Download WinBox Terbaru 32 Bit / 64 Bit (Free Download)

Download WinBox Terbaru 32 Bit / 64 Bit (Free Download)
Download WinBox Terbaru 32 Bit / 64 Bit (Free Download) ( weebly.com )
InfoKeterangan
DeveloperMikroTik
Operating systemWindows
Version3.39
File size2MB
LisensiFreeware

Winbox merupakan sofware utilitas gratis yang dibuat oleh mikrotik, digunakan untuk mengatur routerOS dari mikrotik. Mikrotik adalah perusahaan yang fokus pada penyediaan solusi perangkat keras dan lunak untuk koneksi internet global.

Dengan lisensi bebas biaya, winbox menawarkan antarmuka pengguna grafis yang intuitif dan mudah untuk meningkatkan efisiensi pengguna.

Program ini diciptakan oleh mikrotik sebagai cara efektif untuk mengelola routeros melalui gui yang mudah digunakan. Routeros sendiri merupakan sistem operasi yang diterapkan pada routerboard.

Winbox menawarkan berbagai fungsi, termasuk memonitor status web server, menciptakan log akses, mengatur wireless access point, hotspot gateway, manajemen bandwidth, pemantauan trafik data, pemblokiran situs, pengaturan vpn server, serta konfigurasi router lainnya.

Winbox kompatibel dengan windows dan pengguna linux atau mac dapat memanfaatkannya melalui wine.

Untuk menyiapkan winbox pada perangkat anda, ada tiga langkah konfigurasi awal. Pertama, masukkan alamat ip atau mac address, kemudian isi username dan password.

Setelah itu, klik tombol connect untuk memilih dan menyambungkan perangkat yang diinginkan. Langkah selanjutnya adalah mengakses tab neighbors. Setelah terhubung, pengguna dapat mengakses berbagai pengaturan dan alat untuk konfigurasi.

Fitur dan Kegunaan WinBox

Tentang winbox, ini adalah beberapa fungsionalitas yang bisa anda jelajahi:

Safe Mode

Fitur penting dari winbox termasuk safe mode, yang memfasilitasi pembuatan konfigurasi Mikrotik yang aman dan terfokus secara lokal. Dengan fitur ini, kesalahan dalam pengaturan router tidak akan langsung berdampak buruk pada jaringan.

Jika terjadi kesalahan, safe mode memungkinkan pengaturan router dikembalikan ke status sebelumnya, yaitu sebelum safe mode diaktifkan.

Backup and Restore

Fitur cadangan tersedia di menu file, umumnya digunakan untuk mengatur ulang konfigurasi router dan jaringan yang telah disetup di winbox. Penting untuk memberikan kata sandi dan enkripsi pada file cadangan demi menjaga keamanan data.

Fungsi backup dan restore ini dirancang untuk memulihkan pengaturan router yang mungkin terhapus. Pengguna juga memiliki pilihan untuk menyimpan file cadangan ini di beberapa tempat, seperti: memori internal router, penyimpanan cloud, atau disk keras komputer lokal.

Keep Password

Biasanya, fitur otomatis menyimpan kata sandi pada winbox mikrotik sudah aktif sejak awal pada pengaturannya. Fitur ini ditandai dengan kotak centang yang memungkinkan penyimpanan kata sandi ke dalam sebuah daftar.

Kata sandi tersebut tersimpan dalam file yang bernama settings.cfg.viw atau di lokasi appdata/roaming dari winbox. Jika seorang pengguna lupa password router mikrotik, mungkin ini disebabkan karena kata sandi tidak diaktifkan untuk disimpan.

Untuk menemukan password winbox mikrotik, perlu membuka menu tools > Export address, kemudian pilih lokasi penyimpanan file ekspor, klik save, buka file tersebut dengan notepad. Setelah itu, informasi login winbox akan ditampilkan dalam format teks khusus.

Export dan Import

Dalam fungsi ekspor dan impor, memungkinkan pengguna untuk mentransfer konfigurasi dari router lama ke router baru. Ini sangat berguna ketika anda mendapatkan router baru dan tidak ingin mengatur ulang dari awal.

Dengan menggunakan fungsi ekspor, anda bisa memodifikasi konfigurasi yang diekspor agar sesuai dengan router baru anda, kemudian mengimpor kembali konfigurasi tersebut ke router baru menggunakan fungsi impor.

Dashboard

Fitur dashboard dirancang untuk memudahkan pengguna dalam memantau berbagai aspek pada router mereka. Melalui dashboard ini, pengguna bisa melihat informasi penting seperti: Waktu yang tertera pada router, tanggal yang diatur pada router, penggunaan cpu router, konsumsi atau ketersediaan ram pada router dan durasi aktif atau uptime dari router tersebut.

Download WinBox Terbaru

Jika anda berencana untuk mendownload software winbox, sangat disarankan agar memilih versi yang paling terkini. Winbox adalah pilihan yang tepat berkat berbagai fiturnya yang memudahkan penggunaan server mikrotik dalam mode gui.

Dengan antarmuka guiyang ramah pengguna, winbox menjadi alat yang ideal bagi pemula yang ingin mempelajari cara konfigurasi atau pengaturan mikrotik. Anda dapat mengunduh versi terbaru dari software winbox melalui link berikut ini, yang akan memudahkan anda dalam mengoperasikannya.

Download WinBox Terbaru 32 Bit

Download WinBox Terbaru 64 Bit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *