Cloud Hosting vs VPS, Kenali & Intip Keunggulannya di Sini yuk (qwords.com)
Cloud Hosting vs VPS, Kenali & Intip Keunggulannya di Sini yuk (qwords.com)

Cloud Hosting vs VPS, Kenali & Intip Keunggulannya di Sini yuk!

Cloud hosting vs VPS kerap membuat orang dilema memilih satu dari 2 layanan yang sebenarnya memiliki peran penting dalam pembuatan sebuah website. Anda harus cerdas memilihnya sebelum membeli sebuah hosting.

Ada banyak sekali jenis layanan hosting, bahkan beberapa diantaranya memiliki penawaran harga yang hampir sama. Jadi, wajar jika Anda sering merasa kesulitan dan bingung hendak memilih layanan hosting secara online.

Salah satu contoh real yang paling sering dialami adalah mereka dihadapkan pada pilihan cloud hosting atau VPS. Keduanya sama-sama memiliki sumber daya server yang cukup tinggi. Sedangkan kita tahu bahwa server yang mumpuni otomatis akan berpengaruh pada performa website.

Cloud Hosting vs VPS, Kenali Dulu Melalui Perbedaanya

Baik cloud hosting maupun VPS, keduanya memiliki keunggulan. Namun, bukan berarti tidak memiliki perbedaan. Sebelum membahas perbedaan dan kesimpulan mana yang lebih baik, cloud hosting vs VPS, sebaiknya kita perlu mengetahui lebih dahulu apa itu cloud hosting dan apa itu VPS.

Apa yang Dimaksud Cloud Hosting 

Jika diterjemahkan, cloud hosting berarti hosting awan. Hal ini merujuk pada kondisi sebenarnya, bahwa awan bisa terakumulasi atau menjadi kelompok atau berkumpul sehingga bisa menjadi awan yang lebih besar.

Jadi dapat dikatakan bahwa cloud hosting berarti layanan membangun sebuah hosting yang dikerjakan oleh beberapa server virtual sekaligus. Ada beberapa server yang menyimpan data website milik Anda. Bila salah satu server mengalami gangguan, maka website milik Anda tetap berjalan. Kok bisa? Karena pengerjaan web dilakukan oleh server yang lain. Ini tentu menjadi sebuah keuntungan untuk Anda, bukan?

Pada intinya, tidak perlu skill khusus untuk menggunakan layanan hosting cloud. Anda tinggal terima beres memakainya tanpa harus terganggu memikirkan segala opsi pengaturannya. Layanan ini tepat dipilih bagi user yang membutuhkan fully managed hosting dan sumber daya besar.

Baca Juga »  Tutorial Hostinger yang Benar Guna Meningkatkan Sebuah Website, Perlu Anda Ketahui!

Jika diilustrasikan, mudahnya adalah saat Anda menyewa sebuah apartemen, maka Anda hanya tinggal menyewa kemudian menempatinya saja. Ini karena semua fasilitas yang diberikan pengelola apartemen cukup lengkap. Jadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan segala fasilitas untuk memenuhi segala kebutuhan Anda. Tinggal bayar dan terima beres.

Apa Itu VPS (Virtual Private Server)

Sama seperti namanya, layanan hosting yang satu ini menggunakan server berteknologi virtualisasi. Artinya, dalam satu server fisik akan terbagi ke dalam beberapa server virtual dan hanya digunakan untuk satu user saja. Intinya, satu akun untuk satu pengguna.

Pengguna bebas menentukan hendak memakai space yang tersedia di VPS seperti sistem operasi yang digunakan, aplikasi yang ingin diinstal, dan panel hosting yang dipilih. Tidak ada batasan kustomisasi dari pihak penyedia layanan.

Itulah mengapa layanan VPS lebih baik dan cukup optimal. Namun, pengguna harus memiliki skill terkait penguasaan teknik server sehingga hasilnya lebih maksimal.

Setelah mengetahui artinya, sudah bisakah Anda mengetahui tentang cloud hosting vs VPS, manakah yang lebih baik? Jika belum, mari kita cari tahu melalui perbedaan kedua layanan web tersebut.

Perbedaan Cloud Hosting dengan VPS

Perbedaan keduanya benar-benar harus dipahami sebelum menentukan hendak memilih layanan web yang mana. Setidaknya ada 5 perbedaan yang dapat ditemukan di antara keduanya.

  • Biaya

Rata-rata biaya untuk menyewa cloud hosting relatif lebih murah jika dibandingkan dengan VPS. Hanya saja, harga sewa paket tertinggi dari layanan cloud hosting sama dengan harga sewa VPS beserta segala kelebihannya.

