Cara Pasang Hosting pada Web dengan Mudah, Bisa Anda Terapkan! (Unsplash.com)
Cara Pasang Hosting pada Web dengan Mudah, Bisa Anda Terapkan! (Unsplash.com)

Cara Pasang Hosting pada Web dengan Mudah, Bisa Anda Terapkan!

Pastinya masih jarang orang yang mengetahui bagaimana cara pasang hosting pada web. Sebenarnya cara pasang ini mudah saja untuk Anda lakukan. Meskipun terlihat cukup teknis, kenyataannya memasang hosting web ini cukup mudah untuk dilakukan. Kendati demikian,  mungkin sebagian orang belum mengetahui.

Padahal mengetahui cara memasang web hosting ini harus Anda ketahui terlebih dulu sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan web hosting. Karena tanpa Anda mengetahui terlebih dahulu cara memasangnya, Anda pasti akan merasa kesulitan ketika akan memasangnya nanti.

Cara memasang hosting di web ini tentunya sangat penting agar pengguna dapat membuka web dengan lebih mudah nantinya. Makanya semua pengguna web hosting harus bisa memasang hosting agar lebih mudah dalam mengontrolnya nanti.

Pastinya jika Anda ingin membuat web hosting dengan performa yang sangat baik Anda tidak bisa sembarangan terutama ketika memasangnya. Terlebih cara pasang web hosting ini juga cukup mudah. Sehingga pasti juga tidak akan sulit untuk mempelajarinya.

Tahapan dan Cara Pasang Hosting pada Web

Kualitas layanan web hosting tentunya akan menentukan kepuasan penggunanya. Sehingga Anda juga tidak bisa sembarangan ketika ingin memasangnya. Meski sebenarnya tidak perlu keahlian tertentu untuk memasang hosting ke web. Namun Anda juga harus tetap memperhatikan beberapa hal.

Agar nantinya Anda tidak membuat kesalahan ketika ingin memasang hosting ke web, sehingga nantinya web hosting tersebut bisa digunakan dengan baik. Ada beberapa hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan ketika ingin memasang web hosting. Jika terlewat, pasti web hosting tidak akan terpasang sempurna.

Sebenarnya ada beberapa cara pasang hosting pada web yang bisa Anda pilih ketika membuat web hosting. Cara ini juga cukup familiar untuk Anda lakukan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika ingin memasang hosting pada web. Karena Anda bisa memilih cara yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Baca Juga »  Cara Mudah Cek IP Hosting Website, Aman dan Cepat

Dengan ini Anda tentunya bisa memasang web hosting dengan lebih baik dan pengguna juga dapat menggunakannya sebaik mungkin. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk pasang hosting dengan lebih mudah.

Pilih Web Hosting                                   

Cara pasang hosting pada web yang pertama, terlebih dahulu Anda harus memilih web hosting yang baik, handal, dan terpercaya. Dalam memilih web hosting terbaik ini memang Anda tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Kualitas layanan web hosting ini harus Anda perhatikan.

Pilihlah web hosting yang memiliki beragam fitur unggulan dan yang terpenting Anda harus memilih web hosting yang sudah terpercaya. Makanya sebelum Anda memilih web hosting ini sebaiknya Anda perhatikan beberapa fitur yang ditawarkan. Pastikan fitur tersebut akan menguntungkan Anda.

Selain itu, postingan web hosting tersebut juga sudah memiliki control dengan akun Anda. Sehingga nantinya Anda bisa dengan mudah menjalankannya. Makanya sebelum Anda memasangnya ada baiknya jika Anda memilih web hosting terbaik dulu.

Pilih Cara Upload Website

Cara pasang hosting pada web selanjutnya Anda harus memilih cara upload web. Langkah ini digunakan untuk mengonlinekan website Anda. Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk memasang hosting web. Misalnya seperti file manager, file transfer protocol, dan masih banyak lagi tools lainnya.

