Download Microsoft Edge Terbaru 2024 32 Bit / 64 Bit (Free Download)

Download Microsoft Edge Terbaru 2024 32 Bit / 64 Bit (Free Download)
Download Microsoft Edge Terbaru 2024 32 Bit / 64 Bit (Free Download) ( zdnet.com )
InfoKeterangan
DeveloperMicrosoft Corporation
Version97.0.1072.62
File size171 MB
LicenseFreeware

Microsoft edge, yang merupakan hasil pengembangan microsoft berdasarkan chromium dan sumber terbuka lainnya, resmi diluncurkan pada bulan januari 2020. Fungsinya adalah menggantikan peran internet explorer sebagai peramban utama di windows 10 dan menjadi peramban default di windows 11.

Statcounter mencatat bahwa hingga akhir tahun 2021, pangsa pasar microsoft edge mencapai 3,99%, menjadikannya browser paling populer ketiga setelah google chrome (63,8%) dan safari (19,6%).

Dibandingkan dengan pendahulunya yang dianggap membosankan, microsoft edge dirancang dengan antarmuka yang lebih ramah pengguna.

Selain tampilannya yang menarik, browser ini menawarkan berbagai fitur dan layanan, termasuk peningkatan privasi dan keamanan, beragam ekstensi dan tema, integrasi yang kuat dengan produk microsoft lainnya dan masih banyak lagi.

Fitur Utama Microsoft Edge

Salah satu keunggulan utama microsoft edge adalah integrasinya antara cortana dan bing, memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengetikkan kata kunci secara manual.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah beberapa fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh microsoft edge:

1. Terhubung dengan Cortana

Cortana, yang merupakan asisten pribadi cerdas berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh microsoft, bertujuan membantu pengguna windows dalam berbagai tugas.

Dengan mengintegrasikan cortana ke dalam microsoft edge, pengguna dapat dengan mudah mencari informasi tanpa perlu mengetikkan kata kunci secara manual. Cortana terhubung dengan mesin pencari bing, memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian dengan cepat dan instan.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu mengaktifkan cortana secara sistemik dan mengubah pengaturan advance setting menjadi “Minta bantuan cortana di microsoft edge”.

2. Kustom tampilan dan tema

Selain disertai dengan integrasi fitur cortana, pengguna juga disuguhkan antarmuka browser yang dapat disesuaikan. Pengguna memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan beranda browser melalui halaman “Pengaturan halaman” dengan mengklik ikon pengaturan yang terletak di pojok kanan atas.

Setelah itu, pilih opsi kustom untuk menyesuaikan penampilan. Selanjutnya, anda dapat mengatur latar belakang dengan atau tanpa tema, serta konten dengan memilih jenis konten yang ingin ditampilkan.

Tidak hanya terbatas pada tampilan beranda browser, pengguna juga dapat mengubah penampilan keseluruhan browser melalui menu pengaturan » tampilan. Melalui halaman ini, pengguna dapat memilih mode warna, baik itu light atau dark.

Selanjutnya, pengguna juga diberikan opsi untuk menerapkan tema yang telah disediakan atau menginstal tema lain dari chrome web store.

3. Privasi dan keamanan

Microsoft edge memberikan perlindungan optimal untuk menjaga privasi dan keamanan perangkat pengguna. Dalam bagian pengaturan » privasi, pencarian dan layanan, pengguna memiliki kontrol penuh terhadap privasi dan keamanan data, dengan kemampuan memilih tingkat keamanan untuk berbagai jenis pelacakan.

Secara standar, microsoft edge menggunakan pencegahan pelacakan pada mode balanced. Pengguna memiliki opsi untuk mengubah mode ke basic atau strict. Mode strict memberikan tingkat perlindungan privasi dan keamanan yang tinggi, meskipun ada risiko potensial terkait masalah muatan konten halaman.

Selain aspek privasi dan keamanan perangkat, microsoft edge juga memperkenalkan fitur family safety, memungkinkan orang tua untuk memantau situs web dan kata kunci yang diakses oleh anak-anak. Orang tua dapat menerapkan filter pada beberapa situs web dan hasil pencarian yang dianggap tidak sesuai untuk perkembangan anak-anak.

4. Dapat menambahkan koleksi dan catatan

Satu fitur yang jarang dimiliki oleh browser lain adalah collections. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat kumpulan halaman konten.

Untuk memulainya, pengguna hanya perlu mengeklik ikon “+” atau collections di pojok kanan atas, kemudian klik “Start new collection” untuk membuat kumpulan dan menambahkan halaman konten atau situs web ke dalamnya. Selain menambahkan halaman, pengguna juga dapat menambahkan catatan di dalamnya.

Jika diinginkan, pengguna juga dapat membuat sitasi dari halaman yang ditambahkan. Selanjutnya, pengguna dapat berbagi kumpulan tersebut ke aplikasi kantor dengan mengeklik ikon tiga titik di bagian atas, lalu memilih aplikasi seperti excel, onenote, word, atau yang lainnya.

5. Sinkronisasi

Tujuan dari sinkronisasi adalah untuk menyimpan informasi dari browser ke cloud dan mengintegrasikannya secara real-time dengan perangkat lain.

Selain meningkatkan keamanan, sinkronisasi juga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengakses data browser, seperti bookmarks, tab yang sedang terbuka, add-ons dan pengaturan browser dari berbagai perangkat.

Di browser microsoft edge, pengguna dapat melakukan sinkronisasi dengan masuk ke halaman pengaturan » profil. Setelah itu, mereka dapat menambahkan profil baru dengan login menggunakan akun microsoft.

Langkah selanjutnya, pengguna dapat memilih data atau file yang ingin disinkronisasi dengan pergi ke halaman sinkronisasi. Di sana, mereka dapat mengaktifkan opsi untuk menyinkronkan data seperti favorit, pengaturan, informasi dasar, password, riwayat, tab yang terbuka, ekstensi, koleksi dan lainnya.

6. Web capture

Microsoft edge menyajikan fungsi web capture yang memungkinkan pengguna untuk menangkap tampilan halaman website. Terdapat dua pilihan yang tersedia, yaitu capture area dan capture full page.

Capture area berfungsi untuk menangkap halaman pada bagian tertentu, sementara capture full page digunakan untuk menangkap seluruh halaman.

Pengguna dapat dengan mudah menggunakan fitur ini dengan mengklik kanan pada halaman yang ingin diambil tangkapan layar, memilih mode tangkapan yang diinginkan dan menentukan area yang ingin diabadikan. Hasil tangkapan dapat disimpan secara lokal oleh pengguna.

Download Microsoft Edge

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *