Hosting Domain Website yang Perlu Anda Ketahui (toffeedev.com)
Hosting Domain Website yang Perlu Anda Ketahui (toffeedev.com)

Hosting Domain Website yang Perlu Anda Ketahui

Hosting domain website memiliki peran cukup penting. Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dan menciptakan teknologi-teknologi baru. Hal ini yang dapat memudahkan segala urusan, salah satunya yakni komputer dan internet. Dengan adanya komputer dan internet, menghadirkan berbagai platform-platform yang dapat digunakan. Baik untuk melakukan kegiatan promosi hingga menyampaikan informasi.

Salah satunya yakni dengan kehadiran website. Situs website menjadi tempat menyimpan berbagai bentuk data informasi, biasanya berupa gambar atau file lainnya. Bagi pelaku bisnis, website dapat digunakan sebagai media promosi untuk produk maupun jasa yang dimiliki. Tentunya untuk menarik pelanggan yang berkunjung ke website bisnis, sebagai pemilik website harus dapat menampilkan desain website terbaik.

Saat membicarakan mengenai website tentunya tidak lepas dari istilah domain dan hosting. Keduanya berperan penting untuk membuat sebuah halaman di internet. Hal ini agar dapat ditemukan oleh pengguna dan berjalan dengan baik. Meski sering digunakan bersamaan, kedua halnya sebenarnya sangat berbeda.

Secara eksistensi dan fungsinya, domain dan hosting saling terkait satu dengan lainnya. Namun, masing-masing dari keduanya berperan sebagai identitas dan server untuk sebuah website. Oleh karena itu, perlu memahami domain dan hosting terlebih dahulu.

Pengertian Hosting Domain Website

Bagi Anda yang sudah tidak asing dengan dunia pembuatan dan pengembangan website. Tentu saja sudah tak asing lagi dengan adanya istilah domain dan hosting. Kedua istilah tersebut memiliki pengertian yang cukup berbeda. Meski selama ini mayoritas masyarakat khususnya yang masih awam menganggap bahwa kedua hal tersebut adalah sama.

Domain

Ada banyak istilah asing dalam dunia maya yang mungkin Anda jumpai. Salah satunya yakni terdapat istilah domain. Domain menjadi satu aspek yang tidak dapat dipisahkan, apabila Anda mencoba membuat website. Sebagian orang hanya menggunakan istilah domain tanpa memahami pengertian dari domain tersebut. Domain adalah alamat URL sebuah website yang dituliskan oleh pengguna internet biasanya saat akan mengunjungi situs tertentu.

Baca Juga »  Perbedaan Hosting dan Cloud yang Wajib untuk Anda Ketahui dan Pahami

Pada umumnya, alamat domain sebuah website dengan awalan “www” dan akan berakhir dengan “.com” atau “.id”. Domain memiliki subdomain untuk menunjukkan alamat website secara spesifik. Pada dunia internet, domain berfungsi untuk dapat memudahkan pengunjung internet sehingga dapat masuk ke berbagai situs website. Tentunya tanpa perlu mengetikkan alamat IP.

Perbedaan domain dan subdomain yang paling mendasar yakni domain dapat berdiri sendiri.  Sementara subdomain tidak dapat berdiri sendiri dan membutuhkan domain. Selain itu, ada perbedaan lainnya yakni untuk berlangganan sebuah domain website, biasanya Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu. Namun untuk subdomain dapat Anda peroleh secara gratis tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Hosting

Selain domain, hosting juga menjadi hal wajib yang perlu Anda perhitungkan saat akan membangun website. Hal ini karena sesungguhnya hosting adalah sebuah server yang dikelola melalui cloud dan internet. Untuk menyimpan semua data dan juga file penting yang dimiliki website. Namun perlu Anda ketahui bahwa server hosting tidak dapat berdiri dan bekerja sendiri. Umumnya sebuah server website dikelola melalui data center.

Pada data center tersebut tidak hanya menyimpan file dan data dari satu website, namun ada banyak website lainnya. Dengan kerumitan pada data center tersebut, maka Anda perlu menghindari kesalahan saat memilih hosting. Hal ini agar tidak mengganggu kelangsungan website ke depannya. Apabila ingin melakukan hosting website, maka Anda perlu menyiapkan sejumlah biaya.

