Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Saat Dinyalakan, Coba Ini! (hidupdigital.id)
Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Saat Dinyalakan, Coba Ini! (hidupdigital.id)

Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Saat Dinyalakan, Coba Ini!

Saat ini ada cara mengatasi laptop layar hitam yang dapat Anda coba. Pada era sekarang, tentunya sudah tidak asing dengan perangkat seperti laptop atau komputer. Dengan perangkat tersebut Anda dapat belajar dan bekerja secara lebih efektif. Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi perangkat tersebut mengalami penurunan. Nantinya akan muncul berbagai gejala kerusakan, salah satunya yakni layar hitam.

Bagi pengguna laptop, mungkin pernah mengalami blue screen pada perangkat yang dimilikinya. Hal tersebut akan menunjukkan bahwa terdapat sesuatu yang salah dengan gadget. Namun, akan berbeda apabila ternyata laptop Anda tiba-tiba hanya menampilkan layar hitam.

Inilah Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam

Untuk mengatasi laptop layar hitam saat dinyalakan dapat dilakukan dengan mudah. Mungkin sebelumnya Anda pernah mengalami masalah pada layar laptop tersebut. Apabila sedang mengalami laptop layar hitam, Anda tak perlu bingung karena ada beberapa hal yang dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah caranya.

Baca Juga »  Ini 7 Aplikasi Ekstrak RAR Online Paling Bagus Dan Mudah Digunakan

Cek Layar LCD Laptop

Layar adalah salah satu bagian yang menjadi sumber dari masalah laptop layar hitam. Kemungkinan permasalahannya hardisk atau sistem operasi Anda berjalan dengan baik, namun layar laptop blank atau tidak memunculkan apapun. Untuk memastikan layar laptop yang menjadi sumber masalahnya, maka dapat menghubungkan laptop Anda ke TV.

Cara lainnya menghubungkan layar eksternal dengan menggunakan kabel HDMI ataupun VGA. Apabila tampilan layar laptop muncul pada monitor eksternal, maka masalahnya berada pada layar laptop. Namun apabila tetap tidak ada tampilan, maka kemungkinan masalahnya pada bagian hardisk atau sistem operasi Anda.

Kemungkinan lainnya terdapat masalah pada laptop secara keseluruhan. Untuk mengatasinya, Anda dapat langsung mengganti layar laptop atau memilih datang ke tempat service untuk memperbaikinya.

Atur Resolusi Layar

Cara mengatasi laptop layar hitam selanjutnya yakni atur resolusi layar. Sumber masalah laptop layar hitam yakni resolusi layar. Apabila resolusi yang Anda pilih lebih besar dibanding layar laptop, maka kemungkinan layar laptop hitam terjadi. Caranya mengatasinya yakni dengan masuk ke Safe Mode. Anda dapat mematikan laptop lalu kembali menyalakannya.

Baca Juga »  Cara Melihat MAC Address Laptop Windows 10 dengan Mudah

Setelah itu, langsung tekan tombol F8 berulang-ulang hingga masuk pada Safe Mode. Anda dapat masuk ke pengaturan Display dan pilih resolusi layarnya yang lebih rendah atau rekomendasi dari sistem. Selanjutnya restart laptop dan lihat hasilnya.

Copot RAM dan Baterai

Cara mengatasi laptop layar hitam dapat Anda lakukan dengan copot RAM dan baterai. Cara ini terbilang cukup teknis dan ekstrim, namun juga dianggap ampuh. Apabila baterai laptop Anda dapat dicopot, maka lakukan proses pencopotan termasuk RAM tersebut. Anda dapat mulai membersihkan RAM dan slot tempatnya menggunakan kuas kecil. Setelah itu, pasang kembali RAM dan baterai, kemudian nyalakan laptop.

Lakukan Reset Windows

Sistem operasi Windows yang bermasalah juga menjadi penyebab laptop layar hitam saat dinyalakan. Cara mengatasi layar laptop ini juga menjadi pilihan lain yang cukup ampuh. Untuk melakukan metode ini, Anda hanya perlu masuk ke Settings dan pilih Update & Recovery. Selanjutnya pilih Recovery dan Reset This PC.

Baca Juga »  Cara Menangani Laptop Terkena Air, Jangan Panik!

Install Ulang Laptop

Apabila memang ada indikasi laptop tidak dapat menjalankan OS Windows yang terpasang, maka perlu install ulang. Cara install ulang perlu Anda ikuti dengan baik. Namun untuk masalah layar laptop, umumnya harus memilih versi Windows yang lebih rendah sehingga membuat laptop kembali normal.

Berbagai cara mengatasi laptop layar hitam tersebut perlu Anda coba. Anda dapat mencoba salah satunya hingga laptop menyala kembali dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.