  • Performa
Baca Juga »  Pengertian VPS, Kelebihan Dan Jenis-Jenisnya

Meski performa cloud hosting lebih di bawah VPS, setidaknya pengguna tidak akan terbebani tugas untuk membuat tampilan website menjadi optimal. Dalam hal ini performa web dipengaruhi oleh peranan spesifikasi dan fitur dari penyedia layanan web.

Untuk performa, VPS disebut-sebut memiliki performa lebih baik. Hal ini karena adanya dukungan bebas mengkustomisasi server virtual yang telah Anda miliki. Setidaknya Anda harus tepat melakukan settingnya.

Cloud hosting vs VPS, sudah bisakah Anda menentukan mana yang lebih baik dilihat dari performa yang ada pada masing-masing layanan?

  • Fitur Kustomisasi

Cloud hosting memang tidak dibekali opsi kustomisasi. Segala urusan konfigurasi server 100% dipegang oleh pihak penyedia jasa cloud hosting. Artinya, Anda bisa lebih fokus mengelola usaha atau bekerja tanpa harus memikirkan hal-hal teknis terkait website yang Anda bangun.

Lain halnya dengan VPS yang memiliki fitur kustomisasi, di mana pengguna bisa menginstal berbagai aplikasi penting yang dikehendaki. Jika Anda adalah web agency atau web developer, maka bisa memakai pemilihan panel yang disediakan oleh sistem kustomisasi tersebut.

  • Kapasitas

Ditilik dari segi kapasitas, kedua layanan web tersebut sebenarnya hampir sama, yakni memungkinkan adanya penambahan kapasitas. Memang ada perbedaan dari spesifikasi hardware yang digunakan, dimana perannya adalah berpengaruh pada kecepatan akses web.

  • Keamanan

Sistem keamanan cloud hosting cukup bisa diandalkan. Bahkan Anda tidak perlu melakukan apapun demi keamanan website yang dimiliki. Ini karena semua hal terkait keamanan di manage sepenuhnya oleh pihak provider hosting. Oleh sebab itu, tingkat keamanan cloud hosting setingkat jauh lebih tinggi.

VPS sendiri sebenarnya juga cukup aman. Namun, tingkat keamanan tersebut masih dipengaruhi oleh penggunanya sendiri. Oleh karena itu, jika hendak memilih VPS, pastikan Anda memiliki skill untuk mengkonfigurasi tingkat keamanan server yang dimiliki.

Baca Juga »  Cara Membuat Hosting dan Domain Gratis, Ikuti Langkah Mudah Ini

Kesimpulan dari Enigma, Cloud Hosting vs VPS Lebih Unggul yang Mana

Setelah mengetahui arti dan perbedaannya, kini tiba saatnya menentukan mana yang lebih baik dari cloud hosting dan VPS. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, maka ada beberapa hal untuk memilihnya.

Apabila Anda merasa sebagai orang yang:

  • Membutuhkan website untuk selalu online;
  • Membutuhkan keluwesan untuk upgrade layanan;
  • Website yang dibangun dinamis dengan traffic tinggi;
  • Lebih memprioritaskan kemudahan dalam hal pengelolaan hosting;
  • namun tidak memiliki skill teknis untuk mengelola server.

Ini berarti cloud hosting merupakan satu-satunya pilihan yang tepat untuk Anda.

Di sisi lain, apabila Anda merasa bahwa Anda adalah seorang yang:

  • Memiliki website dengan traffic cukup besar;
  • Lebih merasa aman jika semua data yang dimiliki disimpan dalam satu server khusus;
  • Mencari kebebasan kustomisasi;
  • dan memiliki skill teknis untuk mengoperasikan VPS.

Ini mengartikan jika VPS adalah yang terbaik untuk mengoptimalkan performa website yang Anda miliki.

Kesimpulannya, untuk pemula yang baru saja masuk dunia per-website-an disarankan menggunakan layanan cloud hosting saja karena semua tools yang disediakan sudah langsung bisa dimanfaatkan. Bahkan penyedia layanan akan langsung membantu setiap konfigurasi yang Anda perlukan.

Faktanya, baik cloud hosting maupun VPS merupakan layanan website yang sama-sama memberikan keuntungan. Tinggal sesuaikan saja dengan skill dan kebutuhan Anda.

Jadi, sudah tahu bukan mana yang lebih baik, cloud hosting vs VPS? Pastikan kenali dan cermati dengan seksama sebelum menentukan memilih yang mana. Untuk mendapatkan kepuasan optimal, pilih penyedia cloud hosting dan VPS terbaik dan termurah yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.