Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus yang Mudah Tak Perlu Risau (kopitekno.com)
Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus yang Mudah Tak Perlu Risau (kopitekno.com)

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus yang Mudah, Tak Perlu Risau

Ada tidak sih cara mengembalikan kontak yang terhapus? Tentu saja ada. Uniknya, cara mengembalikan kontak tersebut sama mudahnya dengan foto yang terhapus.

Di era digital sekarang, android telah menjelma menjadi salah satu alat komunikasi populer. Berdasarkan fakta di lapangan, umumnya orang mengganti ponsel setiap 12-18 bulan sekali. Hal yang sering dialami saat berganti ponsel adalah semua data, termasuk kontak juga harus ditransfer ke ponsel yang baru supaya tetap bisa berkomunikasi lancar dengan keluarga, kerabat, teman, atau klien.

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus Simpel dan Praktis

Kontak merupakan komponen krusial saat seseorang memutuskan menggunakan android. Kontak inilah yang memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan pengguna android lainnya. Nah, apa jadinya jika kontak tiba-tiba hilang?

Hampir sebagian pengguna ponsel pernah mengalami hal tersebut. Daripada meminta kontak lagi ke orang lain karena pasti lebih merepotkan, Anda bisa menggunakan cara mudah berikut ini. Bila ada cara yang lebih mudah dan praktis, kenapa harus memilih yang ribet.

Baca Juga »  Inilah Cara Memindahkan M Banking BCA ke HP Lain Beserta Persyaratannya

Gunakan Fitur Get Contact

Fitur ini cukup populer di kalangan pengguna gadget. Cara mengembalikan kontak yang telah terhapus dengan fitur ini terbilang cukup efektif. Hal ini karena adanya keharusan menggunakan akun Google sebagai langkah awal sebelum mengunduh suatu aplikasi.

Keunggulan lainnya adalah fitur Get Contact juga akan melakukan backup terhadap semua kontak yang disimpan dalam ponsel. Semua terjadi secara otomatis. Adapun panduan menggunakan fitur ini adalah:

  • Cari menu Setting atau Pengaturan kemudian buka menu tersebut.
  • Pilih opsi Google, kemudian scroll ke bawah dan temukan opsi Pengaturan & Pemutihan (Set up and Restore).
  • Selanjutnya, klik opsi Pulihkan Kontak atau Restore Contact.
  • Pilih opsi android yang sedang Anda pakai kemudian tunggulah beberapa saat sampai akun kembali.
Baca Juga »  Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara yang Mudah Diikuti

Hal yang menjadi catatan penting adalah pastikan Anda selalu mengaktifkan backup otomatis. Ini adalah langkah antisipasi bila kontak tiba-tiba menghilang.

Mengaktifkan Get Contact sama artinya dengan menyimpan semua kontak ke dalam Google Drive. Jadi, ketika kontak hilang tinggal mudah menemukannya kembali.

Gunakan Menu Contact Setting

Agaknya para pengembang IT selalu memiliki pikiran jauh ke depan terkait penggunaan android. Salah satunya terbukti dengan adanya cara memulihkan kembali kontak yang telah terbuang.

Selain fitur Get Contact, menu bawaan pada android, yakni Menu Contact Setting juga efektif menemukan kontak yang hilang. Caranya adalah:

  • Klik Menu Contact Setting
  • Lanjutkan dengan meng-klik titik tiga atau garis tiga yang terletak pada pojok kanan atas.
  • Pilih opsi Setting > Trash, yang terletak di bagian bawah.
  • Pilih opsi Pulihkan.
  • Cek ke menu Kontak, apakah daftar kontak Anda telah kembali seperti sebelumnya.
Baca Juga »  Aplikasi Kirim File Terbaik Pada Sistem Operasi Android

Gunakan iCloud

Pada dasarnya, setiap jenis iPhone menggunakan akun iCloud. Begitu pula android yang wajib menggunakan akun Google. Adapun tutorial mudah menerapkan cara ini adalah:

  • Cari iCloud dan bukalah aplikasi tersebut.
  • Lanjutkan dengan pilih opsi Pengaturan.
  • Klik opsi Pulihkan Kontak atau Restore Contact.
  • Tentukan beberapa atau sebagian kontak yang hendak disimpan kembali ke daftar kontak.
  • Kemudian klik Konfirmasi.

Aturan menggunakan aplikasi iCloud adalah pastikan Anda tidak lupa mem-backup semua kontak sehingga tersimpan otomatis pada iCloud.

Bagaimana, cara mengembalikan kontak yang terhapus dalam ulasan tadi mudah bukan? Pahami dan ingat tutorialnya sehingga bila Anda mengalami kehilangan kontak saat situasi genting, tidak perlu panik lagi. Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya lakukan backup daftar kontak secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.