Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Pada HP, Pasti Berhasil! (unsplash.com)
Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Pada HP, Pasti Berhasil! (unsplash.com)

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Pada HP, Pasti Berhasil!

Cara mengatasi penyimpanan penuh tentunya sangat dibutuhkan dan dilakukan untuk mengatasi penyimpanan HP yang sudah penuh. Penyimpanan HP penuh tentunya menjadi salah satu masalah yang sering terjadi dan cukup menyebalkan. Penyebabnya pun bisa terjadi karena berbagai hal. Misalnya yaitu terlalu banyak menginstal aplikasi, terlalu banyak menyimpan foto atau video dan juga terlalu banyak sampah.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh

Penuhnya penyimpanan ini tentunya akan berdampak pada HP. Misalnya jika Anda hendak mengunduh aplikasi atau file lainnya maka tidak bisa karena penyimpanan yang penuh. Hal ini tentunya sangat menyebalkan, apalagi jika aplikasi atau file tersebut penting dan harus segera diunduh. Selain itu terkadang terdapat aplikasi yang tidak bisa dibuka karena penuhnya penyimpanan. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Baca Juga »  Aplikasi Kirim File Terbaik Pada Sistem Operasi Android

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Cara mengatasi penyimpanan penuh pertama yaitu hapuslah aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting dan jarang Anda gunakan. Misalnya yaitu aplikasi pemutar musik, game, aplikasi edit foto dan lain sebagainya. Dengan hilangnya aplikasi-aplikasi tersebut tentunya ruang penyimpanan akan lebih lega dan luang. Hal ini karena setiap aplikasi tentunya memiliki ukuran tertentu, apalagi aplikasi game yang biasanya ukurannya sangat besar sehingga memenuhi penyimpanan.

Hapus Foto, Video atau File

Anda mungkin senang mengambil foto hingga jumlahnya ratusan atau bahkan mengunduh video yang durasinya lama bahkan lebih dari satu jam. Namun sebenarnya foto, video dan juga file yang terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab penyimpanan penuh. Karena itu hapuslah beberapa foto, video dan file tersebut untuk mengurangi penyimpanan. Misalnya Anda bisa menghapus foto-foto lama dan juga duplikat foto. Kemudian video yang sudah tidak akan Anda tonton lagi sebaiknya juga Anda hapus, begitu pula file yang sudah tidak berguna.

Baca Juga »  5 Cara Cek Hp Xiaomi 5a Supaya Tidak Tertipu Penjual Ponsel Abal-Abal

Bersihkan Cache

Biasanya pada setiap aplikasi akan terdapat file cache yang tidak berguna. Ukurannya memang bisa terbilang kecil, namun cache bisa menumpuk hingga jumlahnya banyak dan memakan ruang penyimpanan. Karena itu Anda harus menghapus cache tersebut secara rutin agar tidak menumpuk dan memenuhi penyimpanan.

Gunakan SD Card

Cara mengatasi penyimpanan penuh selanjutnya yaitu gunakanlah SD Card atau memori tambahan untuk meluangkan penyimpanan. Anda bisa memindahkan berbagai aplikasi atau file baik foto maupun video ke SD Card sehingga bisa mengurangi penyimpanan HP. Dengan cara ini pun maka Anda tidak perlu menghapus file dan aplikasi tersebut. Namun pastinya Anda harus mengeluarkan uang untuk membelinya.

Baca Juga »  Dapatkan Berat Tubuh Ideal, Kenali Apa Itu Myfitnesspal Apk

Matikan Fitur Auto Download pada WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk bertukar pesan serta mengirim foto, video, dokumen, audio dan lain sebagainya. Biasanya terdapat fitur download otomatis yang mana berarti semua file yang dikirim akan terunduh secara otomatis dan masuk ke penyimpanan HP. Akibatnya penyimpanan akan penuh. Karena itu sebaiknya Anda mematikan fitur auto download agar setiap file yang dikirim tidak terunduh otomatis.

Reset HP

Jalan terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu reset HP. Cara mengatasi penyimpanan penuh ini bisa Anda lakukan jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil. Dengan reset maka semua data pada HP akan terhapus dan akan kembali pada setelan pabrik. Namun sebelum melakukan cara ini sebaiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu atau membuat salinan file penting agar tidak ikut hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.