Cyberpanel adalah Panel yang Sangat Penting, Simak Penjelasan Lengkapnya!

Bagi pihak-pihak yang menjalankan website, maka harus kenal yang namanya cyberpanel dan segala seluk-beluknya. Cyberpanel adalah sebuah panel yang memiliki fungsi khusus. Pada bagian dalamnya ada banyak fitur fungsional dengan berbagai macam kelebihan.

Pada artikel ini akan dijabarkan informasi mengenai hal-hal tersebut secara jelas dan menyeluruh. Jadi pastikan setiap bagiannya dipahami dengan baik dan jangan sampai ada bagian yang terlewat. Untuk lebih jelasnya, simak uraian penjelasan berikut ini:

Pengertian Cyberpanel

Jadi, sebenarnya cyberpanel adalah suatu layanan web yang digunakan untuk mengelola dan mengatur sebuah server. Nantinya, penggunaan cyberpanel ini akan berkaitan langsung dengan website yang dijalankan atau dikelola oleh seseorang.

Dengan memanfaatkan cyberpanel ini, maka pengurusan website akan jauh lebih efisien tanpa harus bingung dan memakan banyak waktu untuk satu pekerjaan. Oleh sebab itu, cyberpanel ini juga sudah terkoneksi dengan banyak golongan web seperti Magento, WordPress, bahkan Opencart.

Sampai saat ini cyberpanel masih menjadi pilihan banyak pihak, karena tergolong lengkap pada aspek fiturnya. Setiap fitur yang ada dalam cyberpanel ini tentunya memiliki fungsi masing-masing yang bisa dimanfaatkan. Berikut 10 fitur berbeda yang ada dalam cyberpanel:

  • Git manager.
  • Litespeed cache.
  • Cyberpanel cloud.
  • Auto installer.
  • One click SSL.
  • Database MySQL.
  • Email domain.
  • Statistik atau monitoring.
  • Backup dan restore.

Jika ingin mendapat keuntungan besar dari penggunaan cyberpanel, maka pastikan untuk memanfaatkan semua fitur yang sudah dirincikan tersebut. Meski nama-namanya tergolong sulit, namun sebenarnya semua fitur tersebut bisa difungsikan dengan mudah.

Pengguna hanya perlu beberapa waktu untuk proses adaptasinya sampai setiap fitur benar-benar bisa dimanfaatkan. Jadi jika ingin mendapat banyak aspek kemudahan, maka pastikan setiap detailnya bisa dipahami dengan baik tanpa harus menjelekan satu bagian.

Kelebihan Cyberpanel

Melalui rincian informasi tersebut, maka bisa disimpulkan jika cyberpanel adalah bagian yang sangat penting dalam menjalankan sebuah website. Jadi tidak heran, jika akhirnya banyak yang memanfaatkan layanan ini untuk mulai mengatur dan mengelola website yang dimilikinya.

Bukan hanya karena alasan tersebut, cyberpanel juga memiliki banyak kelebihan. Aspek ini juga menjadi bagian penting yang mendorong pemanfaatan cyberpanel dalam banyak proses. Untuk lebih jelasnya, simak deretan kelebihan yang ada di bagian bawah berikut ini:

1. Ringan

Jika dilihat dari ukurannya, maka cyberpanel ini bisa dikatakan sangat ringan dan tidak terlalu memberatkan perangkat pengguna. Meski panel ini memiliki tampilan dan fitur yang sangat lengkap, namun ukurannya masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan panel lainnya.

Hal ini, tentunya bisa menjadi poin alasan penting yang akhirnya menarik minat banyak pengguna. Apalagi jika cyberpanel difungsikan di dalam dedicated server atau VPS, maka ukurannya bisa lebih ringan lagi. Dengan demikian, pengguna tidak akan pernah kesulitan dalam proses pemanfaatannya.

Ukuran yang ringan ini, juga tidak akan berpengaruh pada kecepatan penggunaannya. Jadi ukuran ringan dari cyberpanel tidak menjadi acuan atau patokan utama dalam kecepatannya. Aspek ini, tentu akan sangat menarik jika didapatkan dan difungsikan dalam prosesnya.

2. Interface yang Mudah Dipahami

Cyberpanel adalah alat yang sangat berguna dengan isi yang lengkap. Meski bagian isinya lengkap dan bisa untuk mengatur banyak hal, namun interface atau tampilan panelnya tergolong sederhana. Setiap sisinya dirancang sedemikian rupa agar tidak membingungkan pengguna.

