Ide Jualan Kopi Keliling Pakai Motor Ini Bisa Dicoba!

Ide Jualan Kopi Keliling Pakai Motor Ini Bisa Dicoba!

Bisnis kopi keliling kini menjadi tren baru di kalangan pebisnis kuliner terutama kedai kopi. Apabila dulu sering kita mendengar istilah Starling alias Starbucks Keliling yang merupakan pedagang asongan kopi sachet keliling yang berjualan berkeliling di area taman kota. Kini, Starling benar-benar dapat diwujudkan melalui ide jualan kopi keliling pakai motor. Berikut beberapa ide berjualan kopi keliling menggunakan motor:

1. Konsep Open Bar Menjadi Daya Tarik Tersendiri

Konsep open bar adalah bar terbuka yang menampilkan cara pembuatan kopi langsung di depan pelanggan. Biasanya hal semacam ini dilakukan oleh para pedagang kaki lima untuk memberikan kesan segar di mata pelanggan. Selain itu, proses barista meracik kopi ini juga bisa menjadi cara pemasaran kedai kopi dengan mengajak pelanggan untuk meracik kopinya sendiri di bar.

2. Tentukan Spot Yang Berbeda Setiap Harinya

Berikutnya, ide jualan kopi keliling pakai motor akan sangat menarik apabila lokasi penjualan berbeda setiap harinya. Hal ini untuk meningkatkan brand awareness dan membuat kopi Starling ini menjadi viral karena lokasinya yang berpindah-pindah. Maka, tentukan jadwal setiap harinya seperti hari biasa di sekitar perkantoran dan sekolah dan di akhir pekan bisa berjualan di area taman kota.

Baca Juga »  Mengenal Peluang dan Resiko Usaha Rongsokan yang Wajib Diketahui

Pemilihan lokasi ini juga dapat dipadukan dengan menu spesial yang akan dijual di tempat itu. Bila sedang berjualan di area taman bermain, sebaiknya menjual menu es kopi yang menarik minat anak-anak untuk membeli. Sedangkan bila berjualan di sekitar area pelayanan umum lebih baik menjual menu klasik seperti kopi panas dengan varian kopi dampit, robusta, gayo, dsb.

3. Ciptakan Menu Andalan

Hal yang menarik dari berjualan kopi berkeliling adalah pelanggan akan rela datang dimanapun lokasinya apabila memiliki citarasa yang khas dari menu andalan. Maka, penting untuk menciptakan menu spesial. Misalnya, es kopi gula aren dengan whipcream bisa juga es kopi sachet diberi susu sapi yang diberi topping boba.

Baca Juga »  Lima Tips Bisnis Ikan Laut Beku yang Wajib Diketahui Pemula

Menu andalan ini biasanya akan menjadi daya tarik bila dipadukan dengan pemilihan lokasi yang tepat. Seperti menu kopi panas dengan roti disajikan saat berjualan di pagi hari di area perkantoran. Kemudian, menu es kopi susu dijual pada siang hari terik di area sekolah dan kampus.

4. Gunakan Motor Roda Tiga

Berjualan kopi keliling rasanya tak mudah untuk membawa semua peralatan dan bahan dengan motor. Maka, sangat disarankan untuk menggunakan motor roda tiga karena dapat memuat banyak barang. Apabila tidak memiliki motor roda tiga bisa juga memodifikasi motor yang dilengkapi dengan gerobak.

5. Kopi Keliling Dengan Ciri Khas

Kopi keliling akan dicari karena dua hal. Pertama karena memang kebutuhan minum kopi. Kedua karena memiliki ciri khas seperti kopi yang diseduh dengan arang. Agar kopi keliling memiliki citra yang baik dan mampu menjangkau semua kalangan berikan produk.

Baca Juga »  Bagaimana Cara Mendapatkan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi

Dengan layanan yang spesial seperti modifikasi menu kopi sachet, memberikan minuman kopi lokal dengan harga yang terjangkau, serta dengan layanan yang baik. Layanan ini bisa dimulai dari kebersihan tempat, ketersediaan kursi, dan tambahan kudapan untuk teman minum kopi.

Itulah beberapa ide  jualan kopi keliling pakai motor, sehingga sekarang tidak akan kekurangan ide lagi. Dalam prakteknya, pengusaha kopi keliling harus menghadirkan inovasi setiap saat seperti menu baru dan paket bundling. Sebagai seorang penjual keliling haruslah disertai dengan keuletan dalam proses penjualannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.