Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Android

Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Android
Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Android ( kapanlagi.com )

Iklan yang tiba-tiba muncul di smartphone android sering kali menyebabkan gangguan, bukan? Bagaimana sih cara menghapus iklan pada smartphone android?

Selain mengganggu, keberadaan iklan pada smartphone android ini juga dapat menjadi pintu masuk bagi virus atau malware. Aplikasi yang menayangkan iklan seringkali mengambil konten iklan dari beragam sumber, yang mana hal ini dapat menurunkan tingkat keamanan perangkat anda.

Lebih jauh lagi, iklan pada smartphone android dapat memancing anda untuk mendownload aplikasi apk dari sumber yang meragukan.

Aplikasi-aplikasi ini, yang umumnya memiliki skor rendah di play store, berisiko mengandung virus atau malware yang mengancam keamanan data pada smartphone android anda. Karenanya, sangatlah krusial untuk mengetahui cara menghapus iklan pada smartphone android anda.

Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android

Berikut adalah metode paling efektif untuk menghapus iklan pada perangkat android.

1. Bayar Aplikasi atau Biaya Langganan

Sebagian besar aplikasi pada sistem operasi android memanfaatkan iklan sebagai sumber pendapatan utama. Ini merupakan metode standar bagi para pengembang aplikasi untuk menghasilkan pendapatan.

Dana yang diperoleh dari iklan tersebut biasanya dialokasikan untuk menutupi biaya operasional pengembang, pengembangan lebih lanjut dari aplikasi, serta untuk mengamankan keuntungan.

Untuk memberikan alternatif kepada pengguna yang ingin menghindari iklan, banyak pengembang menawarkan opsi berlangganan. Melalui model berlangganan ini, perusahaan dapat terus menerima pendapatan secara berkala, baik bulanan maupun tahunan, dari pengguna yang memilih untuk tidak melihat iklan pada perangkat mereka.

Hal ini membuat pendapatan para pengembang lebih stabil daripada jika hanya mengandalkan pembelian satu kali saja.

Meskipun ada beberapa aplikasi yang tersedia dengan model pembayaran satu kali di muka, aplikasi dengan model ini cenderung jarang menerima pembaruan konten, sehingga dapat menjadi kurang menarik bagi pengguna setelah periode penggunaan yang panjang.

2. Matikan Jaringan Seluler atau WiFi

Metode lain untuk menghilangkan iklan pada perangkat android adalah dengan memutus koneksi internet, baik melalui data seluler maupun wifi. Langkah ini terbukti efektif dalam menghapus iklan dari berbagai aplikasi atau permainan yang masih dapat beroperasi tanpa koneksi internet.

Aplikasi biasanya memerlukan unduhan konten iklan melalui internet sebelum menampilkannya. Jika koneksi internet dinonaktifkan, aplikasi tersebut tidak akan mampu mengakses atau mengunduh konten iklan baru. Ini berarti bahwa aplikasi atau permainan yang tidak memerlukan internet untuk berfungsi akan tetap berjalan tanpa gangguan.

Selain itu, memutus koneksi internet juga dapat melindungi ponsel anda dari risiko malware atau pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

3. Menu Security di Settings

Kekhawatiran terbesar terkait iklan pada smartphone adalah potensi masuknya virus atau malware melalui aplikasi yang meragukan.

Beberapa iklan pada perangkat ndroid dapat mengelabui pengguna untuk mengunduh aplikasi tertentu yang seringkali memiliki penilaian rendah di play store dan tidak benar-benar diperlukan oleh pengguna.

Untuk menghindari pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya pada smartphone android, anda dapat mengaktifkan pemblokiran pemasangan aplikasi dari sumber luar play store melalui opsi keamanan dalam pengaturan.

Langkah-langkahnya adalah dengan membuka pengaturan atau settings, menuju ke bagian keamanan, lalu privasi dan pastikan untuk tidak mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal (Unknown sources).

4. Menghapus Iklan di Hp Xiaomi

Xiaomi dikenal sebagai merek smartphone yang sering memunculkan iklan pada aplikasi yang sudah terinstal sejak awal.

Kehadiran iklan pada ponsel xiaomi ini kerap menjadi sumber gangguan bagi beberapa pengguna. Kondisi ini pun mendorong mereka untuk menghindari penggunaan aplikasi standar dari xiaomi dan beralih ke aplikasi alternatif.

Untuk menghilangkan iklan pada aplikasi standar di xiaomi, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke pengaturan atau menu settings
  • Gulir ke bawah hingga menemukan opsi passwords & security
  • Pilih menu privacy
  • Temukan dan pilih ad services
  • Nonaktifkan fitur personalized ad recommendations
  • Buka aplikasi standar xiaomi, seperti security
  • Pilih pengaturan atau ikon settings di pojok kanan atas
  • Nonaktifkan fitur receive recommendations
  • Nonaktifkan juga opsi recommendations pada semua aplikasi standar yang ada di xiaomi.

5. Blokir Aplikasi di Browser Chrome

Chrome merupakan peramban standar pada perangkat android. Ini tidak hanya dijadikan peramban utama, tetapi juga sering digunakan oleh berbagai aplikasi lain sebagai peramban default untuk menampilkan isi dari situs web. Saat menjelajahi internet menggunakan peramban seperti chrome, iklan sering muncul.

Untuk menghindari risiko malware atau perangkat lunak berbahaya selama menjelajah internet, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka peramban chrome
  • Tekan tombol menu (tiga titik vertikal) yang terletak di pojok kanan atas
  • Masuk ke pengaturan dengan memilih opsi settings
  • Gulir ke bawah hingga anda menemukan pilihan site settings
  • Pilih pop-ups and redirects
  • Nyalakan opsi pop-ups and redirects dengan memastikan statusnya berubah menjadi “Allowed
  • Kembali ke pengaturan site settings
  • Pilih opsi ads dan aktifkan fitur tersebut.

Dengan mengaktifkan fitur pop-ups and redirects, chrome akan menghalangi kemunculan iklan pop-up saat anda menjelajah web.

Selain itu, fitur ini juga akan mencegah pengalihan otomatis ke situs lain. Namun, perlu diperhatikan bahwa metode ini hanya efektif mengeliminasi iklan pada perangkat seluler ketika menggunakan chrome.

Cara Menghilangkan Iklan di Hp dengan Aplikasi

Anda juga dapat menghilangkan iklan dengan menggunakan aplikasi. Inilah langkah-langkahnya:

1. Instal Aplikasi AdBlocker

Play store menawarkan beragam aplikasi pemblokir iklan yang bisa snda sesuaikan dengan keperluan snda. Terdapat beberapa aplikasi pemblokir iklan yang khusus berfungsi pada aplikasi tertentu, seperti browser, memungkinkan pengaturan otomatis sehingga snda dapat menjelajahi internet tanpa adanya gangguan iklan.

Berikut adalah beberapa saran dalam memilih aplikasi sdblocker yang efektif:

  • Hanya unduh adblocker dari play store untuk keamanan.
  • Hindari menginstal adblocker dari sumber luar play store untuk mencegah risiko malware.
  • Setelah terinstal, lakukan pemindaian pada aplikasi adblocker di ponsel anda.
  • Pilihlah aplikasi yang memiliki nilai ulasan tinggi, minimal 4.5, di play store.
  • Teliti deskripsi aplikasi dan seleksi yang terbaik sesuai dengan keperluan anda.

2. Gunakan UC Browser

Selain menggunakan chrome, uc browser merupakan alternatif lain yang menawarkan pengalaman menjelajah internet yang lebih aman. Dengan teknologi engine u4, uc browser menyediakan kemudahan dalam menjelajahi web, mempercepat proses pengunduhan file, serta menikmati video tanpa hambatan.

Fitur pemblokir iklan yang tersedia di uc browser juga efektif dalam menghalau iklan-iklan yang dapat mengganggu saat anda sedang berselancar di internet.

Berikut adalah berbagai metode untuk memblokir iklan pada perangkat android, baik tanpa menggunakan aplikasi maupun dengan bantuan aplikasi. Anda dapat memanfaatkan teknik-teknik tersebut untuk menjaga smartphone android anda dari virus dan malware.

Sebagai langkah keamanan ekstra, anda dapat memasang aplikasi antivirus pada smartphone android anda sebagai perlindungan dari malware yang mungkin berasal dari iklan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *