Cara Merawat Baterai Laptop Nggak Boleh Asal Ini Dia 7 Tips Jitunya (timesindonesia.co.id)
Cara Merawat Baterai Laptop Nggak Boleh Asal Ini Dia 7 Tips Jitunya (timesindonesia.co.id)

Cara Merawat Baterai Laptop Nggak Boleh Asal, Ini Dia 8 Tips Jitunya!

Cara merawat baterai laptop sebenarnya mudah sekali. Hanya saja beberapa penggunanya masih saja mengabaikan hal tersebut.

Bahkan ada beberapa pemahaman dan kebiasaan yang sebenarnya kurang tepat, namun masih saja mereka lakukan hingga saat ini. Mereka tidak menyadari jika apa yang telah dilakukan akan berpengaruh terhadap kesehatan baterai laptop itu sendiri. Jika rusak, siapa yang rugi?

8 Cara Merawat Baterai Laptop yang Tepat Agar Awet

Meski telah dibekali teknologi dan software untuk menghemat baterai, faktanya seiring lamanya pemakaian laptop tetap kehabisan daya. Namun, setidaknya ada beberapa hal yang bisa Anda perbuat agar baterai laptop awet.

Jangan sampai penggunaan dan perawatan yang salah akan berpengaruh buruk pada kesehatan baterai laptop. Simak tips-tips mudahnya berikut ini.

1. Hindari Membuka Banyak Aplikasi

Belum banyak yang tahu jika membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan membuat baterai laptop cepat habis. Selain itu menjadikan laptop bekerja lebih ekstra.

Sebaiknya gunakan aplikasi seperlunya saja. Tutup aplikasi yang sudah tidak dipakai. Untuk mengetahui aplikasi mana yang banyak menyedot resource CPU, Anda bisa memanfaatkan Windows Task Manager.

Baca Juga »  Ternyata Ini 2 Cara Partisi SSD Windows 10 yang Perlu Diketahui

2. Cas Baterai Selama 8 Jam

Cara merawat baterai berikutnya berlaku saat Anda membeli laptop baru. Cas baterai selama 8 jam untuk menyesuaikan baterai laptop yang lama tidak dicas karena tidak digunakan.

3. Beri Jeda Saat Laptop Dicas

Meski sudah tahu bahwa kebiasaan memainkan laptop saat dicharge akan memperpendek usia baterai, namun beberapa orang terkesan tidak mengindahkannya.

Usahakan jangan memakai laptop untuk kegiatan apapun saat sedang diisi daya baterainya. Ini bertujuan agar pengisian optimal sehingga masa pakai baterai awet. Selain itu, cara ini juga merupakan langkah merawat baterai laptop agar tidak cepat panas atau drop.

4. Hindari Mengisi Daya dalam Waktu Singkat atau Menunggu Hingga Daya Baterai Habis

Awasi kondisi baterai jika Anda sering menghabiskan waktu menggunakan laptop. Usahakan jangan sampai baterai habis total. Segera lakukan pengisian daya saat kapasitas baterai berada di posisi 60% – 70%.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Laptop Tanpa Harus Membongkar, Khusus Pemula!

Selain baterai awet nantinya, cara ini juga memungkinkan baterai terisi penuh dalam waktu singkat. Berbeda halnya jika daya baterai habis total. Tentu waktu pengisian juga lebih lama.

5. Hindari Laptop Mengalami Overheat

Cara merawat baterai laptop supaya tetap sehat adalah menghindari faktor penyebab kerusakannya yakni overheat. Overheat adalah kondisi dimana laptop mengeluarkan panas berlebih.

Hampir kondisi ini pernah dialami para penggunanya. Hal ini terjadi karena pemakaian laptop terlalu lama. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu gunakan laptop fan. 

6. Hindari Mengisi Daya Terlalu Lama

Kesehatan baterai laptop juga akan terganggu bila Anda mengisi daya terlalu lama. Saat baterai laptop telah terisi penuh, segera cabut dari charger. Bila mengabaikannya, dapat dipastikan kinerja baterai akan mengalami kerusakan.

7. Pahami Kapasitas Pemakaian

Performa laptop juga tergantung pada kinerja baterai. Barang elektronik seperti laptop pasti memiliki kapasitas sendiri.

Jadi, jangan asal pakai. Sama seperti kita, laptop juga terkadang merasa lelah sehingga butuh waktu rehat. Perlakukan laptop sesuai kapasitasnya dan kondisikan dengan lama waktu pemakaian.

Baca Juga »  Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Gampang!

8. Atur Pencahayaan

Layar adalah salah satu fitur yang menguras daya baterai. Selain itu, layar laptop yang terlalu cerah juga dapat merusak saraf penglihatan.

Jadi, supaya baterai dan mata tetap sehat, aturlah kontras pada mode rendah. Hal yang tidak boleh terlupakan adalah selalu menggunakan charger ori laptop.

Bagaimana, cara merawat baterai laptop yang telah diulas tadi cukup mudah untuk diterapkan bukan? Praktekkan tips-tips tersebut  jika Anda ingin baterai laptop panjang umur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.