisa dilakukan jika permohonan menjadi agen JNE sudah disetujui. Setiap wilayah dan cabang JNE sudah menetapkan biaya masing-masing. Pastikan untuk melakukan pembayaran yang sesuai agar prosesnya bisa segera selesai.

Baca Juga »  Memulai Usaha Kargo Tanpa Modal di Multi Kurir

Selain proses pembayaran, akumulasi target juga harus dilakukan di langkah akhir ini. Pihak JNE sudah memberikan rincian target yang bisa dipilih sesuai dengan grade-nya. Sebagai permulaan, pastikan untuk memilih grade yang paling kecil dengan minimal penjualan yang kecil pula. Nantinya, grade ini terus naik sesuai dengan hasil penjualan yang didapat.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara buka usaha JNE hingga prosesnya selesai. Agar tidak menemukan hambatan di setiap langkahnya, maka pastikan untuk memahami detailnya tanpa ada yang terlewat. Dengan mengikutinya secara menyeluruh, maka pembukaan usaha ini juga bisa dilakukan dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.