Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara yang MUdah Diikuti (semutimut.com)
Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara yang MUdah Diikuti (semutimut.com)

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara yang Mudah Diikuti

Cara mengatasi hp tidak ada suara bisa membantu atasi masalah Anda. Hp sudah menjadi salah satu perangkat yang tidak asing lagi untuk saat ini. Mungkin Anda pernah mengalami hp yang sedang digunakan tiba-tiba tidak mengeluarkan suara. Apabila hal itu terjadi tidak perlu panik dan segera membawanya ke konter karena dianggap rusak. Sebenarnya masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi suara hp hilang.

Saat hp tiba-tiba tidak ada suara tentunya akan sangat mengganggu aktivitas. Misalnya seperti tidak bisa mendengarkan media, nada dering panggilan serta notifikasi. Kebanyakan orang tidak mengetahui mengenai cara mengatasinya.

Inilah Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Suara pada hp termasuk hal yang sangat penting. Namun, seringkali beberapa pengguna handphone mengalami masalah terkait dengan suara pada perangkatnya. HP tidak ada suara saat telepon akan mengganggu aktivitas. Hal ini karena Anda tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain. Bahkan juga akan merugikan Anda yang sedang berbisnis. Untuk itu, ketahui cara mengatasi suara hp yang tiba-tiba hilang berikut ini.

Baca Juga »  Inilah Cara Memindahkan M Banking BCA ke HP Lain Beserta Persyaratannya

1. Matikan HP Terlebih Dulu

Terkadang HP bisa mengalami suatu bug pada sistemnya. Bug ini adalah kerusakan yang bisa muncul secara tiba-tiba. Apabila hanya terjadi bug, Anda bisa mencoba refresh HP tersebut. Caranya dengan mematikan HP tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya diamkan selama 5 menit dan hidupkan kembali. Setelah dihidupkan, Anda bisa mencoba mendengarkan musik untuk memastikan kondisi speaker.

2. Bersihkan Speaker HP

Cara mengatasi hp tidak ada suara selanjutnya yakni dengan membersihkan speaker hp. Speaker yang berdebu atau tersumbat juga bisa menyebabkan suara HP yang tidak keluar. Oleh karena itu, Anda bisa mengecek speaker dan membersihkanya. Tak hanya berdebu, speaker yang terkena air juga bisa menyebabkan suara hilang. Sebaiknya bersihkan speaker dengan kain lembut ataupun meniupnya untuk mengeluarkan debu yang ada di dalam.

Baca Juga »  Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus yang Mudah, Tak Perlu Risau

3. Cek Pengaturan Mute

Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP tidak ada suara yakni dengan mengecek pengaturan mute. Mute adalah satu fitur yang tersedia dalam hp, fungsinya untuk membisukan semua suara di perangkat tersebut. Langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengecek mute di hp, caranya dengan membuka fitur pengaturan. Kemudian memilih pengaturan suara dan getaran. Setelah itu, Anda bisa mengecek suara hp dalam posisi mute atau tidak. Terkadang penggunanya secara tidak sengaja mengubah pengaturan mute tersebut.

4. Bersihkan Cache HP

Membersihkan cache hp juga termasuk cara mengatasi hp tidak ada suara. Penyebab suara HP hilang kemungkinan karena kerusakan bug sistem. Untuk mengatasinya, pengguna bisa membersihkan cache HP, nantinya kerusakan pada sistem akan kembali normal.

5. Factory Reset HP

Suara tidak keluar yang terjadi akibat kerusakan bug sistem juga bisa Anda atasi dengan melakukan reset pada HP. Cara ini perlu Anda lakukan agar pengaturan HP kembali seperti awal lagi. Untuk melakukan cara ini sangat mudah, penggunanya bisa membuka setelan Android. Setelah itu, masuk ke menu cadangkan dan pilih setel ulang. Selanjutnya, opsi kembalikan ke setelan pabrik dipilih. Namun, cara ini membutuhkan suatu pertimbangan. Hal ini karena data-data lama yang dimiliki akan hilang. Pengguna perlu membackup data-data tersebut terlebih dahulu agar lebih aman.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Speaker HP Oppo Paling Mudah dan Aman

Berbagai cara mengatasi hp tidak ada suara mudah dicoba. Anda tidak perlu panik dan segera membawanya ke tempat service, sebaiknya mencoba cara mengatasinya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.