Hosting memang suatu server yang memiliki teknologi terbaik. Anda dapat memperoleh hosting dengan cara menghubungi para penyedia jasa layanan hosting. Saat ini ada beberapa jenis layanan hosting di pasaran. Misalnya seperti Colocation Server, VPS (Virtual Private Server), Shared Hosting hingga Dedicated Hosting.

Baca Juga »  Mudah! Begini Cara Menghubungkan Domain ke Hosting RumahWeb!

Biasanya untuk website standar lebih identik dengan Shared Hosting. Namun, Anda tetap dapat memilih jenis hosting domain yang sesuai dengan kebutuhan website. Hosting tidak hanya digunakan dalam pembuatan website. Namun ada hal lain yang dapat Anda lakukan dengan hosting seperti membuat toko online, meningkatkan kinerja website, dan membuat email profesional.

Mengingat pentingnya hosting sebagai salah satu aspek penting dalam pembuatan website, sebaiknya tidak asal dalam memilih hosting. Hosting terbaik perlu memenuhi kriteria 3S yakni Speed, Support, dan Security. Kriteria Speed yang berkaitan dengan jenis server, teknologi yang digunakan oleh server, penggunaan sistem operasi hingga media penyimpanannya.

Kriteria Support yang berkaitan dengan layanan dari penyedia jasa cloud untuk kliennya. Hal ini termasuk dengan Customer Support 24 jam hingga cara  berkomunikasi. Sementara Kriteria Security yang berkaitan dengan fitur-fitur keamanan yang dimiliki termasuk back up data dan yang lainnya.

Peran Hosting Domain pada Website

Saat ini Anda dapat memahami perbedaan domain dan hosting, kedua elemen tersebut yang saling terkait. Untuk membuat sebuah halaman yang dapat dikenali, diakses, dioperasikan, dan digunakan secara lebih meluas. Adanya domain akan membantu penggunanya dengan mudah mengingat atau menemukan sebuah website. Tanpa adanya domain, pengunjung website akan merasa kesulitan untuk masuk ke website tersebut. Hal ini karena harus menghafalkan alamat IP dari website tersebut.

Namun sebaliknya, hosting akan memberikan pelayanan pada pemilik website untuk mengunggah sumber daya. Misalnya seperti file, gambar, video, dan aset desain dalam mengelola website. Tanpa adanya hosting, Anda akan kesulitan untuk menyimpan banyak data dan file penting. Tentu saja domain dan hosting sama-sama memegang peranan penting dalam membangun website.

Baca Juga »  Cara Beli Hosting di Rumahweb, Ikuti Langkah Mudah Berikut Ini

Layaknya seperti hubungan sebuah papan nama dan toko. Pada papan nama yang berfungsi untuk mengidentifikasi toko tersebut. Sementara toko berfungsi untuk menyimpan barang yang Anda jual. Begitu pula dengan istilah domain dan hosting. Domain berfungsi untuk identitas dan hosting sebagai tempat untuk menyimpan semua barang.

Cara Mendapatkan Domain dan Hosting

Salah satu cara memilih hosting terbaik yakni dengan memperhatikan kapasitas hosting dan review dari para pelanggan sebelumnya. Pastikan terlebih dahulu kebutuhan informasi website Anda dengan resource pada hosting. Apabila merasa sudah cocok, kemudian memikirkan nama yang tepat untuk domain pilihan Anda. Anda harus memikirkan nama yang tepat untuk domain agar dapat menarik dan mudah diingat orang. Pastikan juga untuk memilih ekstensi yang paling sesuai dengan tujuan website tersebut.  Apabila sudah, Anda dapat mencoba mendesain website tampak lebih menarik.

Pastikan juga untuk mengaplikasikan template atau mengunggah konten-konten relevan. Tujuannya agar website tersebut dapat berfungsi dengan baik. Untuk mendapatkan domain dan hosting, perlu membelinya melalui layanan yang menyediakan jasa domain dan hosting. Hosting dan domain ini dapat Anda peroleh dengan sistem kontrak/sewa. Saat ini ada banyak layanan yang menyediakan domain ataupun hosting berkualitas.

Cara mudah untuk mengingat domain dan hosting yakni dengan membayangkan website sebagai rumah. Keduanya merupakan dua elemen penting untuk sebuah website. Oleh karena itu, sebelum membangun website perlu menentukan kedua hal tersebut terlebih dahulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.