Cara Update Versi Android Lebih Mudah dan Cepat dengan OTA! (pixabay.com)
Cara Update Versi Android Lebih Mudah dan Cepat dengan OTA! (pixabay.com)

Cara Update Versi Android Lebih Mudah dan Cepat dengan OTA!

Melakukan update Android ke versi baru sangatlah penting. Cara update versi Android berguna agar Anda handphone tidak menjadi lemot dan ketinggalan banyak fitur baru. Selain itu, memperbarui OS Android juga bisa memperbaiki bug yang muncul.

Sayangnya masih banyak oran yang masih menganggap sepele update versi Android. Cukup banyak juga orang yang bahkan belum mengetahui caranya. Padahal hal itu sangatlah mudah.

Cara Update Versi Android dengan Lebih Mudah

Smartphone Android Anda mengalami lemot saat dimainkan? Jika iya, bisa jadi itu pertanda bahwa OS sudah terlalu lama. Jika sudah begini, maka Anda bisa segera melakukan update.

Update Android memang sath perlu untuk Anda lakukan demi menjaga kestabilan kinerja smartphone, apalagi jika pemakaiannya sudah bertahun-tahun lamanya. Ketika melakukan update, maka artinya sistem Android melakukan perbaikan atau menambah fitur baru.

Baca Juga »  Inilah Cara Memindahlan Data dari Android ke IPhone yang Mudah

Cara melakukannya pun juga cukup mudah. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus ke konter hp. Hanya dengan beberapa langkah mudah, maka Anda sudah bisa menikmati versi terbaru Android.

Update Versi Android dengan OTA

Cara update versi Android yang paling disarankankan adalah dengan OT atau over the air. Artinya smartphone milik Anda terhubung dengan WiFi. Hal ini karena jaringan WiFi memang cenderung lebih stabil.

Untuk melakukan update dengan OTA, berikut caranya:

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat Android Anda sudah terhubung dengan WiFi karena ukuran dan sistem operasi Android yang cukup besar.
  • Setelah terhubung, kemudian pergi ke menu ‘Pengaturan/Settings’ di Android.
  • Scroll layar ke bawah hingga bertemu dengan pilihan ‘Tentang Perangkat/About Phone’.
  • Klik bagian ‘Update’ dan akan muncul tulisan ‘Pembaruan Perangkat Lunak/Software Update’. Di beberapa perangkat namanya juga bisa menjadi ‘System Firmware Update’.
  • Pilih menu ‘Periksa Pembaruan/Check for Updates’.
  • Apabila update tersedia, maka langsung saja pilih bagian ‘Update’ yang ada di layar.
  • Kemudian klik ‘Instal Sekarang/Install Now’ untuk memulai pembaruan.
  • Tunggu hingga beberapa waktu hingga proses instalasi selesai. Biasanya proses akan membutuhkan waktu beberapa saat.
Baca Juga »  Aplikasi Kirim File Terbaik Pada Sistem Operasi Android

Ketika proses instal sudah selesai, Android akan memberi tanda dengan melakukan restart secara otomatis. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai akhirnya Android menyala kembali dan dapat digunakan lagi.

Bagaimana Cara Mengetahui Waktu Update?

Mengetahui cara update versi Android tetapi tidak tahu kapan update terjadi maka tidak ada gunanya. Untuk mengetahui apakah versi Android sudah mau update atau belum, biasanya terdapat pemberitahuan.

Biasanya akan muncul notif di bagian atas ponsel untuk mulai menginstal OS versi baru dengan fitur yang lebih baik. Namun, jika Anda tidak mendapatkan pemberitahuan, maka bisa mengecek statusnya di bagian pengaturan. Begini langkah melakukannya:

  • Buka ‘Pengaturan’ yang ada di dalam Android.
  • Scroll ke bawah dan kemudian kik bagian ‘Sistem’.
  • Setelah itu klik ‘Update Sistem’ dan kemudian pilih versi Androidnya.
  • Anda akan melihat versi Android saat ini. Jika ada update maka pasti ada keterangannya di sana.
Baca Juga »  Cara Membuat Foto Bergerak Seperti Boomerang Instagram Yang Wajib diKetahui

Tips Saat Melakukan Update Versi Android

Ketika melakukan update, Anda harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah persentase baterai. Pastikan baterai dalam keadaan penuh dan tidak lowbat karena proses instal akan memakan waktu yang lama.

Selain itu, update dengan OTA atau terhubung dengan WiFi sangat disarankan sebagai cara update versi Android. Sinyal WiFi lebih stabil dan kuat sehingga nantinya proses pengunduhan atau penginstalan OS baru akan berjalan dengan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.