Cek Aplikasi Pembuat Filter Instagram dan Cara Membuatnya

Cek Aplikasi Pembuat Filter Instagram dan Cara Membuatnya

Instagram atau IG adalah media sosial yang hingga kini digandrungi oleh hampir semua orang di dunia untuk berbagi setiap momen. Menjadi media sosial yang bertujuan untuk membagi foto atau video, Instagram menyediakan beragam fitur menarik dan terus diperbarui hingga saat ini, salah satunya adalah filter. Karena memiliki banyak peminat, tak heran jika tercipta aplikasi pembuat filter Instagram.

Ingin menunjukkan konten yang menarik, tak jarang pengguna Instagram memutar otak untuk menciptakan hal-hal baru. Oleh karenanya, filter Instagram juga menjadi salah satu fitur yang selalu dimanfaatkan untuk membuat konten yang berbeda dan membuat penggunanya berlomba-lomba menciptakan filter terbaru.

Ketahui Aplikasi Pembuat Filter Instagram

Perlu diketahui bahwa filter pertama kali dikenal pada 2017 silam dan hanya tim Instagram yang bisa menciptakannya. Namun, saat ini siapa saja bisa membuat filter Instagram sesuai dengan kreativitas masing-masing tanpa menunggu tim kreatif Instagram merilis filter baru.

Untuk membuat filter baru, pengguna perlu menggunakan aplikasi yang bernama Spark AR Studio. Aplikasi pembuat filter Instagram ini bisa diunduh dengan mengakses situs resmi melalui laptop atau komputer. Penggunaannya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh pemula.

Baca Juga »  Cara Membuat Foto Bergerak Seperti Boomerang Instagram Yang Wajib diKetahui

Cara Membuat Filter

Tak sulit seperti yang dibayangkan, membuat filter Instagram yang menarik cukup mudah dengan beberapa langkah sederhana. Berikut inilah cara membuatnya:

1. Login dan Hubungkan dengan Ponsel Pintar

Setelah berhasil mengunduh Spark AR Studio, kreator bisa mengunduh aplikasi Spark AR Player untuk menguji filter yang dibuat. Jika sudah, segera login dengan akun media sosial yang dimiliki. Nantinya kreator bisa melihat berbagai contoh yang sudah tersedia dan sekaligus menjadikannya inspirasi terbaik.

2. Tentukan Koordinat Wajah

Untuk membuat filter baru, kreator bisa langsung melakukan klik pada tombol Create New, lalu menentukan koordinat wajah. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memilih Add, lalu Scene Understanding dan pilih Face Tracker. Jika cara tersebut sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah memilih Add lalu pilih 3D Objects dan Face Mesh.

Setelah itu, secara otomatis program akan membuat ilustrasi wajah dalam bingkai yang bisa diedit sesuka hati. Kreator bisa menentukan lebar ilustrasi topeng sesuai dengan keinginan, serta memilih membuat filter yang bisa menutupi mata dan mulut atau tidak.

Baca Juga »  Cara Melihat Data Spesifik Video di Youtube Dengan Mudah

3. Atur Warna dan Perhatikan Ukuran File

Pada menu Scene, kreator bisa mengatur warna, memberikan objek atau efek sesuai dengan keinginan. Tak hanya menggunakan pilihan item yang tersedia, kreator juga bisa membuatnya sendiri melalui Photoshop dan mengimpor file png untuk menggunakannya melalui Spark AR Studio.

Jika sudah mengubah warna dan memberikan objek atau efek tertentu, kreator bisa memperhatikan ukuran filter terlebih dulu. Jika memiliki ukuran lebih dari 20 MB, filter yang diciptakan tidak akan berfungsi.

4. Unggah Filter

Kreator bisa mulai menggunakan filter dengan mengunggahnya terlebih dulu dengan cara melakukan Export terlebih dulu pada menu File. Setelah itu, pilih lokasi penyimpanan yang mudah diingat dan ditemukan lalu pilih jenis file .arexport.

Jika sudah berhasil, buka akun Instagram melalui web lalu lanjutkan ke akun Spark AR Studio yang sudah dimiliki hingga muncul layar pemberitahuan. Barulah kreator bisa melewati laman tersebut dengan memberikan centang. Secara otomatis akan muncul tombol Upload Effect, lalu pilih Instagram dan ketik nama filter yang akan diunggah.

Baca Juga »  Aplikasi Download Video Gratis untuk PC, Berikut Ini Rekomendasinya

Setelah itu, klik Next lalu tentukan ikon filter dengan memilih Effect Icon dan temukan file filter yang sudah disimpan pada Explorer atau Finder dan pilih Effect File. Lanjutkan langkah berikutnya dengan klik Upload lalu Continue untuk melakukan verifikasi.

Aktivitas membuat filter pada aplikasi pembuat filter Instagram pun selesai dilakukan dan kreator bisa menikmati hasil karya setelah selesai mengunggahnya. Namun, sebelum itu, kreator bisa melakukan tes terlebih dulu, sehingga bisa benar-benar yakin sudah membuat filter sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.