Cara Menghilangkan Protected View Pada Microsoft Excel

Cara Menghilangkan Protected View Pada Microsoft Excel
Cara Menghilangkan Protected View Pada Microsoft Excel ( fiverr.com )

Apakah anda pernah menghadapi kendala saat membuka berkas excel (.xls, .xla, .xlt, .xlm, .xlb, .xlt), yang disertai dengan munculnya pesan pemberitahuan di bawah ribbon? Jika iya, artikel ini memberikan solusi yang sesuai untuk permasalahan tersebut.

Saya sendiri juga mengalami situasi serupa, di mana seringkali muncul notifikasi “Protected view” saat membuka dokumen.

Beberapa pengguna mungkin menganggapnya tidak masalah, hanya perlu mengklik “Enable editing” agar dapat mengedit dokumen.

Namun, bagi saya, terkadang terasa merepotkan harus selalu melakukan langkah tersebut setiap kali membuka dokumen. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi hal ini? Untuk pemahaman lebih lanjut, mari kita simak penjelasan dan panduannya berikut ini.

Fungsi Protected View Microsoft Excel

Beli Lisensi Microsoft Office Original di Shopee

Protected view, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2010, merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh microsoft office. Sejak diluncurkan, fitur protected view terus diperbarui dan diperbaiki untuk tetap memberikan perlindungan kepada pengguna dari potensi virus, worm dan malware yang mungkin terdapat dalam dokumen.

Fungsinya sangat bermanfaat bagi pengguna windows, memungkinkan mereka untuk melihat dokumen dalam mode baca saja (read-only) atau melakukan pengeditan dengan tetap dalam mode proteksi.

Fitur ini akan aktif ketika pengguna mengunduh dokumen excel dari Internet atau menerima dokumen melalui berbagai platform seperti whatsapp, telegram, email gmail dan sebagainya.

Isi pesan yang muncul dapat bervariasi, untuk informasi yang lebih rinci, silakan lihat tabel di bawah ini.

EnglishIndonesian
Be careful – files from the Internet can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in protected view.Hati-hati – file dari internet dapat berisi virus. Jika anda tidak perlu mengedit, lebih aman tetap dalam tampilan terproteksi.
Be careful – email attachments can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in protected view.Hati-hati – lampiran email bisa berisi virus. Jika anda tidak perlu mengedit, lebih aman tetap dalam tampilan terproteksi.
This file was opened from a potentially unsafe location. Click for more details.File ini dibuka dari lokasi yang berpotensi tidak aman. Klik untuk lebih jelasnya.
Office has detected a problem with this file. Editing it may harm your computer. Click for more details.Office telah mendeteksi masalah dengan file ini. mengeditnya dapat membahayakan komputer anda. Klik untuk lebih jelasnya.
This file was opened in protected view. Click for more details.File ini dibuka dalam tampilan terproteksi. Klik untuk lebih jelasnya.
Be careful – This file is from someone else’s onedrive. Unless you trust this person and want to continue collaborating with them, it is safer to stay in protected view.Hati-hati – File ini dari onedrive orang lain. Jika anda tidak memercayai orang ini dan ingin terus berkolaborasi dengannya, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.

Selanjutnya, bagaimana cara menonaktifkan fitur protected view pada microsoft excel agar tidak muncul lagi? Caranya sangat sederhana, ikuti langkah-langkah berikut ini;

Cara menghilangkan Protected View Microsoft Excel

Agar notifikasi protected view dapat dihapus, anda hanya perlu membuka kunci pada dokumen atau menonaktifkan fitur tersebut melalui trust center. Silakan simak penjelasan tentang kedua langkah tersebut di bawah ini.

1. Unlock file Microsoft Excel

Fitur unlock file memungkinkan pengguna untuk mengedit dan membuat perubahan pada dokumen tanpa menghadapi proteksi windows. Setelah berhasil melakukan unlock, dokumen tidak akan lagi menampilkan pesan protected view. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan unlock:

1. Pertama-tama, klik kanan pada dokumen excel yang ingin diubah. Pilih opsi properties seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah ini.

2. Setelahnya, beri tanda centang pada opsi unlock yang terletak di sudut kanan bawah dengan tulisan ‘This file came from another computer and might be blocked to help protect this computer’. Setelah melakukan itu, tekan tombol apply, sehingga opsi unlock akan dihapus. Terakhir, klik ok.

3. Bukalah file excel anda dan anda tidak akan lagi menemui pesan protected view seperti sebelumnya.

Dengan singkat, langkah-langkah di bawah ini dapat anda ikuti:

  • Klik kanan pada dokumen excel.
  • Pilih properties.
  • Centang opsi unlock.
  • Klik apply dan ok.
  • Buka kembali dokumen dan anda tidak akan lagi melihat pesan protected view.
  • Selesai.

2. Disable Protected View melalui Trust Center

Menggunakan trust center, pengguna memiliki kemampuan untuk menonaktifkan atau mematikan fitur protected view. Dengan menonaktifkannya, fungsi perlindungan tidak akan berjalan, sehingga dokumen yang dibuka dari email atau unduhan tidak akan lagi dilindungi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka program microsoft excel yang sedang anda gunakan sebagai langkah pertama. Pastikan tidak ada dokumen excel yang terbuka. Selanjutnya, pilih menu options seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

2. Pada bagian ini, terdapat berbagai opsi pilihan yang dapat anda pilih, silakan buka menu trust center » pengaturan trust center…

3. Perhatikan pada bagian fitur protected view, nonaktifkan semua opsi yang memiliki tanda centang;

  • Aktifkan protected view untuk file yang berasal dari Internet.
  • Aktifkan protected view untuk file yang berada di lokasi yang mungkin tidak aman.
  • Aktifkan protected view untuk lampiran Outlook.

Setelah itu, klik OK.

4. Untuk melihat outputnya, anda dapat membuka dokumen excel yang menampilkan pesan protected view tersebut. Pesan tersebut tidak akan tampil lagi.

Secara ringkas, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka aplikasi microsoft excel.
  • Pastikan tidak membuka dokumen apa pun, lalu pilih menu opsi.
  • Pilih Trust Center » Trust Center Settings.
  • Pilih Protected View » kemudian hapus semua tanda centang yang ada.
  • Klik OK » OK.
  • Selanjutnya, anda dapat membuka dokumen excel yang diinginkan.
  • Selesai.

Penutup,

Berikut adalah beberapa langkah untuk menonaktifkan fitur protected view di microsoft excel. Semoga petunjuk ini memberikan bantuan dan manfaat bagi anda.

Langkah-langkah ini tidak hanya berlaku untuk microsoft excel, tetapi juga dapat diterapkan pada microsoft word, power point dan aplikasi lainnya untuk versi 2010, 2013, 2016, 2019, hingga yang terbaru saat ini.

Menurut pendapat kami, opsi kedua dapat dianggap sebagai alternatif agar protected view tidak muncul lagi di masa mendatang.

Sementara itu, opsi pertama hanya berlaku untuk dokumen yang telah di-unlock. Demikianlah ulasan dari kami. Jika anda memiliki pertanyaan atau ingin menyampaikan sesuatu, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *