Cara Mengatasi Laptop Lemot Ini Sangat Mudah Dilakukan (flckr.com)
Cara Mengatasi Laptop Lemot Ini Sangat Mudah Dilakukan (flckr.com)

Cara Mengatasi Laptop Lemot Ini Sangat Mudah Dilakukan

Cara mengatasi laptop lemot yang kali ini akan kami berikan untuk Anda, agar bisa menangani hal ini bila sewaktu-waktu terjadi. Laptop yang lemot biasanya sering terjadi karena pemakaian yang sudah lama dan tidak teliti akan perawatannya.

Semua barang elektronik yang sudah digunakan dalam waktu lama tentunya akan sering mengalami berbagai masalah. Pemakaian yang lama akan membuat loading menjadi lambat dan aplikasi juga tidak bisa berjalan secepat dulu.

Jika kinerja laptop Anda sudah mulai melambat maka jangan buru-buru ganti yang baru. Karena ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat laptop lama Anda kembali digunakan dengan lancar.

Berbagai Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Laptop kini penggunaannya juga sama pentingnya seperti smartphone, karena penting untuk beberapa kegiatan yang memang sifatnya urgent. Laptop bisa digunakan untuk berbagai hal seperti pekerjaan, menggame, dan sebagainya.

Namun seiring berjalan waktu kinerja laptop akan semakin menurun, sehingga Anda tidak bisa melakukan kegiatan dengan maksimal. Loading juga akan melambat dan aplikasi juga tidak bisa dibuka secepat pertama kali digunakan.

Baca Juga »  5 Penyebab Laptop Mati Mendadak yang Harus Diketahui

Jika laptop Anda semakin sering digunakan maka kinerjanya juga semakin menurun. Karena itu, jangan buru-buru menantu dengan laptop baru, karena ada beberapa cara mengatasi laptop yang lemot.

Penurunan performa ini sebenarnya hal wajar, walaupun spesifikasinya tinggi. Apalagi setingga pada laptop kurang maksimal. Hal ini juga merujuk beberapa laptop gaming. Cara mengatasi laptop lemot ini sangat mudah untuk digunakan.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kami akan memberikan berbagai cara agar laptop tidak ngelag kembali. Namun ingat cara ini tentuya tidak 100% berhasil.  Setidaknya mengurangi kendala yang dihadapi terkait performa laptop yang jadi lemot.

1. Unistal Aplikasi Tidak Diperlukan

Jika sudah menggunakan beberapa aplikasi, apk lain mungkin tidak berguna dengan baik. Jika Anda banyak menginstal aplikasi pada driver C jadi penuh, sehingga membuat system terlalu lama membaca hard disk. Karena itu, lebih baik uninstall beberapa aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan.

Baca Juga »  4 Cara Mengganti Nama Account di Laptop Windows 10

Seleksi aplikasi mana yang jarang digunakan. Selain itu, hapus juga aplikasi tidak sengaja terinstal ketika browsing. Atau juga bisa ketika Anda tengah mendownload konten dari laman-laman tertentu. Sebaiknya Anda gunakan aplikasi juga secukupnya.

2. Gunakan Anti Virus

Virus tentu menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Layaknya manusia, laptop juga bisa rentan terserang penyakit yang berakibat pada performa laptop akan kian menurun. Agar tidak lemot, maka Anda bisa menggunakan antivirus.

Karena itu, Anda perlu mengeceknya secara rutin. Anti virus tersebut juga perlu Anda update agar bisa mengatasi berbagai macam virus. Cara mengatasi laptop lemot ini cukup ampuh, jadi bisa Anda coba.

3. Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Menggunakan spesifikasi laptop tersebut harus tahu spesifikasi laptop yang digunakan. Karena itu, akan membantu Anda ketika ingin memasukan aplikasi tersebut ke laptop. Jangan memaksakan kemampuan laptop, jadi Anda bisa pilih alternatif yang lebih rendah ukuran aplikasinya.

Baca Juga »  5 Cara Melihat Tipe Laptop Hp Windows 10 Dengan Mudah

4. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup Laptop

Menaruh berbagai aplikasi di desktop juga dapat menjadi penyebab laptop menjadi pelan. Jika laptop Anda spesifiksi besar, maka Anda bisa menjadi masalah. Namun terkadang Anda menaruh banyak aplikasi pada desktop menjadi laptop lemot.

Jadi awasi aplikasi yang berjalan ketika laptop dalam aktivitas startup. Walau penyebabnya antivirus sendiri, tetap penting untuk melakukanya. Jadi usahakan jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi yang berjalan di desktop.

Cara mengatasi laptop lemot bisa digunakan dengan baik sehingga Anda bisa lebih nyaman untuk menggunakan laptop dengan leluasa. Laptop Anda bisa digunakan dengan lebih mudah dan lancar kembali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.