Tools ini akan membantu mempermudah Anda dalam memasang hosting pada web secara online, Anda bisa menyelesaikannya dengan beberapa hal. Misalnya seperti ukuran website yang Anda gunakan. Pilihlah tools yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

Dengan ini nantinya web hosting yang Anda pasang bisa tepat dan mudah sesuai yang Anda inginkan. Jika caranya sesuai pasti Anda akan nyaman. Apalagi nantinya Anda juga pasti tidak akan mengalami kendala selama proses pasang hosting pada website ini.

Baca Juga »  Cloud Hosting Indonesia Maksimalkan dan Amankan Data Website Anda

Pasang dan Arsip Website

Cara pasang hosting pada web setelah Anda memilih cara pasang yang sesuai dengan keinginan Anda, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasang hosting. Anda bisa memasang hosting ke web. Caranya cukup Anda datang ke file manager idhostinger lalu ikuti langkah pasang website.

Setelah itu, jangan lupa untuk menyimpan website sesuai dengan format yang Anda inginkan ke beberapa folder untuk menyimpan. Pastikan semua file tersimpan dengan benar di folder tersebut. Jangan lupa untuk ekstrak semua file karena dengan ini Anda lebih mudah untuk mengirim semua file sekaligus.

Atau untuk melakukan hal ini Anda bisa membuat koneksi dengan SSH untuk mengekstrak filenya secara manual. Tentunya cara ini jauh lebih praktis. Dengan ini semua file penting Anda dapat terjaga dan tidak akan hilang ketika Anda memasang hosting ke web.

Pastikan File Tersimpan

Cara pasang hosting pada web Anda harus memastikan semua file sudah tersimpan dengan format public_html. Tentunya hal ini cukup penting untuk Anda lakukan, dengan memastikan semua file tersimpan ini Anda tidak perlu khawatir ada file yang menghilang.

Jika file sudah dapat dipastikan tersimpan dalam direktori root, Anda bisa menggunakan file manager atau FTP untuk menyimpan semua file ini. selain itu pastikan juga semua file tersebut menggunakan format public_html. Jika semua file sudah dalam format ini pasti file Anda sudah aman.

Memang jika dilihat hal ini cukup rumit, namun dengan hal ini lah file Anda bisa tersimpan dengan aman. Tanpa menggunakan cara ini file Anda pasti tidak akan aman. Makanya sangat penting untuk memperhatikan apakah file Anda sudah tersimpan dengan benar atau tidak.

Baca Juga »  Web Hosting Murah Terbaik dan Terpercaya

Mengimport Database MySQL

Cara pasang hosting pada web selanjutnya setelah semua file sudah dipastikan tersimpan dengan benar, Anda bisa langsung mengimport database MySQL. Meskipun sebenarnya tidak semua database memang sudah bernama MySQl, sehingga Anda harus mengubahnya.

Maka Anda harus membuat database baru dengan format MySQL. Kemudian Anda bisa import file baru tersebut dengan mengganti nama, alamat, host, dan password. Setelah itu maka otomatis ada website baru dengan nama MySQL. Biasanya jika sudah begini Anda bisa langsung mengimport database tersebut.

Ketika database sudah berubah formatnya, maka proses pemasangan website tersebut sudah berhasil Anda lakukan dengan benar. Namun sebaiknya Anda juga mengecek kinerja website tersebut sebelum memutuskan berhasil atau tidaknya.

Mengecek Keberhasilan Website

Cara memasang hosting pada web selanjutnya Anda harus memastikan apakah web tersebut dapat online dengan benar atau tidak. Apabila nantinya Anda langsung diarahkan ke hostinger maka bisa dipastikan jika Anda berhasil  dan yang perlu Anda lakukan adalah membuka domain.

Cara pasang hosting pada web yang perlu Anda ingat jika domain tersebut diarahkan ke server maka sebaiknya Anda menunggu selama 24 jam agar DNS bisa sepenuhnya dipropagasi. Namun jika nanti domain diarahkan pada provide lain, maka sebaiknya Anda segera mengecek ulang dengan beberapa cara untuk memastikan apakah domain bisa diakses atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.