Simak Tips Cara Memilih Broker Forex yang Tepat

Ini Jenis Bank Di Indonesia Yang Perlu Anda Ketahui

Bank menjadi lembaga yang tidak asing untuk banyak orang. Apalagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan bank untuk berbagai macam kegiatan transaksi. Ada beberapa jenis bank di Indonesia yang beraktivitas. Anda dapat kenali dari beberapa kelompok pembagian ini.

Ini Jenis Bank Di Indonesia Yang Perlu Anda Ketahui

Ini Jenis Bank Di Indonesia

Bank berdasarkan fungsinya

Jenis pertama dalam bank yang beroperasi di Indonesia dibagi kembali dalam kelompok berdasarkan fungsinya. Ada beberapa bank yang dikenal dari fungsinya sendiri. Yang pertama adalah Bank Sentral.  Bank ini adalah jenis yang paling banyak dikenal.

Dalam tanggung jawabnya, jenis bank di Indonesia ini mempunyai peran atas stabilitas harga juga nilai mata uang negara. Selain itu, kegiatan yang dilakukan oleh bank lain juga diawasi Bank Sentral.  Ada juga Bank umum yang digunakan untuk menabung dan lainnya.

Bank ini mempunyai peran dalam kegiatan usaha untuk lalu lintas pembayaran. Kemudian, ada BPR, yaitu bank untuk kredit.  Tidak ada simpanan uang dalam bentuk giro atau juga kegiatan valas hingga asuransi.

Baca Juga »  Yuk, Cari Tahu Beberapa Fungsi Bank Umum

Berdasarkan operasionalnya

Jenis bank di Indonesia lainnya adalah pembagian dari operasionalnya sendiri. Ada beberapa jenis lainnya dalam pembagian ini.  Ada bank konvensional dan juga bank syariah. Bank konvensional adalah jenis bank yang menjalankan kegiatan secara konvensional.

Maksudnya adalah semua penetapan harga menyesuaikan dengan suku bunga dari Bank Indonesia. Berbeda dengan bank syariah.  Bank ini justru menjalankan usaha atau transaksi dengan berbagai prinsip syariah sesuai dengan agama Islam.

Untuk contoh dari Bank konvensional sendiri ada di Bank Mandiri atau juga BRI. Lalu, untuk jenis bank di Indonesia syariah adalah Bank Syariah Indonesia. Contoh Bank ini dikenali banyak orang dan Anda dapat langsung merasakan perbedaannya.

Berdasarkan kepemilikannya

Baca Juga »  Cara Cek Hutang Lewat KTP Online Yang Perlu Diketahui

Anda juga dapat mengenal jenis lainnya dengan melihat dari kepemilikannya sendiri. Dalam bagian ini, ada bank pemerintah kemudian bank swasta nasional. Untuk jenis terakhir dalam pembagian ini ada pada bank asing dan campuran.  Pembagian ini tidak sulit untuk dikenali.

Jenis bank di Indonesia yang menjadi milik pemerintah adalah Bank BUMN.  Mengapa begitu?  Tentu karena semua kepemilikannya ada di pemerintah. Tidak hanya pemerintah pusat saja, ada juga pemerintah daerah seperti Bank NTB.  Untuk pemerintah pusat juga ada.

Dalam jenis bank swasta nasional sendiri ada BCA yang digunakan hampir semua orang.  Besar kepemilikannya dari pengusaha asal Indonesia atau pihak swasta. Jadi, disebut sebagai Bank swasta nasional. Ada juga bank asing yang dimiliki oleh pihak asing.

Contoh jelas dari bank asing dalam jenis bank di Indonesia ini adalah HSBC. Ada juga Bank of America. Jadi, bank asing juga dapat dikenali dengan pengertian cabang di negara lain yang bukan asalnya. Lalu, bank campuran yang didirikan Indonesia dan luar negeri.

Baca Juga »  Ini Manfaat Bank Syariah Untuk Anda Gunakan

Berdasarkan status

Pembagian lainnya ada pada statusnya yaitu Bank devisa dan non devisa. Jenis bank devisa sendiri dapat melakukan transaksi luar negeri atau berhubungan dengan mata uang asing. Ada juga produk unggulan layaknya tabungan valuta asing.  Contohnya adalah Bank Ganesha.

Untuk jenis bank di Indonesia non devisa sendiri ada di Bank Yudha Bakti.  Jadi, Bank dapat melakukan transaksi luar negeri. Namun hanya pada beberapa wilayah di negara tertentu juga.

Ini beberapa jenis bank di Indonesia yang perlu Anda kenali untuk kemudahan sendiri. Tidak perlu merasa bingung dengan mengenali jenis yang ada. Anda dapat melakukan transaksi dengan mudah dari jenis sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.