Inilah 10 Cara Mudah untuk Membuat Nada Dering WhatsApp Menggunakan Sound Of Text

Inilah 10 Cara Mudah untuk Membuat Nada Dering WhatsApp Menggunakan Sound Of Text
Inilah 10 Cara Mudah untuk Membuat Nada Dering WhatsApp Menggunakan Sound Of Text ( detik.com )

Whatsapp, sebagai salah satu aplikasi chatting yang paling diminati saat ini, memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks, melakukan panggilan, berbagi gambar, video dan bahkan dokumen.

Dengan jumlah pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia, whatsapp telah menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi dengan teman, keluarga dan rekan kerja.

Ketika kita berbicara tentang whatsapp, memiliki nada dering notifikasi yang unik dan keren telah menjadi sesuatu yang penting untuk dicoba, terutama bagi mereka yang mengandalkan whatsapp untuk berkomunikasi secara online setiap hari.

Meskipun whatsapp telah menyediakan beberapa nada dering default, seringkali mereka terasa monoton dan membosankan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian pengguna lebih suka membuat nada dering mereka sendiri.

Namun, pernahkah anda mencoba membuat nada dering sendiri? Jika belum, anda dapat mencobanya dengan mengubah teks menjadi suara menggunakan layanan sound of text.

Apa itu sound of text dan bagaimana cara membuat nada dering whatsapp melalui layanan ini? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak pembahasannya di bawah ini!

Apa itu Sound of Text?

Sound of text adalah platform yang menyediakan layanan untuk mengubah teks menjadi suara atau audio. Dengan menggunakan platform ini, pengguna dapat menghasilkan audio dari teks dalam berbagai bahasa.

Seperti kebanyakan platform konversi suara, pengguna dapat mengetik teks atau kalimat di antarmuka sound of text dan platform ini akan mengubahnya menjadi file suara yang dapat didengar dan diunduh.

Salah satu fitur menarik dari sound of text adalah pilihan beragam suara dan aksen bahasa yang dapat dipilih sesuai keinginan pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur kecepatan dan intonasi suara yang dihasilkan sesuai preferensi mereka. Layanan ini sering digunakan dalam berbagai konteks, seperti pembuatan materi pembelajaran, proyek audio dalam aplikasi, penggunaan sebagai nada dering notifikasi di aplikasi whatsapp dan berbagai keperluan lainnya.

Cara Membuat Nada Dering WA Pakai Sound Of Text

Langkah 1: Pertama-tama, buka situs soundoftext.com melalui peramban (browser) yang anda gunakan. Setelah itu, pada kolom “Teks,” silakan masukkan kata-kata atau kalimat yang ingin anda jadikan nada dering whatsapp.

Contoh: “Halo, ada pesan masuk nih.”

Langkah 2: Selanjutnya, pada bagian “Suara,” anda dapat memilih bahasa yang ingin digunakan. Misalnya, jika anda ingin menggunakan bahasa indonesia, pilih opsi “Indonesian.” Jika ingin menggunakan bahasa inggris, pilih “English” dari daftar pilihan suara.

Langkah 3: Setelah pengaturan selesai, klik tombol “Kirim” untuk memulai proses konversi teks menjadi suara. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Jika berhasil, hasilnya akan muncul secara otomatis di bawah.

Langkah 4: Di bagian ini, anda bisa klik tombol “Putar” untuk mendengarkan suara yang telah dihasilkan terlebih dahulu. Selanjutnya, klik tombol “Unduh” untuk menyimpannya ke dalam memori internal perangkat anda.

Selain menggunakan situs sound of text, anda juga dapat mencoba situs lain yang memiliki fitur serupa untuk mengubah teks menjadi suara. Saat ini, banyak situs yang menyediakan fitur dan layanan canggih untuk membuat teks menjadi suara yang dapat digunakan sebagai nada dering whatsapp anda.

Bahkan, dengan menggunakan google translate, anda juga dapat membuat suara yang mirip dengan yang dapat ditemukan di situs sound of text dan mengunduhnya.

