Cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang Efektif, Ini Langkahnya! (asiagoogle.com)
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang Efektif, Ini Langkahnya! (asiagoogle.com)

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang Efektif, Ini Langkahnya!

Cara mengatasi HP kemasukan air sebenarnya cukup mudah. Apabila handphone jatuh terendam air, hal yang pertama dilakukan banyak orang tentu mencari cara mengatasinya. Beberapa HP yang canggih yang sudah dilengkapi dengan adanya fitur tahan air. Namun saat ini masih banyak HP yang tidak dilengkapi dengan fitur seperti itu.

Apabila sewaktu-waktu HP tersebut terkena air atau terendam, kebanyakan akan langsung panik saat melihatnya mati total. Padahal, Anda tidak perlu terburu-buru membawa HP ke tukang service. Saat ini ada cara yang dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Inilah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang Efektif

HP tercebur atau tersiram air menjadi sebuah peristiwa yang cukup menjengkelkan. Meski beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan teknologi IP68 atau kemampuan tahan air, namun HP kemasukan air masih mengkhawatirkan. Apabila kondisi ini terjadi, ada cara mengatasi masalah tersebut yang efektif dan efisien. Berikut ini adalah beberapa langkahnya.

Baca Juga »  Cara Lacak Smartphone Hilang Menggunakan Google Find My Device

Segera Ambil dan Selamatkan

Apabila HP Anda masuk dalam air, hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni segera mengangkatnya dari dalam air. Cara ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan semakin banyak air yang masuk ke dalam melalui celah-celah. Apabila HP Anda terkena tumpahan air, maka segera jauhkan dari air tersebut. Namun saat terkena air HP sedang dalam kondisi di-charge, sebaiknya lepaskan HP dari charger untuk menghindari risiko terkena setrum.

Jangan Langsung Menyalakan HP

Cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya yakni tidak langsung menyalakan HP. Saat HP tanpa sengaja kemasukan air, mungkin akan tergoda untuk buru-buru menyalakannya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah HP tersebut masih berfungsi dengan normal. Padahal, saat air masuk ke dalam HP dan Anda menyalakannya, justru berisiko mengakibatkan korsleting.

Kemungkinan terburuk hanya akan merusak kondisi HP lebih parah. Apabila saat terkena air HP dalam kondisi hidup, segera matikan HP untuk mencegah kerusakan semakin parah. Oleh karena itu, pastikan tidak menyalakan HP dalam kondisi basah untuk menghindari kerusakan.

Baca Juga »  Inilah Cara Memperbaiki Power Bank yang Rusak

Bongkar Handphone

Setelah HP terkena air, Anda perlu segera membongkar beberapa komponen. Misalnya seperti kartu SIM, memori, hingga baterai.

Hal ini dilakukan untuk mencegah beberapa komponen mengalami kerusakan semakin parah. Pastikan juga untuk tidak menggoyang-goyang HP karena hanya akan membuat air masuk ke komponen HP lainnya. Anda hanya perlu melepaskan casing HP dan bagian lain yang dapat membantu air keluar dengan lancar.

Bantu Proses Pengeringan

Cara mengatasi HP kemasukan air lainnya dengan segera keringkan semua bagian HP. Bagian pertama yang perlu segera Anda keringkan yakni bagian layar atau LCD. LCD adalah bagian yang paling mudah rusak saat terkena air. Apabila membiarkannya dalam kondisi lembab terlalu lama, maka akan mengakibatkan munculnya flek hitam pada LCD.

Baca Juga »  Kesal HP Lamban? Coba Cara Agar HP Tidak Lemot Berikut Ini!

Cara terbaik dan termudah untuk mengeringkan komponen tersebut dengan menggunakan lap kering. Pastikan juga tidak menjemur HP di bawah sinar matahari langsung. Apabila menjemurnya berpotensi merusak komponen-komponen HP.

Jangan Gunakan Pengering Rambut

Mungkin ada yang mencoba mengeringkan HP dengan hair dryer. Mengingat suhu hair dryer yang tinggi dapat membuat HP mudah kering. Namun ternyata, cara mengeringkan HP dengan hair dryer tidak boleh dilakukan. Hal ini karena suhu hair dryer terlalu panas yang dikhawatirkan akan membuat komponen listrik pada HP cepat naik suhunya, bahkan meningkatkan risiko kerusakan.

Cara mengatasi HP kemasukan air tersebut tentunya mudah dicoba. Pastikan mengikuti caranya dengan benar untuk mencegah kerusakan semakin parah.

Keyword 2: Cara mengatasi HP kemasukan air

Leave a Reply

Your email address will not be published.