Cara Menggabungkan File PDF Lebih dari Satu Menjadi Satu File PDF dengan Mudah

Cara Menggabungkan File PDF Lebih dari Satu Menjadi Satu File PDF dengan Mudah
Cara Menggabungkan File PDF Lebih dari Satu Menjadi Satu File PDF dengan Mudah ( kumparan.com )

Banyak di antara kita yang masih kebingungan tentang bagaimana cara menggabungkan berkas pdf. Berbeda dengan berkas format word, menambahkan halaman ke dalam berkas pdf tidak bisa dilakukan secara langsung melalui metode seperti menambahkan halaman (insert page) atau menyalin (copy-paste) konten dari satu pdf ke pdf lainnya.

Biasanya, anda bisa menyimpan berkas yang telah anda buat di aplikasi pengolah kata seperti microsoft word, atau bahkan dari excel dan powerpoint, ke dalam format pdf. Akan tetapi, terkadang anda perlu menambahkan konten, atau menyisipkan halaman tambahan ke dalam berkas pdf yang sudah ada.

Terdapat beragam metode yang bisa diaplikasikan untuk menambahkan konten ke dalam file pdf, yang mana metode tersebut bergantung pada asal konten tersebut, apakah dari file yang lain atau tidak, dan juga apakah anda memegang file sumber asli dari pdf itu sendiri.

Artikel ini akan menjelaskan tentang teknik menambah halaman serta teknik menggabungkan berkas pdf, yang dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat baik menggunakan komputer maupun smartphone.

Cara Menambahkan Halaman Pada File PDF

Jika anda memegang file sumber seperti word, excel, atau powerpoint, anda bisa langsung membukanya, menambah halaman, lembar kerja, atau slide, serta mengisi konten pada halaman tersebut sebelum menyimpannya kembali dalam format pdf.

Cara Menggabungkan File PDF

Kesulitan yang biasa dihadapi adalah saat kita hanya mempunyai dokumen dalam bentuk pdf dan perlu menggabungkannya menjadi satu file pdf. Dalam situasi ini, anda bisa memanfaatkan perangkat lunak atau situs web pihak ketiga yang menyediakan layanan untuk menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu.

Menggabungkan File PDF dengan Adobe Acrobat

Adobe acrobat merupakan salah satu program atau aplikasi terkenal yang digunakan untuk membaca dokumen pdf baik pada komputer maupun perangkat seluler. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa menyatukan dua atau lebih dokumen pdf yang berlainan dan mengatur urutannya.

Langkah-langkah menggabungkan file dengan adobe acrobat:

  • Buka file pdf yang ingin digabungkan menggunakan adobe acrobat.
  • Pilih menu ‘tools‘.
  • Akan terlihat berbagai pilihan menu.
  • Dalam opsi ‘Insert pages‘, anda bisa memilih ‘Insert from file‘ atau ‘Combine files into pdf‘.

Kedua fitur tersebut berperan untuk memasukkan halaman baru atau mengintegrasikan berbagai dokumen terpisah menjadi satu dokumen pdf. Melalui opsi ‘Insert from file‘, anda bisa mengatur posisi dari konten yang ditambahkan, termasuk urutan halamannya.

Ingat untuk menekan tombol simpan setelah anda selesai menggabungkan file-file tersebut.

Menggabungkan File Pada Smartphone

Tidak hanya di komputer, tetapi anda juga bisa menyatukan berbagai dokumen pdf di ponsel pintar anda. Beberapa aplikasi penggabung pdf dapat ditemukan di playstore, sebagai contoh.

Beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan antara lain:

  • Adobe Acrobat Reader
  • PDF Reader
  • Combine PDF
  • PDF Merge
  • Dan lain-lain

Kebanyakan dari aplikasi-aplikasi ini menawarkan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu memilih dokumen pdf yang ingin digabungkan, kemudian tekan tombol penggabungan dan anda akan mendapatkan sebuah file pdf baru yang merupakan kombinasi dari dokumen-dokumen pdf tersebut.

Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa aplikasi mungkin meminta anda untuk membayar atau membeli versi lengkapnya untuk bisa menggabungkan lebih dari 2 atau 3 file pdf (misalnya, hanya diperbolehkan menggabungkan maksimal 3 file).

Sementara itu, aplikasi lain mungkin menawarkan layanan ini secara gratis, tetapi anda mungkin harus menonton iklan selama proses penggabungan berlangsung.

Menggabungkan File dengan 3rd Party Website

Melakukan pencarian di google dengan frasa seperti ‘merge pdf’, ‘combine pdf’, atau ‘menggabungkan file pdf’ akan mengarahkan anda ke berbagai situs web yang bisa membantu dalam penggabungan file pdf.

Banyak dari situs ini juga menawarkan fitur untuk memecah file pdf menjadi beberapa dokumen terpisah. Contohnya, jika anda ingin membagi halaman 2 hingga 3 menjadi dua file pdf yang berbeda.

Proses penggabungan file ini terbilang sederhana dan mirip dengan langkah-langkah berikut:

  • Unggah file pdf yang hendak digabungkan.
  • File ini bisa berasal dari penyimpanan komputer anda atau dari google drive.
  • Anda juga bisa mengatur tata letak atau urutan halaman di beberapa situs web.
  • Kemudian, pilih opsi untuk menggabungkan.
  • Setelah proses selesai, Anda bisa mengunduh atau menyimpan file pdf yang telah digabungkan.

Secara umum, situs web pengolah pdf ini aman dan biasanya hanya menyimpan file pdf yang diunggah untuk sementara waktu, tidak lebih dari 24 jam, sebelum file tersebut dihapus dari server mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *