Ini Dia 5 Jenis Saham untuk Pemula Dijamin Menguntungkan (pixabay.com)
Ini Dia 5 Jenis Saham untuk Pemula Dijamin Menguntungkan (pixabay.com)

Ini Dia 5 Jenis Saham untuk Pemula Dijamin Menguntungkan

Saat ini perbincangan mengenai saham semakin marak di kalangan pebisnis, baik untuk mereka yang pemula atau sudah berpengalaman. Rata-rata orang akan membahas mengenai investasi, atau jenis saham. Mungkin jika kamu lihat di luar sana, sudah pasti akan ada banyak jenis saham untuk pemula. Karena memang tidak semua orang paham apa itu saham, apa saja jenisnya. Sehingga mereka sangat penting untuk menyimak pembahasan ini, supaya kedepannya nanti tahu ada jenis saham apa saja untuk pemula. Bahkan jika kamu akan berinvestasi, maka pastikan pilihanmu tersebut sudah tepat.

Namun sebelum kamu akan berinvestasi saham, maka kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya yang sudah beredar di kalangan bursa. Karena pilihan saham tersebut juga akan berpengaruh, dengan keuntungan serta kerugian yang kamu dapatkan nanti. Sedangkan jika kamu lihat pasti ada banyak jenis saham, yang dimana dapat kamu sesuaikan dengan target finansial di masa depan. Bahkan beberapa saham juga mempunyai sifat spekulatif, sehingga kamu memerlukan strategi khusus untuk mendapatkan sebuah keuntungan.

Baca Juga »  Dapatkan Keuntungan dengan 3 Jenis Investasi Jangka Panjang Berikut

Jenis Saham untuk Pemula, Ada Apa Saja?

Karena ada beberapa jenis saham berbeda, berikut ini kita akan memberikan penjelasan lengkapnya. Kamu yang penasaran dengan pembahasan ini, silahkan menyimak rangkuman di bawah dengan baik dan seksama.

1. Saham Blue Chip Stock

Jenis saham ini banyak diburu oleh investor, karena memang saham ini dikeluarkan oleh perusahaan dengan reputasi tinggi. Hal tersebut karena perusahaan tersebut mempunyai produk yang berkualitas, penghasilan yang stabil, serta selalu konsisten saat membayar dividen. Perusahaan yang masuk ke daftar saham tersebut, juga tidak mudah bangkrut atau goyah meskipun keadaannya sedang krisis. Alasan lain mengapa banyak investor pemula yang tertarik dengan saham ini, hal tersebut karena mereka mempunyai nilai kapitalisasi di atas Rp 10 triliun.

2. Saham Income Stocks

Salah satu jenis saham unggulan, karena mereka selalu membayarkan dividen lebih besar dari rata-rata dividen yang dibayarkan sebelumnya. Namun untuk besaran dividen yang kamu terima, juga akan sebanding dengan risiko yang dimiliki nanti. Untuk kamu investor pemula yang tertarik dengan jenis saham ini, maka silahkan pertimbangkan dengan baik-baik. Namun perlu kamu tahu untuk ikut jenis saham ini, maka kamu juga membutuhkan strategi khusus dan lebih jeli supaya mendapatkan keuntungan.

Baca Juga »  Aplikasi Saham OJK Jadi Pilihan Paling Aman dan Terpercaya

3. Saham Growth Stocks

Jenis saham yang berasal dari perusahaan dengan pemasukan tinggi, namun mereka tidak selalu menjadi nomor 1 di bidangnya. Bahkan jenis saham ini dibedakan menjadi 2 kategori berbeda, yaitu lesser known and well known. Untuk lesser known adalah saham growth yang berasal dari perusahaan kurang populer, sedangkan well known berasal dari perusahaan petinggi suatu industri.

4. Saham Speculative Stocks

Menjadi saham yang akan menawarkan keuntungan tinggi ke kamu, namun sayangnya hanya perusahaan yang memberikan laba secara konsisten saja yang masuk ke kategori ini. Jenis saham ini sangat cocok untuk investor agresif, dan sangat menyukai instrumen investasi berisiko tinggi. Biasanya perusahaan yang masuk ke kategori saham ini adalah menyangkut di bidang bioteknologi, energi, atau pertambangan.

Baca Juga »  Jenis Investasi Jangka Pendek yang Cepat Menghasilkan Keuntungan

5. Saham Counter Cyclical Stocks

Salah satu jenis saham yang sangat rentan terpengaruh kondisi ekonomi, dimana jenis ini masuk ke kategori paling stabil meskipun ekonominya sedang fluktuatif. Meskipun nanti akan terjadi resesi, perusahaan yang masuk ke jenis saham ini akan tetap bertahan serta menguntungkan. Alhasil dividen yang dibagikan nanti, akan mempunyai besaran yang memuaskan dan sangat cocok untuk pemula.

Penasaran dengan jenis saham untuk pemula? Coba baca artikel di atas untuk jawabannya, semoga informasinya memuaskan dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.