China Mengucap Selamat Tinggal Ke Google Translate, Ada Apa?

Google telah memilih untuk mengakhiri operasional google translate di china. Keputusan ini diambil seiring dengan minimnya tingkat penggunaan, menjadikannya salah satu dari sedikit layanan google yang masih bertahan di sana.

“Karena tingkat penggunaan yang tidak signifikan, kami memutuskan untuk menonaktifkan google translate di daratan china,” demikian pernyataan dari google.

Pengunjung situs google translate di negara tersebut akan diarahkan ke versi layanan hong kong, karena akses langsung dari china tidak memungkinkan.

Google, perusahaan teknologi besar dari amerika serikat, mengalami hubungan yang tidak stabil dengan china. Pada tahun 2010, google menarik mesin pencarinya dari china sebagai tanggapan terhadap sensor online yang ketat oleh pemerintah china.

Pemerintah china juga telah memblokir layanan google lainnya seperti maps dan gmail. Kebijakan ini memungkinkan perusahaan lokal seperti baidu dan tencent mendominasi pasar internet china, termasuk layanan pencarian dan terjemahan.

Belakangan ini, google mulai muncul kembali di china, meskipun dengan batasan. Beberapa perangkat keras mereka, seperti pixel, diproduksi di china, namun the new york times melaporkan bahwa produksi smartphone beberapa telah beralih ke vietnam.

Google juga berinisiatif membantu pengembang china dalam membuat aplikasi untuk sistem operasi android, yang akan tersedia di google play store, walaupun toko aplikasi tersebut diblokir di china.

Pada tahun 2018, google sempat mengeksplorasi kemungkinan untuk kembali memasuki pasar china dengan layanan search, tetapi membatalkan rencana tersebut karena tekanan dari karyawan dan politisi.

Terdapat ketegangan yang terkenal antara amerika serikat dan china, khususnya dalam sektor teknologi. Situasi ini menempatkan bisnis amerika di tengah-tengah konflik tersebut.

Washington sering mengungkapkan kekhawatiran tentang potensi akses china ke teknologi sensitif di berbagai bidang, termasuk kecerdasan buatan dan semikonduktor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *