cek ip hosting

Cara Mudah Cek IP Hosting Website, Aman dan Cepat

Setiap website memiliki IP hosting masing-masing yang akan mempermudah pengguna untuk melakukan akses. Cek IP hosting website ini, ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan prosesnya juga cepat dan terbilang aman tanpa mengancam eksistensi website.

Ada banyak alasan yang membuat seseorang perlu mengetahui IP hosting sebuah website. Di artikel berikut ini, akan dibahas secara lengkap apa saja manfaat mengetahui sebuah IP hosting dan seperti apa cara yang bisa dilakukan.

Alasan Cek IP Hosting

IP hosting ini, bukan hanya sekedar kode. IP address layaknya sebuah identitas yang akan dimiliki oleh setiap website dan perangkat. Fungsinya sangat penting yaitu untuk membantu pengguna untuk menemukan informasi penting dari sebuah website.

Lalu, mengapa harus mengecek IP hosting? Tujuannya adalah untuk mengelola akses sebuah perangkat ke website-website tertentu. Jika IP hosting sebuah website diketahui, maka akan lebih mudah untuk melakukan pemblokiran demi keamanan perangkat.

Saat terjadi kegagalan koneksi, IP hosting juga bisa mempermudah pengguna untuk mencari tahu penyebabnya. Jika dideteksi ada website yang tidak aman, maka melalui IP hosting tersebut pengguna bisa langsung melakukan pemblokiran.

Sebaliknya, melalui IP hosting pengguna juga bisa mengakses kembali website yang sudah diblokir. IP hosting akan mempermudah pengaturan pengalihan pemblokiran sebuah website.

Selain itu, pengguna juga bisa menemukan lokasi geografis server sebuah website. Pada intinya, cek IP hosting ini bisa memberikan begitu banyak manfaat. Jadi penting untuk memahami seperti apa cara untuk mengeceknya.

Cara Mudah Cek IP Hosting

Di zaman modern seperti sekarang, memang berbagai informasi bisa diakses dengan mudah. Langsung saja, mari cari tahu apa saja cara untuk mengetahui IP hosting sebuah website. Berikut adalah beberapa pilihan cara cek IP hosting yang bisa dilakukan:

Baca Juga »  Cara Menghubungkan Domain ke Hosting Tanpa Gagal, Coba Terapkan Ini!

1. Cek di Email Informasi

Cara pertama, pengguna bisa mengecek IP hosting melalui email informasi dari akun hosting. Setelah membeli layanan hosting, biasanya pihak penyedia layanan akan mengirimkan email. Email ini, berisi informasi mengenai detail akun dan di dalamnya tercantum IP hosting.

Mudah saja, langsung buka email informasi yang dikirimkan oleh pihak penyedia layanan hosting. Buka file yang dilampirkan dan cari IP pada informasi akun. Namun  cara ini hanya bisa dilakukan, jika email tersebut memang sudah diterima dan belum dihapus oleh pengguna.

Itulah mengapa sangat disarankan setelah membeli hosting, segera simpan semua informasi yang diterima. Termasuk email informasi yang sudah diterima. Jangan buru-buru menghapus email tersebut dan akhirnya kehilangan informasi mengenai website, termasuk nomor IP hosting-nya.

2. Periksa di Member Area

Beberapa penyedia layanan hosting, menyediakan member area di laman website-nya untuk mempermudah pelanggan mengakses informasi akun. Jika layanan hosting yang digunakan memang menyediakan fasilitas seperti ini, maka manfaatkan saja.

Caranya sangat mudah, tinggal masuk saja ke website layanan hosting yang digunakan. Dari sana, bisa langsung ikuti saja petunjuk atau instruksi login yang tersedia. Masukkan data username dan password di kolom yang disediakan lalu lakukan login.

Jika sudah berhasil masuk ke akun yang dimiliki, maka langsung saja cari informasi yang diinginkan. Tentunya setiap jasa hosting, akan memiliki tampilan website yang berbeda sehingga petunjuk login dan akses ke member area bisa saja berbeda.

Umumnya, informasi mengenai IP hosting ini bisa diakses melalui menu pengaturan dari hosting yang digunakan. Jika memang layanan hosting yang dipakai menyediakan fasilitas seperti ini, maka mudah saja untuk terus mengecek IP hosting saat dibutuhkan.

Baca Juga »  12 Rekomendasi Layanan Web Hosting Gratis Paling Populer

3. Periksa Melalui cPanel

Pilihan cara berikutnya untuk mengecek IP hosting adalah dengan melihatnya melalui cPanel. Langsung saja login ke cPanel dengan cara mengakses https://domainanda/cpanel. Gunakan username dan password cPanel yang sudah dimiliki untuk login.

Menariknya, ada beberapa layanan hosting yang sudah menyediakan fitur akses ke cPanel langsung dari member area. Jadi, tidak perlu repot-repot melakukan login manual ke cPanel.

Jika cPanel berhasil diakses, maka langsung lihat saja IP hosting yang ada di bagian kartu General Information. Tampilan ini bisa ditemukan di bagian kanan dari halaman cPanel. Informasi lebih lengkap mengenai server dan sistem operasi juga bisa dilihat di sana.

4. Gunakan Web-based Tools

Cek IP juga bisa dilakukan dengan memakai web-based tools. Ini merupakan tools khusus yang digunakan untuk memeriksa informasi sebuah website. Tools semacam ini, bisa digunakan oleh siapa saja jadi terbilang sangat mudah untuk diakses.

Mudah saja, coba gunakan aplikasi web-based tools seperti check-host.net. Setelah masuk ke laman tersebut, ketikkan nama domain website di kolom yang sudah tersedia. Kemudian tekan enter dan tunggu sampai muncul informasi yang diinginkan.

Cara ini sangat mudah untuk digunakan hanya saja memang harus dipilih jenis tools yang tepat. Selain itu, pastikan bahwa tools yang dipakai aman sehingga informasi website tersebut tetap terjaga dan tidak disalahgunakan.

5. Periksa IP Pakai CMD

Pengguna juga bisa mengetahui IP hosting melalui CMD. Perlu diketahui bahwa setiap sistem operasi memiliki command prompt. Command prompt ini digunakan untuk memeriksa IP dengan mudah dan sangat aman untuk diakses.

Tentu saja setiap sistem operasi membutuhkan langkah yang berbeda agar bisa mengakses command prompt. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti sesuai jenis sistem operasinya:

  • Tekan Windows + R lalu ketik CMD, tekan Enter (bisa juga dengan langsung mengetik CMD di bagian kolom pencarian supaya Command Prompt terbuka).
  • Tekan kombinasi tombol Command + Spasi lalu ketik Terminal.
  • Tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T, lalu tunggu sampai jendela Terminal terbuka secara otomatis.
Baca Juga »  Mengenal Pengertian Cloud Hosting Google dan Keunggulannya

Lalu, bagaimana jika jendela Terminal sudah terbuka? Mudah saja, langsung jalankan perintah ping yang diikuti oleh nama website. Setelah itu, tekan tombol Enter dan tunggu sampai informasi website yang diminta muncul.

6. Pakai Small SEO Tools

Selain biasa dipakai untuk melakukan cek plagiarisme, Small SEO Tools ternyata juga bisa digunakan untuk memeriksa IP hosting. Platform ini bahkan bisa memeriksa IP hosting untuk 10 website dalam satu waktu. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke laman website Small SEO Tools.
  • Scrolls dan cari menu Domain Tools.
  • Klik Domain IP Lookup.
  • Masukkan alamat domain website kemudian klik domain IP Lookup.
  • Tunggu sampai muncul informasi yang diinginkan.

Small SEO Tools ini, merupakan platform yang memiliki performa sangat baik. Proses pengecekan IP hosting lewat platform ini bisa berlangsung cepat. Cara penggunaannya juga mudah, tidak butuh login.

Pilihlah cara cek IP hosting yang dirasa paling mudah dan cepat. Jika satu cara yang dicoba tidak berhasil, maka bisa dicoba cara lainnya. Setelah mendapatkan informasi IP hosting ini, sangat disarankan menyimpannya dengan baik, sehingga bisa dilihat sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.