Cara Menghilangkan Jamur di HP, Cepat & Praktis Tak Sampai 5 Menit (tedas.id)
Cara Menghilangkan Jamur di HP, Cepat & Praktis Tak Sampai 5 Menit (tedas.id)

Cara Menghilangkan Jamur di HP, Cepat & Praktis Tak Sampai 5 Menit

Cara menghilangkan jamur di HP tidak cukup hanya mengusapnya menggunakan air biasa. Cara tersebut dinilai kurang efektif dan efisien. Ternyata ada beberapa bahan yang mudah ditemukan di sekitar untuk membasmi bahkan mencegah jamur muncul kembali.

Selama ini, orang beranggapan bahwa memasang casing HP adalah cara tepat agar HP tidak kotor atau terbebas dari jamur. Selain itu, case juga membuat tampilan android semakin menarik. Padahal, case pelindung bodi belakang HP justru berpotensi memunculkan jamur.

Lantas, bagaimana dengan bagian layar? Sebuah penelitian menyebutkan bahwa layar HP lebih kotor kondisinya jika dibandingkan toilet rumah. Oleh karena itu, Anda wajib membersihkannya secara rutin.

Cara Menghilangkan Jamur di HP yang Praktis Tanpa Ribet

Jamur yang muncul pada android biasanya berwarna putih keabu-abuan. Terkadang muncul seperti bekas rembesan minyak dan air.

Jika dibiarkan saja, android akan semakin kotor bahkan berbau. Kondisi terburuknya adalah jamur akan merambat ke hardware pada HP.

Baca Juga »  Sangat Mudah Ini Dia 4 Cara Merekam Layar Hp Wajib Anda Praktekkan

Uniknya, tak perlu mendatangkan pembersih impor atau mahal, Anda bisa membersihkan jamur dengan mudah. Simak bagaimana caranya berikut ini!

Gunakan Alkohol atau Hand Sanitizer

Terlalu lama memasang case akan membuat casing ori HP menjadi lembab. Belum lagi tangan Anda adalah perantara ulung tumbuhnya kuman dan bakteri pemicu jamur.

Hand sanitizer adalah cairan pembersih tangan yang wajib ada di dalam tas sejak pandemi Covid 19 berlangsung. Siapa yang sangka jika hand sanitizer bisa dipakai sebagai cara menghilangkan jamur di HP.

Sama halnya dengan alkohol, tuangkan/ semprotkan salah satu cairan yang akan dipakai pada tisu atau kain microfiber. Usapkan pada keseluruhan bodi HP untuk menghilangkan jamur. Gosok sampai benar-benar bersih. 

Gunakan Tisu Basah

Tisu basah yang digunakan bukan sembarang tisu. Pilihlah yang mengandung antiseptik sehingga bisa menumpas bakteri dan kuman penyebab jamur.

Pastikan Anda menggosok seluruh bodi HP menggunakan tisu tersebut setelah melepaskan casing HP. Lebih fokuskan lagi pada area yang berjamur. Gosok dengan kuat bagian tersebut. Pasang case maupun HP dalam kondisi kering sempurna saat memasang case kembali.

Baca Juga »  Pengertian Aplikasi, Fungsi, dan Klasifikasinya

Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih diklaim efektif sebagai cara menghilangkan jamur di HP. Cukup menuangkan ke tisu sebelum mengusapkan ke seluruh body HP.

Pada area kotor atau berjamur, usaplah dengan sedikit menekan area tersebut. Ambil kain lembut yang kering untuk mengelap HP.

Baking Soda

Sejak dulu, baking soda dikenal ampuh membersihkan noda apapun yang menempel di berbagai bahan. Bahan aktif ini mampu membersihkan noda membandel sekalipun.

Cara menghilangkan jamur ini bisa diterapkan pada casing HP berbahan silikon. Caranya adalah:

  • Buatlah adonan pasta dari campuran baking soda dan air.
  • Oleskan pada area HP yang berjamur atau noda membandel, kemudian diamkan beberapa saat.
  • Gunakan sikat bekas atau kain dengan tekstur sedikit kasar untuk menggosok area tadi.
  • Lakukan berulang kali hingga jamur dan kotoran benar-benar hilang.
  • Gunakan kain basah untuk membersihkan sisa baking yang tertinggal pada casing HP.
Baca Juga »  Cara Mudah Mengatasi Kamera HP Buram Saat Foto

Gunakan Phonesoap UV Charger

Bila cara menghilangkan jamur di HP yang telah diulas tadi belum  memberikan hasil optimal, gunakan alat khusus yang bisa Anda temukan di official store HP. Alat ini bernama phonesoap UV.

Sesuai namanya, cara kerja alat canggih ini dengan memanfaatkan sinar UV. Anda cukup memasukkan HP ke dalamnya. Kemudian tekan tombol on setelah menutup rapat phonesoap UV. Nantinya lampu indikator akan menyala sebagai pemberitahuan bahwa HP telah selesai dibersihkan.

Jika rutin menerapkan cara menghilangkan jamur di HP yang telah diulas tadi maka HP akan tetap panjang umur. Setidaknya pilih casing anti jamur jika masih ingin menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.