usaha sampingan pns

Coba Usaha Sampingan PNS dan Raih Pendapatan Ganda!

Bekerja sebagai seorang PNS bukan berarti tidak bisa menjalankan usaha lain yang bisa menambah pendapatan. Usaha sampingan PNS saat ini sudah beragam dan bisa menjadi solusi alternatif yang dapat dicoba. Banyak jenis usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh seorang PNS. Ingin tahu apa saja itu? Berikut ulasan menariknya:

1. Online Shop

Usaha sampingan PNS pertama ada online shop yang masuk ke dalam daftar usaha kekinian dengan untung menjanjikan, mengapa? Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia kini, terlebih lagi kaum urban yang suka berbelanja online. Menjadikan usaha yang satu ini banyak digandrungi oleh para PNS sebagai sampingan.

Tidak hanya itu, cara berbisnis online shop pun terbilang sangat mudah dan juga fleksibel. Pengguna hanya cukup mengandalkan jaringan internet dan juga smartphone, maka transaksi jual beli pun sudah bisa terlaksanakan. Stok barang yang akan dijual pun tidak mesti harus ada dalam bentuk fisik, namun bisa didatangkan ketika konsumen meminta.

Baca Juga »  Modal Usaha Percetakan dan Tips Sukses Menjalankannya

2. Privat

Selanjutnya usaha sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama para PNS yaitu dengan menjadi guru privat. Privat sendiri sebenarnya pekerjaan yang tidak membutuhkan waktu yang banyak. Cukup dua atau tiga hari dalam seminggu saja waktu yang diluangkan untuk mengadakannya.

Terbukti, meskipun hanya dilakukan dalam kurun waktu yang singkat, tetapi penghasilannya juga tidak bisa dianggap remeh. Untuk mengadakan satu sesi privat pun terbilang eksklusif, dimana waktu dan jumlah muridnya bisa diatur. Jadi memungkinkan tarif setiap pertemuannya bisa menghasilkan uang hingga 600 ribu per jamnya.

3. Sembako

Sembako bisa menjadi pilihan lain dari usaha sampingan para PNS yang masih membutuhkan uang tambahan, mengapa? Kebutuhan pokok yang masuk ke dalam sembako adalah barang yang selalu dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu dengan membuka toko sembako di rumah sangatlah menjanjikan.

PNS bisa mempertimbangkannya sebagai usaha yang mempunyai prospek jangka panjang, terlebih lagi jika sudah memasuki usia pensiun. Tidak butuh waktu yang alam untuk dapat memulai usaha yang satu ini. Para PNS bisa memulainya dengan menjual barang vital kebutuhan rumah tangga secara bertahap hingga akhirnya lengkap.

Baca Juga »  Ide Jualan Kopi Keliling Pakai Motor Ini Bisa Dicoba!

4. Jual Pulsa dan Paket Data

Menjadi seorang PNS tentu membutuhkan usaha sampingan yang praktis dan simpel tentunya. Usaha yang bisa dijadikan salah satu alternatif diantaranya yaitu ada jualan pulsa dan juga paket data. Sekarang smartphone adalah kebutuhan primer yang harus terpenuhi, sehingga memaksa sebagian besar orang untuk mengisi pulsa.

Menjadikan usaha sampingan yang satu ini jadi yang paling diminati oleh sebagian besar orang, bukan hanya PNS. Dalam menjalankan usaha tersebut, hal yang perlu diperhatikan yaitu ketelitian ketika mengirimkan nomor dan jumlah pulsa yang diminta. Selebihnya usaha yang satu ini praktis dan sangat mudah untuk dilakukan.

5. Jasa Rental

Nah terakhir, ada jasa rental yang dapat dicoba oleh para PNS untuk menambah pemasukannya. Rental merupakan, jasa sewa kendaraan yang dimiliki bisa berupa motor atau mobil. Jika mempunyai kendaraan, alat elektronik atau lainya yang tidak digunakan, alangkah baiknya untuk disewakan.

Baca Juga »  Memulai Usaha Kargo Tanpa Modal di Multi Kurir

Contohnya ketika PNS libur bekerja di hari sabtu dan minggu, maka mobil atau motor yang dimiliki bisa disewakan kepada orang lain. Hal ini tentu akan mendatangkan untung yang cukup besar. Terlebih lagi modal yang dikeluarkan pun hanya cukup menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh para pelanggan.

Demikianlah beberapa ulasan usaha sampingan PNS yang dapat dicoba dan diterapkan selagi tidak mengganggu pekerjaan utama. Beberapa usaha yang sudah dijabarkan, pilihlah salah satu yang dirasa cocok atau mampu untuk dikerjakan. Jangan sampai karena terdesak kebutuhan akan uang, pekerjaan utama sebagai PNS pun terlalaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.