Cara mengubah Nada Dering default WhatsApp

Setelah anda berhasil membuat nada dering menggunakan layanan sound of text dan menyimpannya di memori penyimpanan, langkah selanjutnya adalah mengganti nada dering bawaan whatsapp.

Meskipun ini merupakan tindakan yang cukup sederhana, anda dapat melakukan perubahan ini secara langsung melalui menu pengaturan di aplikasi whatsapp. Namun, jika anda mengalami kesulitan atau kebingungan dalam proses ini, anda dapat mengikuti panduan langkah-langkah berikut.

1. Memastikan file unduhan

Setelah proses mengunduh file mp3 dari situs sound of text selesai, langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah file tersebut telah disimpan dengan benar di penyimpanan internal hp anda.

Hal ini penting karena dalam beberapa situasi, file yang diunduh mungkin tidak dapat digunakan. Seringkali hal ini terjadi ketika proses pengunduhan mengalami kendala, seperti koneksi internet yang lambat atau kerusakan pada file mp3 tersebut.

Biasanya, file yang telah diunduh akan disimpan dalam folder “Download” atau “Unduhan”. Setelah itu, anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Salin file nada dering

  1. Langkah pertama adalah membuka aplikasi file manager pada perangkat android anda.
  2. Selanjutnya, akses penyimpanan internal dan cari folder download.
  3. Setelah menemukannya, tahan file mp3 yang ingin digunakan.
  4. Pilih opsi salin.
  5. Sekarang, carilah direktori ringtones dalam penyimpanan internal perangkat anda.
  6. Setelah menemukannya, tempelkan file mp3 yang telah anda salin ke dalam folder tersebut.
  7. Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya untuk mengganti nada dering di aplikasi whatsapp melalui menu pengaturan.

Catatan: Jika anda tidak menemukan folder ringtones di penyimpanan internal, anda dapat membuatnya secara manual terlebih dahulu, lalu tempelkan file tersebut ke dalam folder yang telah anda buat.

3. Atur di aplikasi WhatsApp

  1. Buka whatsapp di ponsel anda.
  2. Di layar utama obrolan whatsapp, ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas.
  3. Pilih pengaturan, lalu ketuk notifikasi.
  4. Di bagian “Pesan,” ketuk pemberitahuan suara. Anda akan melihat daftar nada dering yang tersedia di ponsel anda di bawah opsi “Kustom.”
  5. Temukan dan pilih nada dering yang telah anda unduh sebelumnya. Setelah itu, ketuk Kembali untuk menyimpan perubahan.
  6. Selesai.

Jika anda ingin mengubah nada dering notifikasi untuk panggilan atau grup, cukup pilih nada Notifikasi di bagian “Grup” atau “Panggilan.”

Rekomendasi situs download nada dering WA

Apabila anda tidak puas dengan nada yang disediakan oleh layanan tersebut, anda dapat mengunduhnya dari sumber alternatif. Kami ingin memberikan rekomendasi situs-situs yang menyediakan beragam nada dering wa secara gratis sesuai preferensi anda:

  • Zedge
  • Mob.org
  • Notification Sounds
  • ToneTweet

Penutup

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat nada dering pribadi menggunakan sound of text. Dengan menggunakan layanan ini, anda dapat mengubah nada notifikasi default whatsapp agar terasa lebih beragam dan menyenangkan.

Jika anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin anda sampaikan, jangan ragu untuk menuliskannya di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apakah penggunaan Sound of Text gratis? Tentu saja, tidak ada biaya yang dikenakan kepada pengguna untuk menggunakan layanan ini.

Apakah ada alternatif lain yang menyediakan layanan serupa dengan Sound of Text? Tentu saja, ada banyak situs lain yang menawarkan layanan tts (Text to speech) gratis, seperti google translate, google cloud text to speech, botika text to speech, free tts dan masih banyak lagi.

Apa saja format audio yang dapat digunakan untuk nada dering WhatsApp? Ada berbagai jenis format audio yang dapat digunakan untuk nada dering whatsapp. Salah satu format yang paling umum digunakan adalah mp3. Jika anda memiliki format lain, anda dapat mengonversinya terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *