Cara Upgrade RAM Laptop Agar Kencang, Mudah dan Simple! (pexels.com)
Cara Upgrade RAM Laptop Agar Kencang, Mudah dan Simple! (pexels.com)

Cara Upgrade RAM Laptop Agar Kencang, Mudah dan Simple!

Cara upgrade RAM laptop pada umumnya dilakukan untuk membuat kinerja laptop menjadi lebih cepat. Upgrade RAM memang perlu dilakukan jika RAM Anda mengalami kerusakan atau Anda perlu melakukan penggantian.

Perlu Anda tahu, memori atau RAM termasuk komponen yang bisa ditambahkan pada laptop dengan cara yang mudah. Terutama pada saat pengguna laptop sudah merasa performa laptop yang digunakannya sudah mengalami penurunan atau lemot.

Cara Upgrade RAM Laptop Agar Performa Meningkat

Pada saat kenyamanan penggunaan laptop sudah menurun, maka biasanya pengguna akan melakukan berbagai macam cara untuk memperbaikinya. Salah satunya dengan upgrade RAM.

Cara upgrade RAM laptop ternyata tidak begitu sulit. Namun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan agar tidak terjadi kerusakan pada komponen lainnya. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah RAM pada laptop.

1. Beli RAM Terlebih Dulu

Untuk melakukan upgrade RAM, maka Anda perlu membeli RAM terlebih dahulu. Anda harus membeli jenis RAM yang sesuai dengan jenis laptop Anda, baik itu kondisi bekas atau kondisi baru. Jangan sampai salah membelinya.

Baca Juga »  Inilah 5 Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati

2. Bongkar Laptop Anda

Cara yang perlu Anda lakukan setelah membeli jenis RAM yang cocok yaitu membongkar laptop. Jangan asal bongkar! Sebab, setiap jenis dan tipe laptop memiliki cara bongkar yang berbeda-beda.

Maka dari itu, Anda harus melakukan pembongkaran dengan tepat. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari internet atau teman Anda yang sudah berpengalaman. Tujuannya yaitu untuk menghindari kesalahan saat melakukan pembongkaran.

Saat Anda mengalami kesalahan bongkar laptop, maka bisa berakibat fatal. Karena bisa mengakibatkan adanya kerusakan pada komponen laptop yang lainnya.

3. Carilah Slot RAM pada Motherboard

Pada saat laptop Anda sudah terbongkar dengan benar, maka selanjutnya Anda perlu mencari slot RAM pada motherboard. Slot RAM ini berfungsi untuk memasang kartu memory.

Terdapat berbagai macam jenis memory atau RAM yang perlu Anda ketahui, diantaranya seperti SDRAM, DDR1, DDR2 dan juga DDR3.

Baca Juga »  Cara Efektif Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Hal yang perlu Anda lakukan sebelum upgrade yaitu wajib mengecek bagian ini. Pastikan terlebih dahulu ada slot yang kosong atau tidak. Masing-masing laptop memiliki slot yang berbeda, ada yang memiliki 1 slot hingga 4 slot.

4. Pasang RAM yang Telah Disiapkan

Saat Anda menemukan slot memori yang kosong, cara upgrade RAM laptop selanjutnya yaitu dengan memasang RAM dengan posisi miring. Kemudian tekan memorinya hingga bisa masuk.

Cek hingga semua bagian logam pin bisa masuk ke dalam slot RAM laptop Anda. Pastikan jika tidak terdapat bagian yang mengganjal.

5. Jangan Lupa Kunci RAM

Selanjutnya, pasang RAM dengan cara menekan bagian RAM ke bagian kunci RAM. Pada saat memasang tunggu hingga kedua kunci RAM benar-benar terpasang dan sudah mengeluarkan bunyi “klik”.

Ketika terdengar bunyi tersebut, artinya RAM tersebut sudah terpasang dengan baik. Pastikan juga tidak terdapat bagian yang mengganjal.

Baca Juga »  Ternyata Ini 2 Cara Partisi SSD Windows 10 yang Perlu Diketahui

6. Rangkai Kembali Laptop Anda

Apabila RAM sudah terpasang dan terkunci, selanjutnya Anda bisa memasang atau merakit kembali laptop yang Anda bongkar tadi. Setelah itu nyalakan dan gunakanlah seperti biasa. Cara upgrade RAM laptop sudah Anda lakukan.

Kebutuhan upgrade RAM memang penting untuk diperhatikan. Namun jangan sampai Anda sembarangan melakukan upgrade hanya untuk mendapatkan performa yang lebih cepat tanpa memperhatikan hal lainnya.

Akan tetapi, banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan cara upgrade RAM laptop Anda. Mulai dari melihat jenis memori, masa garansi, ukuran maksimal memori, jenis processor, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.