penyebab hp mati tiba tiba

Hati-hati! Ini Penyebab Hp Mati Tiba tiba dan Cara Mengatasinya

Saat ini handphone menjadi alat penunjang hidup yang sangat penting, karena fungsinya yang serba guna dan sangat memudahkan pekerjaan manusia. Akan menjadi masalah besar jika Hp tiba-tiba mati ketika sedang menyelesaikan pekerjaan yang sangat penting. Untuk mengatasinya, pengguna perlu mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab Hp mati tiba tiba seperti berikut:

Penyebab Hp Mati Tiba tiba

Ada beberapa hal yang menyebabkan Hp mati secara tiba tiba bahkan saat sedang digunakan. Masalah tersebut bisa berasal dari kegagalan sistem internal, juga bisa berasal dari kerusakan perangkat keras. Adapun yang menyebabkan Hp mati secara tiba tiba adalah sebagai berikut:

1. Adanya Kerusakan Baterai

Baterai menjadi salah satu bagian terpenting bagi perangkat elektronik terkhusus untuk Hp. Sebab tanpa dukungan baterai maka perangkat elektronik tidak dapat hidup. Namun pengguna Hp sering kali kurang memperhatikan tentang kesehatan baterai, sehingga baterai cepat rusak. Kerusakan baterai ini dapat menyebabkan Hp mati secara tiba-tiba.

Rusaknya baterai dapat ditandai dengan baterai cepat penuh dan cepat habis, bagian belakang Hp terlihat mengembang, pengisian baterai sangat lama, Hp sering panas saat digunakan, serta hanya bisa hidup ketika di charger.

Baca Juga »  Cari Tahu Cara Cek E Toll di Hp Paling Praktis Ini, Tempel dan Ketahui Saldo!

2. Terkena Virus

Kerusakan sistem bisa menjadi penyebab Hp mati secara tiba-tiba. Ketika sistem mengalami kerusakan, hal ini dapat mengakibatkan Hp tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Gangguan pada sistem Hp ini dapat disebabkan oleh adanya virus, malware, atau bug yang bersarang dalam file yang tersimpan di dalam memori Hp.

Virus ini bisa datang bersama dengan file ketika mengunduh nya dari internet, atau bisa datang bersama file yang dikirim dari perangkat lain ke Hp. Biasanya ditandai dengan kinerja Hp yang menjadi lambat, baterai Hp cepat terkuras, serta kuota yang boros padahal dalam penggunaan yang wajar.

3. Overheat

Penyebab Hp mati tiba tiba lainnya yaitu overheat karena penggunaan yang terlalu lama tanpa mengistirahatkan kinerja Hp. Hal ini sangat tidak baik, sebab risikonya jika Hp sampai overheat tidak hanya akan mati secara tiba-tiba. Banyak kasus yang Hp nya sampai meledak karena suhunya terlalu tinggi.

Baca Juga »  Yuk Intip Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Di sini

Overheat yang terjadi pada Hp tidak hanya disebabkan oleh pemakaian yang berlebihan saja. Namun ada beberapa penyebab lain seperti overcharging, dan juga mengoperasikan Hp saat sedang di charger. Selain itu, menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan juga dapat menyebabkan overheat.

4. Memori RAM Penuh

Memori RAM yang penuh juga dapat menyebabkan Hp mati secara tiba-tiba. Dalam sebuah perangkat Hp fungsi dari memori RAM yaitu untuk menyimpan berbagai aplikasi dan juga file dalam waktu sementara. Aplikasi dan juga file yang semula tersimpan di memori internal, ketika hendak dijalankan atau dibuka maka secara otomatis akan dimuat ke dalam memori RAM agar aplikasi atau file tersebut dapat dijalankan dengan lancar.

Ketika memori RAM sebuah Hp penuh, maka biasanya kinerja Hp akan menjadi lambat. Bahkan menyebabkan aplikasi yang hendak digunakan tidak dapat dijalankan. Dan yang lebih parah dapat mengakibatkan Hp mati dengan sendirinya.

Baca Juga »  Cara Menyambungkan HP ke TV, Pengalaman Menonton Lebih Seru

Cara mengatasi Hp yang tiba-tiba mati

Penjelasan di atas harus dipahami oleh para pengguna Hp untuk mencegah kemungkinan Hp tiba-tiba mati. Serta, tujuannya supaya dapat melakukan perawatan yang benar terhadap Hp yang dimiliki agar lebih awet dalam pemakaian jangka panjang. Berikut ini cara yang harus dilakukan apabila Hp mati secara tiba-tiba:

  • Reset Hp ke pengaturan pabrik.
  • Rajin membersihkan sampah Hp.
  • Segera ganti baterai jika sudah rusak.
  • Batasi penggunaan Hp yang berlebihan.
  • Jangan charger Hp terlalu sering terutama jika daya baterai masih banyak.
  • Hati-hati dalam mengunduh file di internet agar tidak ada virus yang masuk.

Demikianlah hal-hal yang menjadi penyebab Hp mati tiba tiba dan cara mengatasinya. Kenali penyebabnya dan lakukan perawatan yang baik pada Hp untuk mengantisipasi perangkat yang mati secara mendadak dan menyebabkan berbagai permasalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.