Cara Menghapus Cache di HP Samsung, Performa Lancar Kembali (lifewire.com)
Cara Menghapus Cache di HP Samsung, Performa Lancar Kembali (lifewire.com)

Cara Menghapus Cache di HP Samsung, Performa Lancar Kembali

Cara menghapus cache di HP Samsung semua tipe bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan berbagai macam metode. Dengan membersihkan data cache secara rutin, pastinya bakal menjadikan performa maupun keawetan ponsel Samsung yang Anda miliki selalu terjaga.

Ya, rutin membersihkan cache maka masalah penuhnya memori internal perangkat karena banyaknya file cache tidak bakal terjadi lagi. Selain itu, dengan menghapus cache di HP Android ini juga dapat jadi solusi untuk mengatasi smartphone Samsung yang lemot saat Anda pergunakan.

Mudah! Berikut Cara Menghapus Cache di HP Samsung!

Cache sendiri berisikan data sementara yang dipakai oleh aplikasi Android berguna membantu penggunanya mengakses aplikasi secara lebih cepat. Tetapi, seiring waktu, cache bakal bertambah banyak dan membengkak, sehingga memakan memori internal (ruang penyimpanan).

Kian banyak proses yang dilakukan oleh aplikasi atau sistem, maka data cache yang tersimpan pada memori HP Samsung juga bakal semakin menumpuk. Alih-alih mempercepat kinerja HP, file-file cache itu malah akan membebani perangkat Samsung Anda, sehingga jadi ngefreeze dan lemot.

Baca Juga »  Cara Menggunakan Pengelola Memori RAM bawaan Android

Solusinya, Anda harus sering-sering menghapus data cache di smartphone Samsung yang Anda pakai. Dengan membersihkan file cache, seluruh data yang terdapat di dalam aplikasi seperti data game, data login, serta data penting yang lain tak akan turut terhapus.

Jika Anda penasaran, Anda dapat langsung memperhatikan cara membersihkan cache di HP Samsung berikut ini!

Melalui Device Care

Cara menghapus cache di HP Samsung memanfaatkan Device Care adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, silahkan membuka pengaturan ponsel Samsung Anda.
  • Lalu scroll ke bawah dan temukan menu Device Care atau Pemeliharaan Perangkat.
  • Berikutnya, sesudah jendela selanjutnya terbuka, Anda bisa memilih opsi penyimpanan (storage) di pilihan menu yang sudah tampil secara horizontal.
  • Langkah selanjutnya adalah tekan tombol Clean Now dan akan ada bagi data cache, file sampah, maupun file lain yang ada di handphone Samsung.
  • Perangkat pun akan membersihkan data cache secara otomatis.
Baca Juga »  5 Cara Memperbaiki Jaringan Telkomsel Paling Mudah Dilakukan

Clear Cache di Setiap Aplikasi

Cara membersihkan cache di HP Samsung ini terbilang cukup cepat dan gampang. Untuk menghapus cache di HP Samsung ini Anda hanya dapat membersihkan file cache setiap aplikasi satu persatu. Ya, hanya aplikasi yang Anda kehendaki saja yang nbal dihapus data cachenya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan membuka lalu jalankan ponsel Samsung Anda.
  • Berikutnya, masuk pada menu “Setting/Pengaturan” lalu pilih opsi “Apps”.
  • Di daftar aplikasi terpasang, pilihlah aplikasi Android yang hendak Anda Hapus data cache-nya.
  • Sesudah itu, di halaman App Info itu kemudian Anda klik pilihan “Storage”.
  • Selanjutnya, untuk membersihkan cache aplikasi, Anda tinggal memilih tombo “Clear Cache”.
  • Nah, secara otomatis file aplikasi yang Anda pilih sebelumnya bakal terhapus bersih.

Lewat File Manager

File Saya atau File Manager yang terdapat pada handphone Samsung merupakan salah satu aplikasi sistem bawaan ;ponsel Samsung. File Manager ini bersihkan berkas yang tersimpan pada memori internal ponsel. Seperti audio, gambar, dokumen, video, berkas unduhan, berkas instalasi, dan lain sebagainya. Di bawah ini merupakan langkah-langkah membersihkan cache melalui File Manager:

  • Pertama silahkan buka menu File Manager.
  • Lalu masuklah ke folder unduhan atau instalasi.
  • Lagu cek lebih dulu apakah terdapat file atau berkas yang sudah tidak Anda pergunakan lagi. Apabila ada, silakan hapus file itu.
  • Sesudahnya, periksa satu per satu folder yang lainnya selain unduhan.
  • Jika terdapat berkas yang tak digunakan, silahkan untuk menghapusnya.
Baca Juga »  4 Aplikasi VPN Terbaik Untuk Membuka Situs Yang Diblokir

Nah, itu tadi merupakan cara menghapus cache di HP Samsung untuk semua tipe. Sebaiknya, silahkan membersihkan berkas cache secara berkala, supaya performa maupun keawetan ponsel selalu terjaga. Cara itu sangat sederhana dan gampang tanpa perlu memakai aplikasi tambahan. Performa smartphone Samsung Anda pun lancar kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.