Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Business

Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Business
Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Business ( sribu.com )

Whatsapp business merupakan aplikasi perpesanan yang esensial bagi para pelaku umkm dan pemilik bisnis saat ini. Aplikasi khusus untuk bisnis yang dirilis oleh whatsapp ini mendapat sambutan positif dari banyak pemilik usaha di seluruh dunia. Aplikasi ini memfasilitasi komunikasi yang efisien dan cepat dengan sejumlah besar pelanggan.

Selain itu, whatsapp business juga dilengkapi dengan fitur-fitur bermanfaat seperti balasan otomatis, statistik pesan, penyortiran pesan, serta kemampuan untuk menampilkan informasi perusahaan secara detail.

Mengoperasikan whatsapp business terbilang sederhana, sebab aplikasi tersebut bisa diunduh dari google play store maupun apple app store.

Dibandingkan dengan versi whatsapp reguler, edisi bisnis ini dirancang khusus untuk membantu para pengusaha dalam berkomunikasi secara langsung dan mempromosikan produk mereka kepada konsumen.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi perpesanan instan ini untuk bisnis guna memperbesar keuntungan anda. Bagaimana langkah-langkahnya?

1. Lengkapi Profil Bisnis Anda

Ketika memulai penggunaan whatsapp business, langkah awal yang harus diambil adalah mengisi profil bisnis anda secara detail. Ini termasuk menambahkan nama bisnis, lokasi, jenis bisnis, gambar produk atau layanan, ringkasan deskripsi bisnis, serta tautan website atau url toko anda.

Tambahkan juga informasi tentang jam buka dan alamat email bisnis untuk kemudahan komunikasi pelanggan.

Memastikan profil bisnis anda terisi penuh akan meningkatkan tampilan profesionalisme toko anda. Profil ini dapat diisi melalui pengaturan di menu settings > business settings. Setelah mengisi semua detail yang diperlukan, jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan tombol save.

2. Gunakan Fitur Greeting Message dan Quick Replies

Whatsapp business memiliki kemampuan untuk mengirim pesan otomatis yang efektif dalam memberikan tanggapan cepat kepada pelanggan, termasuk saat anda tidak dapat terhubung secara online. Keunggulan ini meningkatkan impresi positif terhadap pelanggan. Terdapat tiga jenis layanan pesan otomatis yang ditawarkan:

  • Pesan saat tidak ada (Away message). Fungsi ini secara otomatis memberikan jawaban kepada pelanggan yang menghubungi di luar waktu bisnis.
  • Pesan sambutan (Greeting message). Secara otomatis memberikan sapaan kepada pelanggan yang mengirim pesan pertama kali atau yang belum mendapat respons selama 14 hari.
  • Balasan cepat (Quick replies). Menjawab pesan secara otomatis berdasarkan kata kunci spesifik. Ini membantu menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu menjawab setiap pesan secara individual.

Anda dapat mengatur fitur ini dengan membuka settings > business settings di aplikasi whatsapp vusiness anda.

Selanjutnya, pilih tipe pesan yang ingin anda atur di bagian messaging tools. Siapkan berbagai frasa sapaan yang sesuai. Pastikan semua pesan otomatis telah diatur dengan benar sebelum mempublikasikan nomor whatsapp business anda kepada pelanggan.

3. Buat Broadcast Produk Baru atau Promo

Whatsapp business menawarkan fitur broadcast yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk dan penawaran terbaru dengan lebih efisien. Penggunaan fitur ini sangat krusial dalam meningkatkan volume penjualan.

Fitur broadcast ini memungkinkan anda untuk mengirim pesan secara serentak kepada hingga 256 pelanggan. Cara membuat pesan broadcast adalah dengan menekan tombol menu dan memilih opsi new broadcast, lalu memilih pelanggan yang ingin anda jadikan target pesan tersebut.

4. Beri Label Kontak Pelanggan

Aplikasi whatsapp business menyediakan fitur Label yang berguna untuk mengategorikan chat atau kontak pelanggan. Fitur ini memudahkan komunikasi dengan pelanggan dengan memungkinkan anda mengenali mereka sebelum berinteraksi. Anda dapat membuat label khusus sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Secara bawaan, terdapat beberapa label yang sudah tersedia, seperti: Pelanggan baru, pesanan baru, pembayaran tertunda dan sebagainya. Untuk menggunakan label di whatsapp business, anda cukup menekan dan menahan percakapan yang ingin dilabeli, kemudian memilih label yang sesuai.

5. Periksa Statistik Pesan dan Evaluasi

Whatsapp business menyediakan fitur analisis statistik yang berguna untuk memantau jumlah pesan yang dikirim dan diterima dari pelanggan. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengetahui jumlah pesan yang telah dibaca. Pesan yang banyak dibaca menandakan keberhasilan dan dapat dijadikan acuan untuk strategi komunikasi selanjutnya.

Penting untuk merancang pesan yang efektif dan menghindari kesan spam. Tujuannya adalah agar setiap pesan yang disebarkan melalui fitur broadcast dapat dibaca oleh penerima, yang berpotensi meningkatkan transaksi. Untuk mengakses fitur statistik ini, anda bisa pergi ke settings > business settings > statistic di aplikasi whatsapp business.

Sebagai pemilik bisnis, memanfaatkan whatsapp business adalah langkah strategis untuk berinteraksi dengan pelanggan secara lebih efisien dan praktis. Disini, kami menawarkan berbagai layanan untuk membantu anda mengoptimalkan penggunaan whatsapp business dalam strategi pemasaran anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *