Cara Merawat Baterai HP Baru Ingin Dayanya Selalu Awet Terapkan Ini (tirto.id)
Cara Merawat Baterai HP Baru Ingin Dayanya Selalu Awet Terapkan Ini (tirto.id)

Cara Merawat Baterai HP Baru Ingin Dayanya Selalu Awet? Terapkan Ini!

Cara merawat baterai HP baru harus diketahui dengan tepat. Meski HP baru, bila cara merawat baterainya kurang tepat bisa jadi bumerang bagi diri Anda.

Selain performa, pengguna Android tentu memiliki keinginan agar baterai HP tidak cepat rusak. Hal yang perlu Anda ketahui adalah ada banyak cara mudah demi mendapatkan baterai long lasting.

7 Cara Merawat Baterai HP Baru yang Simpel agar Selalu Awet

Memiliki HP baru adalah hal yang membahagiakan. Beberapa orang mengakui bahwa tidak sanggup menjalani kehidupan tanpanya. Mereka menganggap HP adalah bestie terbaik.

Pasalnya segala hal bisa dilakukan dengannya. Mulai dari menyelesaikan segudang pekerjaan dan tugas, ngegame, nonton drakor, dan kegiatan lain favorit.

Permasalahan yang umum dijumpai adalah daya baterai yang semula irit menjadi cepat habis. Tentu tidak mau bukan Anda mengalami hal tersebut? Cobalah beberapa trik jitu agar baterai HP awet berikut ini.

1. Selalu Pakai Charger Original

Charger original telah disesuaikan dengan kualitas HP. Hal yang harus dipahami adalah penggunaan charger yang tidak sesuai dengan kualitas HP akan membuatnya cepat panas. Padahal, HP yang sering panas mudah rusak.

Baca Juga »  3 Cara Memindahkan Video Dari Instagram Ke Galeri Dengan Mudah

2. Hindari Menggunakan Power Bank

Hal yang wajar apabila kita tidak mau ribet melakukan segala hal, termasuk mengisi daya baterai HP. Salah satunya adalah menggunakan power bank terlalu sering.

Padahal pemakaian power bank hanya disarankan ketika situasi urgent saja. Faktanya, pengguna sering menggunakan power bank setiap saat. Mereka tidak menyadari bahwa hal ini akan membunuh baterai HP perlahan-lahan.

3. Lakukan Tweak WiFi

Pengaturan untuk mengaktifkan jaringan WiFi secara otomatis ada pada Android keluaran terbaru. Android akan langsung terhubung saat ada jaringan WiFi aktif.

Sebagai cara merawat baterai HP baru agar awet adalah atur scanning agar WiFi tersambung saat  posisi on saja. Cara mudah melakukan hal tersebut adalah masuk ke menu Setting/ Pengaturan > Wifi > More > Always Allow Scanning > terakhir pilih opsi Scan Only While WiFi is On.

Baca Juga »  Apa Itu Root? Inilah Kelemahan Dan Kelebihan

4. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Pengunduhan aplikasi berukuran besar juga menyumbang daya baterai mudah terkuras. Anda bisa mengakali hal tersebut dengan mengunduh aplikasi versi Lite saja.

Tentunya versi ini hadir dengan ukuran lebih kecil sehingga daya baterai hemat. Aplikasi versi Lite adalah solusi tepat untuk smartphone dengan spesifikasi terbatas.

5. Hindari Mengisi Daya Hingga 100%

Beberapa anggapan yang berkembang di masyarakat tidak sepenuhnya benar. Salah satunya adalah wajib mengisi daya baterai hingga penuh.

Padahal, fakta ilmiahnya tidak demikian. Saran pengisian baterai sebaiknya dimulai dari kisaran 30%-80% saja. Hal ini untuk menjaga agar voltase tegangan yang masuk ke dalam baterai tetap rendah sehingga baterai lebih panjang umur.

6. Rutin Bersihkan Debu yang Menempel

Cara merawat baterai HP baru yang simpel namun sering dilewatkan begitu saja. Mengingat HP tak pernah lepas dari genggaman tangan saat kita pergi ke mana pun, maka hal wajar apabila berisiko terpapar debu.

Baca Juga »  Trik Bertransaksi Cepat! Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja Untuk Berbagai Keperluan

Jika dibiarkan begitu saja, debu akan menumpuk dan HP menjadi cepat panas. Usap baterai dengan lap microfiber atau lap kacamata. Ingat, luangkan waktu Anda sejenak saja untuk rutin membersihkannya.

7. Jaga Suhu Ponsel agar Tetap Dingin

Baterai akan cepat terkuras apabila terlalu panas. Lebih baik saat dicas HP benar-benar diistirahatkan dari segala aktivitas.

Pastikan Anda menerapkan cara merawat baterai HP baru dengan benar. Ini hanya jika Anda ingin performa Android serta baterai selalu prima.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.