Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Gampang! (unsplash.com)
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Gampang! (unsplash.com)

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Gampang!

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi berikut ini bisa Anda terapkan jika suatu saat tiba-tiba tombol keyboard tidak bisa digunakan. Keyboard tentunya menjadi bagian yang penting bagi laptop karena di dalamnya terdapat tombol-tombol seperti huruf dan angka yang perlu digunakan untuk menulis.

Jika tombol tersebut tidak berfungsi maka tentunya laptop tidak bisa digunakan untuk mengetik atau menulis sesuatu. Padahal laptop biasanya digunakan untuk berbagai hal seperti belajar dan bekerja yang tidak lepas dari kegiatan mengetik.

Bagaimana Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi misalnya yaitu karena adanya kotoran yang menumpuk, baik debu maupun remah makanan sekalipun. Hal tersebut tentunya sering terjadi jika laptop jarang dibersihkan dan membiarkan debu kotoran yang menempel.

Penyebab selanjutnya yaitu adanya masalah pada driver keyboard yang bisa terjadi jika Anda menyetel perangkat lunak ketiga yang bisa mempengaruhi kinerja driver keyboard. Jika Anda mematikan laptop dengan cara yang salah dan tidak melalui shutdown pun juga bisa memperburuk masalah ini.

Baca Juga »  5 Penyebab Laptop Tidak Menyala dan Cara Mengatasinya

Masih banyak lagi hal yang bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Nah, jika Anda sedang mengalami masalah ini, Anda tidak perlu bingung atau buru-buru membawanya ke tempat service karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Berikut ini adalah cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang bisa Anda terapkan:

Bersihkan Keyboard

Cara pertama yaitu bersihkan kotoran seperti debu dan remah makanan di sela-sela tombol keyboard. Kotoran tersebut bisa mencegah tombol tertekan dengan sempurna sehingga tidak responsif. Untuk membersihkannya Anda bisa mengangkat laptop dan miringkan kemudian goyangkan perlahan agar kotoran bisa terjatuh. Anda juga bisa membersihkan kotoran yang tersangkut menggunakan tisu atau selotip.

Cek Num Lock

Biasanya saat Num Lock aktif beberapa bagian tombol tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Masalah ini biasanya juga hanya terjadi pada jenis laptop tertentu saja. Untuk mengatasinya, Anda bisa menekan tombol FN dan Num Lock secara bersamaan.

Baca Juga »  Mudah dan Cepat, Berikut Ini 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard!

Restart Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan merestart laptop. Restart memang menjadi cara jitu dan banyak dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada pada perangkat.

Lepas Baterai dan Pasang Kembali

Selain reset Anda juga bisa mencoba melepas dan memasang baterai laptop. Pertama matikan laptop lalu lepas baterai dan adaptornya. Tunggu beberapa saat lalu Anda bisa menekan tombol power selama satu menit. Jika sudah maka pasang baterainya kembali dan nyalakan laptop. Cek apakah keyboard sudah berfungsi atau belum.

Perbaiki Driver Keyboard

Keyboard tidak bisa berfungsi dengan baik juga bisa disebabkan karena terjadi error atau masalah pada drivernya. Untuk mengatasinya Anda bisa mengeceknya melalui Device Manager untuk keyboard. Jika terdapat tanda segitiga warna kuning maka berarti driver keyboard memang bermasalah. Maka Anda bisa memasang ulang driver yang baru agar keyboard bisa kembali berfungsi dengan normal.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Laptop agar Tidak Lemot dengan Mudah dan Praktis!

Cek Konektor Terpasang dengan Baik atau Tidak

Konektor keyboard yang tidak terpasang dengan baik atau renggang juga bisa menjadi sumber masalah keyboard tidak berfungsi. Karena itu Anda bisa membongkar keyboard laptop dan pastikan apakah konektornya terpasang dengan benar atau tidak. Jika tidak maka Anda bisa memasangnya agar lebih pas.

Itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.