Jadi, siapa saja yang memanfaatkannya tidak akan kesulitan dan akan sangat terbantu. Bahkan pengguna baru pun tidak akan kesulitan dan bisa langsung beradaptasi dengan panelnya lebih mudah. Oleh sebab itu, cyberpanel ini kerap dimanfaatkan berbagai pihak.

3. Support Multi PHP

Developer yang ingin menjalankan proyek dengan beberapa PHP berbeda, maka harus memakai perangkat dan panel yang mendukung. Saat ini, tidak banyak panel yang menyediakan layanan pembukaan PHP banyak dalam satu waktu yang bersamaan atau sekaligus.

Jika ingin mendapat panel dengan golongan tersebut, maka cyberpanel bisa dimanfaatkan. Jadi, cyberpanel sudah menyediakan layanan ini dengan lengkap untuk penggunanya. Pada satu waktu sekaligus, pengguna bisa membuka dan memakai beberapa PHP.

Bagi developer profesional, layanan ini tentunya akan sangat membantu dan akan sangat menguntungkan jika dimanfaatkan. Karena alasan inilah, banyak developer yang mulai memfungsikan cyberpanel untuk menyelesaikan dan menjalankan fungsi tugasnya.

4. Ada Fitur Restore Backup

Untuk mengatur website, proses mengamankan dan menyalin data akan sangat diperlukan. Hal ini berkaitan dengan proses migrasi yang harus dijalankan. Oleh sebab itu, fitur restore dan backup akan sangat diperlukan dan tidak bisa disepelekan begitu saja.

Bagi pengguna cyberpanel, maka fitur ini juga sudah disediakan dan bisa difungsikan dengan mudah. Dengan adanya fitur ini, maka pengguna bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan tanpa harus bingung data yang dimanfaatkan tidak tersimpan dengan aman.

5. Ada Layanan yang Gratis dan Berbayar

Cyberpanel sudah disediakan dengan layanan gratis dan yang berbayar. Tentunya fitur dan layanan akan berbeda pada dua golongan layanan tersebut. Jika memanfaatkan yang berbayar, maka layanannya akan jauh lebih banyak dan terkonsep lebih lengkap.

Namun jika tidak membutuhkan terlalu banyak fitur, maka bisa memanfaatkan golongan yang gratis. Meski gratis, namun layanannya tidak akan lebih lemah atau lebih lambat. Fiturnya akan tetap diberikan dengan cakupan atau lingkup tertentu, yang pastinya akan pas untuk dimanfaatkan.

6. Mendukung Apache

Tidak semua panel seperti cyberpanel sudah terkoneksi dengan Apache. Dengan demikian, tidak semua panel bisa menjalankan fungsi yang lebih menyeluruh. Hal ini, tentu saja akan berbeda dengan cyberpanel yang sudah terkoneksi dan mendukung Apache secara menyeluruh.

Nilai atau skor kompatibilitas penggunaan Apache ini sudah mencapai nilai 90 persen. Artinya, hampir keseluruhan proses penggunaan Apache ini sudah didukung dan sudah bisa difungsikan dengan baik. Oleh karena itu, kelebihan yang satu ini menjadi sangat berguna.

7. Tampilan Webmail Bagus

Pengguna yang memanfaatkan cyberpanel ini, juga tidak perlu takut tampilan webmailnya buruk. Hal ini juga sudah dipikirkan oleh pihak pengembang secara menyeluruh. Dengan demikian, tampilan webmail yang tersedia sudah sangat baik dan kekinian sehingga tidak terkesan kuno.

Hasil tampilan yang nantinya didapat oleh pengelola website akan jauh lebih profesional. Jadi, jika ingin memakainya untuk kebutuhan resmi, akan sangat cocok dan pas. Aspek kelebihan ini, juga menjadi alasan kenapa banyak yang memfungsikan cyberpanel dalam prosesnya.

8. Proses Pemasangan Mudah

Instalasi cyberpanel juga tergolong mudah. Jika ingin melakukan proses pemasangan, maka susunan metodenya sudah tersedia dengan lengkap dan menyeluruh. Pengguna hanya perlu mengikuti beberapa poin langkah mudah saja sampai pemasangan bisa dikatakan selesai.

Berdasarkan semua informasi di atas, maka sudah bisa dipahami jika cyberpanel adalah golongan aspek yang harus dipahami dengan baik. Mulai dari pengertian, fitur, sampai pada aspek kelebihannya harus dipahami. Karena semua penting, maka jangan sepelekan satu bagian pun.