Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh, Ternyata Mudah (stepgeek.net)
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh, Ternyata Mudah (stepgeek.net)

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh, Ternyata Mudah

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh bisa dilakukan saat perangkat mengalami kerusakan. Pada era seperti saat ini hampir semua jenis ponsel sudah menggunakan touchscreen. Meskipun terbilang lebih praktis, namun sayangnya fitur yang satu ini juga memiliki kelemahan. Dalam kondisi tertentu, layar sentuh pada ponsel bisa tiba-tiba tidak berfungsi.

Screen atau layar termasuk salah satu komponen penting dari sebuah smartphone. Saat layarnya tidak berfungsi, Anda membutuhkan solusi tepat untuk mengatasinya. Terlebih layar yang tidak berfungsi dengan baik akan menghambat aktivitas Anda.

Inilah Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Apabila ingin memperbaiki layar hp yang tak berfungsi, Anda tidak bisa sembarangan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasinya dengan tepat berikut ini.

1. Muat Ulang Ponsel

Cara ini sangat mendasar, namun terbilang efektif bagi layar hp yang tiba-tiba tidak bisa disentuh. Biasanya masalah ini terjadi saat baterai hp terlalu panas dan ada banyak aplikasi yang dijalankan. Hingga akhirnya menjadi penyebab layar ponsel tidak bisa disentuh sama sekali.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Speaker HP Oppo Paling Mudah dan Aman

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yakni memuat ulang atau restart hp di Android. Anda hanya perlu menekan tombol daya beberapa detik. Selanjutnya akan muncul pilihan Daya Mati, Muat Ulang, dan Mode Darurat. Setelah itu, tekan pilihan Muat Ulang. Namun, apabila cara tersebut tidak berhasil, tekan tombol daya ponsel hingga perangkat tersebut mati.

2. Bersihkan Layar HP

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh selanjutnya yakni membersihkan layar hp. Kotoran yang menempel di hp lama kelamaan akan menumpuk. Hal ini bisa menyebabkan beberapa masalah pada layar hp Anda. Meski terdengar sepele, namun cara ini benar adanya. Saat touchscreen kurang responsif dan Anda menyadari terakhir kali membersihkan layar hp. Saat ini menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan komponen hp tersebut.

Caranya cukup mudah, Anda bisa membersihkannya dan jangan ada sisa kotoran yang menempel di atas layar. Sebaiknya gunakan kain yang berserat lembut atau tisu dengan sedikit air. Kemudian usapkan kain basah ke semua permukaan layar ponsel secara perlahan lahan.

Baca Juga »  Begini 5 Cara Agar Jaringan Tidak Lemot Dengan Mudah Dan Simple

3. Mencoba Tekan Layar Ponsel secara Perlahan

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh ini mungkin terdengar sederhana. Namun perlu Anda ketahui bahwa mencoba tekan layar ponsel secara perlahan terbilang efektif. Hal ini dilakukan agar bisa mengencangkan bagian layar hp yang longgar. Untuk melakukan cara ini, Anda juga tidak membutuhkan alat apapun. Caranya cukup menekan layar dan casing, lalu lakukan dengan hati-hati. Untuk bagian layar yang tidak bisa disentuh, Anda bisa menggunakan ibu jari.

4. Cek Penggunaan RAM

Mengecek penggunaan RAM di HP juga bisa membantu Anda untuk mengatasi layar yang tidak bisa disentuh. Sebab, kemungkinan masalah pada layar hp yang tidak respon terjadi karena penyimpanan hp sudah penuh. Oleh karena itu, Anda perlu melegakan memori HP. Caranya dengan menghapus dan menutup sejumlah file atau aplikasi yang sekiranya tidak digunakan lagi.

Baca Juga »  Inilah Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

5. Periksa Pengisi Daya Baterai

Apabila layar sentuh ponsel tidak berfungsi saat mode pengisian daya, mungkin masalahnya pada alat pengisi daya tersebut yang tidak sesuai. Pastikan Anda menggunakan pengisi daya yang asli dan tidak meminjam charger milik orang lain. Meski voltase pengisi dayanya sama, namun peringkat ampere tersebut mungkin berbeda. Lama-kelamaan juga bisa menyebabkan gangguan pada layar sentuh hp Anda.

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh ternyata mudah dicoba. Anda perlu mencoba cara mengatasinya dan layar hp tersebut akan berfungsi dengan baik seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.